Skip to main content

RPP Membaca dan menulis huruf vokal dan konsonan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: 3/1
Materi Pembelajaran: Membaca dan menulis huruf vokal dan konsonan

A. Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa mampu menyebutkan huruf vokal dan konsonan secara berurutan.
  2. Siswa mampu membaca kata-kata sederhana yang menggunakan huruf vokal dan konsonan.
  3. Siswa mampu menulis huruf vokal dan konsonan dengan posisi yang tepat.

B. Materi Pembelajaran:

  1. Pengenalan huruf vokal (a, i, u, e, o) dan konsonan (b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, z).
  2. Bentuk dan cara membaca masing-masing huruf vokal dan konsonan.
  3. Latihan membaca dan menulis kata-kata sederhana yang menggunakan huruf vokal dan konsonan.

C. Langkah-langkah Pembelajaran:

1. Pendahuluan (Awal Pembelajaran)

  • Guru memperkenalkan materi pembelajaran hari ini tentang huruf vokal dan konsonan.
  • Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mengaktifkan pengetahuan awal mereka tentang huruf vokal dan konsonan.

2. Inti Pembelajaran: a. Penjelasan Materi

  • Guru menjelaskan pengertian dan fungsi huruf vokal dan konsonan.
  • Guru memperlihatkan contoh-contoh huruf vokal dan konsonan dengan menggunakan media visual.

b. Kegiatan Pembelajaran

  • Siswa diberi latihan untuk mengucapkan huruf vokal dan konsonan secara berurutan.
  • Siswa diminta membaca dan menulis kata-kata yang menggunakan huruf vokal dan konsonan.
  • Guru memberikan latihan-latihan menulis huruf vokal dan konsonan di papan tulis.

3. Penutup (Akhir Pembelajaran)

  • Guru mereview kembali materi yang telah dipelajari.
  • Guru memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan mereka dalam pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan tugas ringan untuk dipersiapkan di rumah terkait dengan materi hari ini.

D. Penilaian:

  • Guru melakukan penilaian formatif melalui observasi terhadap partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
  • Guru juga memberikan penugasan tertulis untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang materi huruf vokal dan konsonan.

E. Sumber Belajar:

  1. Buku teks Bahasa Indonesia kelas 3 SD.
  2. Media pembelajaran berbasis audiovisual.
  3. Bahan ajar berupa gambar huruf vokal dan konsonan.

Comments

Popular posts from this blog

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.