RPP SD Kurikulum Merdeka
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Fase : III (Fase B)
Topik : Pengenalan Pecahan
Sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran
- Mengenal konsep pecahan (1/2, 1/3,
1/4) melalui kegiatan konkret.
- Menyatakan bagian dari keseluruhan dalam bentuk pecahan sederhana.
- Menjelaskan makna pecahan dalam kehidupan sehari-hari.
Profil Pelajar Pancasila
- Bernalar kritis
- Kreatif
- Mandiri
Langkah-Langkah Pembelajaran
**Pendahuluan (10 menit)**
- Guru membuka dengan pertanyaan: "Pernahkah kamu membagi kue dengan
temanmu?"
- Guru menjelaskan bahwa hari ini akan belajar tentang "pecahan".
- Menyampaikan tujuan dan manfaat materi pecahan dalam kehidupan sehari-hari.
**Inti (50 menit)**
- Guru menunjukkan benda konkret lalu membaginya menjadi 1/2, 1/3, dan 1/4.
- Siswa melakukan praktik membagi kertas atau gambar makanan menjadi pecahan.
- Diskusi kelompok kecil untuk menyebutkan bentuk pecahan dan mengerjakan soal.
**Penutup (10 menit)**
- Refleksi: Apa itu pecahan? Di mana kita bisa melihat pecahan dalam kehidupan
sehari-hari?
- Umpan balik dan tugas rumah ringan: mencari 3 contoh pecahan di rumah.
Asesmen Pembelajaran
- Formatif: Observasi praktik dan
keaktifan siswa.
- Sumatif: Hasil latihan mengenal pecahan dan soal cerita.
Diferensiasi
- Konten: Gambar/benda konkret untuk
siswa yang kesulitan.
- Proses: Belajar melalui bermain dan menggunting kertas.
- Produk: Siswa membuat soal cerita tentang pecahan.
Comments
Post a Comment