Skip to main content

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


                 
                        Nama Sekolah             : SMP IT Daruzzahidin
                        Mata Pelajaran            : Matematika
                        Kelas                           : VIII (Delapan)
                        Semester                      : 1 (Satu)


A.      Standar Kompetensi
1.         Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

B.       Kompetensi Dasar
1.1      Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

C.      Indikator
1.         Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode grafik.
2.         Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode substitusi.
3.         Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode eliminasi.
4.         Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode kombinasi (eliminasi-substitusi)

D.      Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 pertemuan)

E.       Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode grafik.
2.         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode substitusi.
3.         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode eliminasi.
4.         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode kombinasi (eliminasi-substitusi)

F.       Metode dan Model Pembelajaran
Metode                             : Diskusi kelompok dan tanya jawab
Model Pembelajaran        : Kooperatif Tipe Jigsaw


G.      Langkah-langkah Kegiatan

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
waktu
No
Inti
Fase - 5 Evaluasi
10 Menit


 

8 Menit
1
Memotivasi siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Bersedia mempresentasikan hasil kerja kelompok kooperatif jigsaw nya.
2
Mengarahkan setiap kelompok untuk memberi masukan dan pertanyaan kepada kelompok presentasi.
Memberi tanggapan, masukan dari hasil presentasi kelompok yang menyampaikan.
3
Memberikan lembar quis kepada setiap siswa secara individu.
Menjawab quis yang diberikan oleh guru.
40 Menit



   10 Menit
4
Membimbing siswa menukar hasil kerja kuis dengan kelompok lain untuk scoring.
Menukar hasil kerja kuis dengan kelompok lain untuk scoring.
5
Menyuruh siswa mengumpulkan hasil quis.
Mengumpulkan kepada guru untuk di koreksi.
Kegiatan Akhir
Fase - 6 Memberi penghargaan





4
Menit






8 Menit
6
Memberi pujian kepada kelompok yang mempresentasikan kerja kelompoknya.
Menerima pujian dari guru.

7
Memberi pujian kepada kelompok lain atas saran dan pertanyaan kepada kelompok yang mempresentasi.
Menerima pujian dari guru.
8
Mengumumkan skor  setiap kolompok.
Mendegarkan pengumuman skor  setiap kolompok.
9
Memberi penghargaan kepada kelompok skor tertinggi.
Menerima penghargaan dari guru.
10
Memberi arahan kepada semua siswa untuk membuat kesimpulan pelajaran hari ini.
Menerima arahan  mencatat kesimpulan dari diskusi.



H.      Alat dan Sumber Belajar
1.      LMS (Lembar materi siswa)
2.      Buku paket “Matematika Untuk SMP Kelas VIII Semester I” karangan M. Cholik Adinawan dan Sugijono, penerbit Erlangga.

I.         Penilaian
Teknik                              : tes tertulis
Bentuk instrumen             : uraian
Contoh instrumen

1.         Tentukan penyelesaian sistem persamaan berikut dengan metode eliminasi! dan

2.         Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk  dengan metode grafik! dan

3.         Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk  dengan metode substitusi! dan

4.         Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk  dengan metode kombinasi (eliminasi-sustitusi)!
dan




Banda Aceh,      Desember  2018
Guru Mata Pelajaran


Januar
Nip.   



Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengajarka

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.