Skip to main content

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka - Kelas 3

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka - Kelas 3

Informasi Umum

Satuan Pendidikan: Sekolah Dasar (SD)
Fase: B (Kelas III dan IV)
Tahun Pelajaran: 2024/2025
Mata Pelajaran: Matematika

Capaian Pembelajaran

Peserta didik pada akhir fase B mampu memahami konsep bilangan, operasi hitung dasar, pengukuran, geometri, dan data secara kontekstual serta menggunakannya untuk memecahkan masalah sehari-hari.

Alur Tujuan Pembelajaran

No

Tujuan Pembelajaran

Materi

Alokasi Waktu (JP)

1

Mengenal dan menyusun bilangan hingga 10.000

Bilangan Cacah

4

2

Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah

Penjumlahan dan Pengurangan

4

3

Memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang

Perkalian

4

4

Menggunakan pembagian sebagai pembagian kelompok dan sebagai pengurangan berulang

Pembagian

4

5

Mengenal pecahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari

Pecahan

3

6

Mengukur panjang menggunakan satuan baku

Pengukuran Panjang

3

7

Membaca dan menuliskan waktu dalam jam dan menit

Waktu dan Jam

3

8

Mengenali bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya

Bangun Datar

4

9

Mengumpulkan dan menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang

Data dan Diagram

3

 

Comments

Popular posts from this blog

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.