Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Menulis Cerita Sederhana
Standar Kompetensi:
- Mampu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan naratif sederhana.
- Mampu mengorganisir ide secara berurutan dalam sebuah cerita sederhana.
Kompetensi Dasar:
- Mengembangkan ide cerita sederhana berdasarkan pengalaman pribadi atau imajinasi.
- Menyusun cerita sederhana dengan menggunakan struktur naratif dasar.
Indikator Pencapaian:
- Siswa mampu mengidentifikasi konflik, tokoh, latar, dan alur dalam cerita sederhana.
- Siswa mampu menulis cerita sederhana yang memiliki awalan, pengembangan, dan akhir yang jelas.
- Siswa mampu menyampaikan pesan atau moral yang terkandung dalam cerita sederhana yang telah mereka tulis.
Materi Pembelajaran:
- Pengenalan unsur-unsur cerita sederhana (awalan, pengembangan, akhir).
- Latihan mengembangkan ide cerita berdasarkan pengalaman pribadi atau imajinasi.
- Latihan menyusun cerita sederhana dengan struktur naratif dasar.
- Pemberian umpan balik dan revisi terhadap cerita yang telah ditulis.
Kegiatan Pembelajaran:
- Penyampaian materi oleh guru tentang unsur-unsur cerita sederhana dan struktur naratif dasar.
- Diskusi kelompok tentang ide-ide cerita sederhana yang dapat dikembangkan oleh siswa.
- Pembuatan draf cerita sederhana oleh siswa berdasarkan ide yang telah dipilih.
- Penyusunan cerita sederhana dengan bantuan guru dan teman sekelas.
- Pemberian umpan balik oleh guru dan rekan sebaya untuk melakukan revisi dan penyempurnaan cerita.
Sumber Belajar:
- Contoh-contoh cerita sederhana dalam buku teks Bahasa Indonesia.
- Bahan ajar berupa gambar, foto, atau video untuk memancing imajinasi siswa.
- Pemahaman siswa terhadap cerita-cerita yang telah mereka baca sebelumnya.
- Media pembelajaran berbasis audiovisual untuk memperkaya pemahaman siswa tentang struktur cerita.
Comments
Post a Comment