Skip to main content

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka - Kelas 3

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka - Kelas 3

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

Informasi Umum

Satuan Pendidikan: Sekolah Dasar (SD)
Fase: B (Kelas III dan IV)
Tahun Pelajaran: 2024/2025
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu memahami dan menggunakan teks lisan, tulis, dan visual untuk berbagai tujuan; mengembangkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis melalui berbagai jenis teks pendek.

Alur Tujuan Pembelajaran

No

Tujuan Pembelajaran

Materi

Alokasi Waktu (JP)

1

Menyimak teks narasi dan mengidentifikasi tokoh, latar, dan peristiwa

Teks Narasi

4

2

Menceritakan kembali isi cerita menggunakan kalimat sendiri

Cerita Pendek

4

3

Membaca teks deskriptif dan mengidentifikasi ciri objek

Teks Deskriptif

4

4

Menulis teks deskriptif berdasarkan objek nyata

Menulis Deskripsi

4

5

Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam teks lisan dan tulis

Kosakata dan Kalimat

3

6

Mengenali dan membuat pertanyaan berdasarkan teks bacaan

Teks Bacaan & Tanya Jawab

3

7

Membaca puisi anak dan mengungkapkan maknanya

Puisi Anak

3

8

Menulis puisi sederhana berdasarkan pengalaman

Menulis Puisi

3

9

Menyampaikan pendapat secara lisan dengan sopan

Berbicara dan Diskusi

3

 

Comments

Popular posts from this blog

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.