Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Program
: XI / IPA
Semester : 1 ( Ganjil )
Alokasi waktu : 1 x 20 menit
A. Standar Kompetensi :
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang
dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar :
1.1 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran
letak, dan ukuran penyebaran data serta penafsirannya.
C. Indikator :
1.1.1 Menentukan
Rataan/Rata-rata (Mean)
D. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menentukan nilai Rata-rata pada
data tunggal
E. Materi Pembelajaran : Rata-rata (Mean)
F. Stategi Pembelajaran
Media : Lembar kerja siswa (LKS)
Alat peraga : Nilai tugas
siswa dalam amplop berwarna dan uang mainan
G. Sumber belajar : Buku matematika untuk SMA kelas XI semester 1
LKS
H. Strategi Pembelajaran :
Model : Pembelajaran berbasis
masalah
Pendekatan
: Realistik
Metode : Diskusi, tanya jawab, penemuan
terbimbing, pemberian tug
Langkah-langkah kegiatan
No
|
Kegiatan pembelajaran
|
Kegiatan siswa
|
Alokasi waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
- Mengingatkan
siswa pada pelajaran sebelumnya
- Menjelaskan tujuan
pembelajaran dan manfaat pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari serta langkah-langkah pembelajaran dan kegunaan
materi pembelajaran.
|
- Siswa
mendengarkan penjelasan guru dan menyiapkan segala keperluan yang menunjang
materi pembelajaran.
- Siswa
mendengar dan memahami tujuan pembelajaran serta langkah-langkah
pembelajaran, dan kegunaan materi pembelajaran.
|
3 menit
|
Apersepsi
|
2.
|
Kegiatan Inti
-
Guru membagikan amplop warna yang berisi nilai
tugas siswa
-
Guru meminta siswa untuk duduk kedalam 2 kelompok
berdasarkan warna amplop yang telah dibagikan, setiap kelompok terdiri dari 5-6
orang
|
- Siswa mengambil amplop
warna yang berisi nilai tugas
- Siswa duduk perkelompok
diskusi menurut warna amplop yang telah dibagikan, serta mengemukakan ide
kelompok masing-masing.
|
10 menit
|
Tumbuhkan
|
- Guru membagikan LKS serta alat peraga dan meminta siswa untuk
menyelesaikan LKS dengan menggunakan alat peraga yang telah dibagikan
|
- Siswa menyelesaikan
LKS yang telah dibagikan dengan
menggunakan alat peraga
|
Demontrasikan
|
||
- Guru mengontrol dan
membimbing siswa dalam menyelesaikan LKS
|
- Siswa bertanya pada
guru apabila ada langkah-langkah dalam penyelesaikan yang tidak dimengerti.
|
Ulangi
|
||
|
-Guru meminta salah satu siswa dari kelompok yang telah selesai untuk mempresentasikan LKS yang telah
dikerjakan ke depan kelas.
|
- Salah satu siswa
dari kelompok mempresentasikan LKS kedepan kelas.
|
|
|
- Memberi quis
- Memberikan hadiah
kepada siswa yang cepat menjawab
soal quis
|
- Siswa mengerjakan
soal quis
- Siswa bertepuk
tangan atas keberhasilan kawannya
|
2 menit
|
Rayakan
|
|
3.
|
Kegiatan Penutup
-Membimbing siswa
untuk menyimpulkan materi yang telah dibahas
- Meminta siswa untuk
berlatih dirumah untuk menyelesaikan soal-soal latihan yang ada pada buku dan
belajar materi untuk pertemuan selanjutnya.
|
- Siswa menyimpulkan
materi yang telah dibahas
- siswa menandai
materi yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya
|
2 menit
|
Kesimpulan
|
H. Penilaian :
1. Aktifitas siswa dalam pembelajaran
2. Aktifitas siswa dalam diskusi
3. Tugas kelompok (berupa LKS)
Mengetahui,
SIgli, 15 November 2018
Kepala
sekolah Guru
Matematika
Nip : Nim :

Mata pelajaran : Matematika
Materi
: Statistika
Kelas/Semester : XI /1(Ganjil)
Petunjuk :
- Mulailah dengan membaca baca basmalah
- Tuliskan nama kelompok dan nama anggota kelompok pada tempat yang tersedia
- Diskusilah masalah berikut ini dengan teman-teman kelompok
- Tuliskan hasil diskusi atau temuan kelompok pada bagian yang tersedia
- Pergunakanlah alat peraga yang tersedia untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Kelompok :
Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
1) a. Kumpulkan data nilai tugas dari teman
sekelompokmu dan urutkan dari yang terendah hingga tertinggi!
…. ….. ….. ….. ….. ….
.….
…. ….
Isilah tabel frekuensi berdasarkan data yang
diperoleh:
No
|
Nama siswa
|
Nilai tugas
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
- Tentukan nilai rataan dari hasil data yang diperoleh berdasarkan tabel frekuensi diatas!
Rata-rata =
Nilai tugas
Banyak siswa
=…….+…….+..…..+..…..+…....+..……
=
=
2) Lima
kelompok siswa yang masing-masing terdiri atas 6, 8, 10,11 dan 15 orang, akan
memberikan sumbangan kepada korban bencana alam. Masing-masing kelompok
rata-rata menyumbang :
Rp 5.000,00, Rp 4.500,00, Rp 3.500,00, Rp 4.000,00,
Rp 2.000,00
Rata-rata sumbangan seluruh kelompok adalah…………
Quis
Tentukan Rata-rata dari kumpulan data berikut ini:
a. 10
20 20 25 25
b. 1000 2000 2000 3000 4000 5000 6000 7000
Jawaban :
a. 100
5
20
b. 30000
7
3750
Comments
Post a Comment