Skip to main content

Silabus Matematika SD Kurikulum Merdeka Fase B (Kelas III dan IV)

Silabus SD Kurikulum Merdeka

Mata Pelajaran          : Matematika

Fase                            : B (Kelas III dan IV)

Semester                     : Ganjil

Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran per minggu (disesuaikan)

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu memahami konsep bilangan cacah dan pecahan, melakukan operasi hitung dasar, serta menggunakan konsep pengukuran, geometri, dan data secara kontekstual untuk memecahkan masalah sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran per Topik

Topik

Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu (JP)

Bilangan Cacah

Siswa mampu membaca, menulis, dan membandingkan bilangan sampai 10.000.

4

Penjumlahan dan Pengurangan

Siswa mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah secara tepat.

4

Perkalian dan Pembagian

Siswa memahami makna perkalian dan pembagian serta mampu menggunakannya dalam soal cerita.

4

Pecahan

Siswa mengenal pecahan sederhana (1/2, 1/3, 1/4) dalam konteks sehari-hari.

3

Pengukuran Panjang

Siswa dapat mengukur panjang benda menggunakan satuan baku dan tidak baku.

3

Waktu dan Jam

Siswa dapat membaca jam dan menghitung lama waktu dalam jam dan menit.

3

Bangun Datar

Siswa dapat mengenal dan membedakan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya.

4

Data dan Diagram

Siswa dapat mengumpulkan dan menyajikan data sederhana dalam bentuk tabel dan diagram batang.

3

Model Pembelajaran

- Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning – CTL)
- Inkuiri terbimbing
- Pembelajaran berbasis proyek
- Diskusi dan kolaboratif

Asesmen

Jenis Asesmen

Teknik

Contoh Alat Asesmen

Formative

Observasi, tanya jawab, unjuk kerja

Lembar pengamatan, kuis harian

Sumatif

Tes tertulis, produk

Lembar ujian, tugas proyek

Diagnostik

Wawancara, tes awal/topik baru

Pertanyaan pemicu, tugas individu ringan

Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dimensi

Contoh Implementasi di Kelas

Bernalar kritis

Siswa menyelesaikan soal cerita dan menjelaskan jawabannya.

Mandiri

Siswa belajar membuat jadwal belajar matematika sendiri.

Kreatif

Siswa membuat permainan berhitung dari bahan bekas.

 

Comments

Popular posts from this blog

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.