1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
a.
pengukuran
b.
Pensekoran
c.
Penilaian
d.
Pengujian
e.
evaluasi
2.
Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat
menentukan manfaat ataukegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuranpensekoran
b. penilaian
c. pengujian
d. evaluasi
3.
Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam melakukan assesmenhasil belajar peserta
didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata
hasilnya banyak yang jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
4.
Assesmen hasil belajar siswa harus memperhatikan
prinsip-prinsipsebagai berikut, kecuali:
a. sahih
(valid)
b. objektip,
c. adil,
d. kooperatip;
e. terpadu.
5.
Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan
sikap yang dapat berbentuktanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen,
percaya diri, jujur, menghargaipendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan
diri adalah kemampuan:
a.
Kognitif
b. Afektif
c. Psikomotor
d. Psikologis
e. kepribadian
6.
Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. dapat
menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki pesertadidik, sikap,
serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapanlangsung;
b. bagi
peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat
seringmengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,
c. dapat
dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan pesertadidik dalam
menentukan waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan
penilaian.
e. hasil tes
dapat langsung diketahui peserta didik;
7.
Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik
penilaian:
a. Lisan
b. prakatik/kinerja
c. penugasan
d. portofolio
e. penilaian
diri
8.
Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan
assesmen, kecuali:
a. menentukan
tujuan penilaian
b. memperhatikan
standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. menentukan
jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun
kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal
9.
Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan
dalam penentuanmateri terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi,
yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas,
yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu ataulebih materi yang
sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk
mempelajari atau memahami,mata pel lain,
d. keterpakaian,
yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupansehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus
dimiliki peserta didik
10.
Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam
penyusunan butirsoal, kecuali:
a. menentukan
tujuan tes
b. menentukan
kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan
materi yg diujikan;
d. d. menentukan batas ketuntasan/lulus.
e. menyusun
kisi-kisi;
11.
Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
b.
ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c.
ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
d.
ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,
síntesis.
e.
ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan
evaluasi
12.
Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domainpsicomotor
dengan urutan berikut.
a.
persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan,
respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
b.
persepsi,
kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks,organisasi, dan
karakterisasi dari nilai
c.
persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon
yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d.
persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon
terpimpin, mekanisme;organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e.
persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme,
respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
13.
Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir
yang dikembangkanLinn dan Gronlund, kecuali:
a. Membandingkan
b.
Menjelaskan
c.
hubungan sebab-akibat
d.
memberi alasan.
e.
meringkas
14.
Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan
Quellmalz, kecuali:
a.
Ingatan
b.
Analisis
c.
Perbandingan
d.
Penyimpulan
e.
mencipta
15.
Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan
soal dilihat dari materi,kecuali:
a. soal harus
sesuai dengan indikator.z
b. Setiap
pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan
c. materi yang
ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
d. ada
petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang
jenis sekolah atautingkat kelas.
16.
Penilaian yang meminta peserta didik untuk
mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai
dengan criteria yang ditetapkan adalahpenilaian:
a.
rojek
b.
inerja
c.
Produk
d.
Portofolio
e.
non tes
17.
Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang
mengacu berdasarkan teoriadalah:
a. validitas
isi
b. validitas
prediktif
c. validitas konstruktif
d. Validitas soal.
e. Validitas kunci.
18.
Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus
dicapai berupa:
a. stándar kompetensi
b.
kompetensi dasar
c.
standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar
e. kompetensi
komperhensip
19.
Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan
kemampuan yangdiukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. Adil
b. Obyektif
c. Valid
d. Sistematis
e. Akuntabel
20.
Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari
segi teknik, prosedur,maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian
yang:
a.
Adil
b.
Obyektif
c.
Valid
d.
Sistematis
e.
akuntabel
21.
Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap
dengan mengikutilangkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian
yang:
a.
Adil
b.
Obyektif
c.
Valid
d.
Sistematis
e.
akuntabel
22. Daftar
pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a.
tes
tertulis
b.
tes lisan
c.
tes kinerja
d.
jurnal
e.
portofolio
23. Penilaian
yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimilikipeserta
didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsungadalah salah
satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes
tertulis
b. tes lisan
c. tes perbuatan
d. wawancara
e. portofolio
24.
Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau
memahami, mata pelajaran lainadalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan
kriteria:
a. SK KD
b. Indikator
c. Tujuan
pembelajaran
d.
Materi pelajaran
e.
Sumber belajar.
25.
Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh
peserta didik adalahpertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal
berdasarkan kriteria:
a. Urgensi
b. Kontinuitas
c. Relevansi
d. Keterpakaian
e. kompleksitas
26.
Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau
kata yang bermaknatidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang,
kaidah penulisan soalpilihan ganda berdasarkan kaidah:
a. Materi
b. Konstruksi
c. Bahasa
d.
Etika
e.
kejelasan
27.
Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap
persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3)
tahapakhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut
adalahpenilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. Kinerja
b. Produk
c. Penugasan
d. Lisan
e. wawancara
28.
kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku
melalui latihan danpengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat
diukur melalui:toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan,
dan kejujuranadalah definisi operasional dari:
a. minat
belajar
b. sikap
belajar
c. motivasi
berprestasi
d. stress
belajar
e. aktivitas belajar
29. Hal-hal
yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikaptermasuk dalam
dimensii:
a. kognisi
b. kognitif
c. psikomotorik
d.
afektif
e.
evaluative.
30. KKM sebagai
acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi
dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM
b. prinsip KKM
c. tujuan KKM
d. manfaat KKM
e. peran KKM
31. Ada
beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagaisarana
untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.Berikut ini
yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
a. tes
perbuatan
b. teknik
wawancara
c. observasi
d. tes
simulasi
e. penilaian
fortofolio
32. Kisi-kisi
yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan
kata kerja operasional
c. komponennya
diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang
hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi
harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat danproposional
33. Menggunakan
kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya
merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi
b. penentuan
dan penyebaran soal
c.
penulisan soal bentuk penilaian kinerja
d.
penyusunan
butir soal tes tertulis
e.
perumusan indikator soal
34. Dalam
penulisan soal bentuk uraian hal yg sulit dlm menyusun pedomanpenskorannya.Berdasarkanmetodepenskorannya, bentukuraiandiklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektif
b. komunikatif
dan inovatif
c. evaluasi
dan analisis
d. kesimpulan
dan pendapat
e. justifying
dan inferring
35. Sebuah
penilaian yg meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan
pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan
adalah:
a. pilihan
ganda
b. essay
c. tes kinerja
d.
tes wawancara
e.
merangkum
36. Minat
adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi
danmelahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapatini
dikemukakan oleh...
a. Cror and Crow
b. Grondlund
c. Crites
d. Thrustone
e. Donal Cambell
37. Bentuk
instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut iniadalah...
a.
tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio
38. Yang
merupakan tes kreativitas adalah...
a. tes verbal
b. tes lisan
c.
tes analisis
d. tes mengelompokkan
e. evaluasi
39. Tahap
persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakanbeberapa aspek
yang dinilai dalam penilaian...
a. Project
b. Product
c. performance
Assessment
d. verbale.
e. Kinerja
40. Fungsi KKM
adalah sebagai berikut, kecuali....
a. sebagai
acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikutipenilaian mata pelajaran
b. merupakan
target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap matapelajaran
c. sebagai kontrak pedagogik guru dgn siswaatau satuan
pendidikan dgn masyarakat
d. dapat
digunakan sebagai evaluasiprogram pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. ebagai
bahan pengambilan keputusan melaluimetode kualitatif atau kuantitatif.
Comments
Post a Comment