Skip to main content

Modul Ajar Kurikulum Merdeka – Kelas 3 SD

Modul Ajar Kurikulum Merdeka – Kelas 3 SD


Satuan Pendidikan      : SD Negeri (contoh)

Kelas/Fase                   : III / Fase B

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Topik/Unit                   : Teks Deskriptif – "Lingkungan Sekolahku"

Alokasi Waktu            : 2 JP x 35 menit

Kompetensi Awal

  • Peserta didik dapat membaca teks pendek dengan lancar.
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama dan fungsi tempat di sekolah.

Profil Pelajar Pancasila

  • Bernalar kritis
  • Kreatif
  • Mandiri

Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri teks deskriptif.
  • Siswa dapat menyusun kalimat deskriptif tentang tempat di sekolah.
  • Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk teks.

Pemahaman Bermakna

"Dengan mendeskripsikan lingkungan sekitar, aku dapat mengenal dan mencintai tempat belajarku."

Pertanyaan Pemantik

  • Apa tempat favoritmu di sekolah? Mengapa?
  • Bagaimana cara mendeskripsikan tempat tersebut?

Kegiatan Pembelajaran

Tahap

Kegiatan

Metode

Pendahuluan

Siswa diajak mengamati gambar sekolah dan berdiskusi tentang bagian-bagian sekolah.

Tanya jawab, observasi

Inti

Membaca contoh teks deskriptif. Mengidentifikasi ciri-ciri teks. Menulis deskripsi tentang tempat di sekolah.

Diskusi kelompok, menulis mandiri

Penutup

Siswa membacakan teks hasil karyanya dan memberi umpan balik ke teman. Refleksi kegiatan.

Presentasi, refleksi

Asesmen

  • Diagnostik: Observasi awal kemampuan membaca dan menulis.
  • Formatif: Hasil diskusi dan teks deskriptif yang ditulis siswa.
  • Reflektif: Siswa menjawab pertanyaan tentang proses belajar hari ini.

Diferensiasi

  • Konten: Gambar pendukung bagi siswa dengan kesulitan bahasa.
  • Proses: Siswa boleh menggambar terlebih dahulu sebelum menulis.
  • Produk: Teks bisa berbentuk paragraf atau kalimat pendek dengan ilustrasi.

Media dan Sumber Belajar

  • Gambar lingkungan sekolah
  • Buku paket Bahasa Indonesia
  • Lembar kerja siswa (LKS)

Lampiran (opsional)

  • Rubrik penilaian teks deskriptif
  • Contoh teks dan gambar

 

Comments

Popular posts from this blog

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.