Skip to main content

Posts

PERKEMBANGAN MATEMATIKA DI TIMUR TENGAH

BAB I PENDAHULUAN A.     latar belakang Ilmu pengetahuan bermula dari rasa ingin tahu, yang merupakan ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa  ingin tahu tentang benda-benda disekitarnya, seperti bulan, bintang, dan matahari. Bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri. Ilmu pengetahuan merupakan pencarian makna praktis, yaitu penjelasan yang bisa dimanfaatkan. Penjelasan ini telah menjadi dasar ilmu pengetahuan manusia dari zaman pra-sejarah hingga awal abad ke-20. Ilmu pengetahuan abad ke-20 telah mengubah segalanya,  kemajuan- kemajuan serupa itu sebenarnya telah terjadi di masa-masa sebelumnya. Salah satunya terjadi kira-kira tahun 2500 SM, ketika ”Stonehenge’’ didirikan di Inggris dan ‘’Piramida’’ dibangun di Mesir. Kedua monument ini menyatukan gagasan astronomis dan religius yang kecanggihannya tidak sepenuhnya di ketahui hingga abad ini. Penyelidikan mendalam tentang Stonehenge dan piramida-piramida tersebut mengungkap pengetahuan matematika y...

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)             ...

RPP Ktsp Untuk Sekolah Menengah Atas Materi Statistika

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Nama Sekolah             :   SMA Mata Pelajaran            :   Matematika Kelas / Program           :   XI / IPA Semester                      :   1 ( Ganjil ) Alokasi waktu             :   1 x 20 menit A. Standar Kompetensi : 1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah. B. Kompetensi Dasar : 1.1 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data serta penafsirannya. C. Indikator : 1.1.1 Menentukan Rataan/Rata-rata (Mean) D. Tujuan Pembelajaran :   Siswa dapat menentukan nilai Rata-rata pada data tunggal E. Ma...

Assesment Kinerja

Keuntungann asesmen kinerja Manfaat dan Kelebihan Asesmen Kinerja -           Asesmen kinerja memberikan kesempatan kepada siswa dalam berbagai tugas untuk memperlihatkan kemampuan keterampilan yang berkaitan dengan tugas atau kegiatan yang harus dikerjakan. Artinya, asesmen kinerja mengarah pada kemampuan baik psikomotor, afektif, maupun kognitif. Dengan demikian melalui asesmen kinerja guru dapat menilai siswa tidak hanya dari segi kognitif saja yang membuat penilaian seringkali tidak adil. -           Manfaat asesmen kinerja menurut Airasian (1994) yaitu mengindikasikan bagaimana siswa menggunakan informasi untuk memperlihatkan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas dan menghasilkan sesuatu dalam situasi dengan menggambarkan kehidupan sebenarnya. Manfaat lainnya adalah bahwa satu kali asesmen kinerja dikembangkan, maka instrumen tersebut dapat digunakan terus menerus.

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

KITA

          Kata yang sederhana namun memiliki makna yang cukup besar, cuma kita yang bisa mengerti, kita yang memahami maknanya, banyak cerita, suka duka yang yang menjadinya begitu berarti, aku tidak perlu berpikir atau mengambil keputusan untuk kalimat "harus merangkul kebahagiaan atau meneteskan air mata" karena kamu tau jawabnya.          Aku percaya kamu tidak pernah pergi, tidak pernah jauh, tidak pernah meninggalkkan "KITA" karena itu semua lebih dari segala, labih dari apapun, tidak ada yang bisa menggantikan, tidak pernah bisa digantikan oleh apapun dan siapapun.          Semua kisah, semua cerita, setiap detik yang kita lewati, tidak pernah tergantikan, kamarin, hari ini, besok, lusa, dan kapanpun tidak pernah berubah, tidak penah ada yang beda, You are never alone, I am always with you. Jadi apapun yang kamu lakukan, dimanapun kamu, aku selalu bersama mu. Kamu menitipkan hatimu disini, menyi...

8 kecerdasan anak menurut Dr. Howard Garned

Dr. Howard Garned, seorang psikologi dari Universitas Harvard, AS mengemukakan teorinya bahwa kecerdasan tidak terpatri di tigkat tertentu dan terbatas saat seseorang lahir.  ”Setiap orang mengembangkan kecerdasan dengan beragam cara yang dikenal dengan multiple intelligence”, katanya.  Seperti, Mozart adalah pemusik jenius, seorang komposer sekaligus symphonies yang menjadi salah satu contoh pemilik kecerdasan musikal.  Sedangkan einstein adalah salah satu ilmuwan dunia yang memiliki kecerdasan logika dan matematika.  Apakah einstein lebih cerdas dibanding mozart? Jika ditilik dari teori multiple inteligensia, Einstein dan Mozart sama-sama cerdas tapi berbeda bidang.  Jadi Anda pun berkesempatan mengembangkan kecerdasannya di berbagai bidang. Pokok-pokok pikiran  yang dikemukakan Garnerd adalah : Manusia mempunyai kemampuan meningkatkan dan memperkuat kecerdasannya Kecerdasan selain dapat berubah dapat pula diajarkan kepada orang lain  Kece...