Silabus SD Kurikulum
Merdeka
Mata
Pelajaran : Matematika
Fase : B (Kelas III dan
IV)
Semester : Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran per
minggu (disesuaikan)
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami konsep bilangan cacah
dan pecahan, melakukan operasi hitung dasar, serta menggunakan konsep
pengukuran, geometri, dan data secara kontekstual untuk memecahkan masalah
sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran per Topik
Topik |
Tujuan Pembelajaran |
Alokasi Waktu (JP) |
Bilangan Cacah |
Siswa mampu membaca, menulis, dan membandingkan
bilangan sampai 10.000. |
4 |
Penjumlahan dan Pengurangan |
Siswa mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan cacah secara tepat. |
4 |
Perkalian dan Pembagian |
Siswa memahami makna perkalian dan pembagian serta
mampu menggunakannya dalam soal cerita. |
4 |
Pecahan |
Siswa mengenal pecahan sederhana (1/2, 1/3, 1/4)
dalam konteks sehari-hari. |
3 |
Pengukuran Panjang |
Siswa dapat mengukur panjang benda menggunakan
satuan baku dan tidak baku. |
3 |
Waktu dan Jam |
Siswa dapat membaca jam dan menghitung lama waktu
dalam jam dan menit. |
3 |
Bangun Datar |
Siswa dapat mengenal dan membedakan berbagai
bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya. |
4 |
Data dan Diagram |
Siswa dapat mengumpulkan dan menyajikan data
sederhana dalam bentuk tabel dan diagram batang. |
3 |
Model Pembelajaran
- Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and
Learning – CTL)
- Inkuiri terbimbing
- Pembelajaran berbasis proyek
- Diskusi dan kolaboratif
Asesmen
Jenis Asesmen |
Teknik |
Contoh Alat Asesmen |
Formative |
Observasi, tanya jawab, unjuk kerja |
Lembar pengamatan, kuis harian |
Sumatif |
Tes tertulis, produk |
Lembar ujian, tugas proyek |
Diagnostik |
Wawancara, tes awal/topik baru |
Pertanyaan pemicu, tugas individu ringan |
Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Dimensi |
Contoh Implementasi di Kelas |
Bernalar kritis |
Siswa menyelesaikan soal cerita dan menjelaskan
jawabannya. |
Mandiri |
Siswa belajar membuat jadwal belajar matematika
sendiri. |
Kreatif |
Siswa membuat permainan berhitung dari bahan
bekas. |
Comments
Post a Comment