Mata
Pelajaran: Matematika
Kelas
/ Fase: III (Fase B)
Topik:
Pengenalan Pecahan Sederhana
Alokasi
Waktu: 2 x 35 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
-
Mengenal konsep pecahan (1/2, 1/3, 1/4)
melalui kegiatan konkret.
-
Menyatakan bagian dari keseluruhan dalam
bentuk pecahan sederhana.
-
Menjelaskan makna pecahan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Profil Pelajar
Pancasila
-
Bernalar kritis
-
Kreatif
-
Mandiri
3. Langkah-Langkah
Pembelajaran
a.
Pendahuluan (10 menit)
-
Guru membuka dengan pertanyaan:
"Pernahkah kamu membagi kue dengan temanmu?"
-
Guru menjelaskan bahwa hari ini akan
belajar tentang "pecahan".
-
Menyampaikan tujuan dan manfaat materi
pecahan dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Inti (50 menit)
-
Eksplorasi dan Demonstrasi
Guru menunjukkan benda
konkret (misalnya kertas lipat atau gambar pizza/kue) lalu membaginya menjadi
1/2, 1/3, dan 1/4.
Siswa melakukan praktik
membagi kertas atau gambar makanan menjadi pecahan yang diminta.
-
Diskusi dan Pemahaman
Siswa mengamati hasil
pembagian dan menyebutkan bentuk pecahan.
Guru memberikan soal
kontekstual (misalnya membagi buah, kue, atau roti).
-
Aktivitas Latihan
Siswa mengerjakan
lembar latihan: menyebutkan bagian pecahan dari gambar.
Diskusi kelompok kecil
untuk memecahkan soal bersama.
c.
Penutup (10 menit)
Refleksi: Apa itu
pecahan? Di mana kita bisa melihat pecahan dalam kehidupan sehari-hari?
-
Siswa menyebutkan contoh pecahan di
sekitar mereka.
-
Guru memberi umpan balik dan tugas rumah
ringan: mencari 3 contoh pecahan di rumah (misalnya: potong roti, membagi
minuman, dll).
4.
Asesmen Pembelajaran
Formative: Observasi
saat praktik membagi benda, keaktifan siswa saat diskusi.
Sumatif: Hasil latihan
mengenal pecahan dan soal cerita.
Comments
Post a Comment