Modul Ajar Kurikulum Merdeka –
Kelas 3 SD
Satuan
Pendidikan : SD Negeri (contoh)
Kelas/Fase : III / Fase B
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik/Unit : Teks Deskriptif – "Lingkungan
Sekolahku"
Alokasi
Waktu : 2 JP x 35 menit
Kompetensi Awal
- Peserta didik dapat membaca teks pendek dengan lancar.
- Peserta didik dapat menyebutkan nama dan fungsi tempat
di sekolah.
Profil Pelajar Pancasila
- Bernalar kritis
- Kreatif
- Mandiri
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri teks deskriptif.
- Siswa dapat menyusun kalimat deskriptif tentang tempat
di sekolah.
- Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk
teks.
Pemahaman Bermakna
"Dengan mendeskripsikan
lingkungan sekitar, aku dapat mengenal dan mencintai tempat belajarku."
Pertanyaan Pemantik
- Apa tempat favoritmu di sekolah? Mengapa?
- Bagaimana cara mendeskripsikan tempat tersebut?
Kegiatan Pembelajaran
Tahap |
Kegiatan |
Metode |
Pendahuluan |
Siswa diajak mengamati gambar
sekolah dan berdiskusi tentang bagian-bagian sekolah. |
Tanya jawab, observasi |
Inti |
Membaca contoh teks deskriptif.
Mengidentifikasi ciri-ciri teks. Menulis deskripsi tentang tempat di sekolah. |
Diskusi kelompok, menulis mandiri |
Penutup |
Siswa membacakan teks hasil
karyanya dan memberi umpan balik ke teman. Refleksi kegiatan. |
Presentasi, refleksi |
Asesmen
- Diagnostik: Observasi awal kemampuan membaca dan menulis.
- Formatif: Hasil diskusi dan teks deskriptif yang ditulis siswa.
- Reflektif: Siswa menjawab pertanyaan tentang proses belajar hari
ini.
Diferensiasi
- Konten: Gambar pendukung bagi siswa dengan kesulitan bahasa.
- Proses: Siswa boleh menggambar terlebih dahulu sebelum
menulis.
- Produk: Teks bisa berbentuk paragraf atau kalimat pendek
dengan ilustrasi.
Media dan Sumber Belajar
- Gambar lingkungan sekolah
- Buku paket Bahasa Indonesia
- Lembar kerja siswa (LKS)
Lampiran (opsional)
- Rubrik penilaian teks deskriptif
- Contoh teks dan gambar
Comments
Post a Comment