Skip to main content

CONTOH SOAL ASESMEN KOMPETENSI GURU

1.         Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:

a.       pengukuran

b.      Pensekoran

c.       Penilaian

d.      Pengujian

e.      evaluasi

2.         Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat ataukegunaan suatu obyek atau program adalah:

a.      pengukuranpensekoran

b.      penilaian

c.       pengujian

d.      evaluasi

3.         Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmenhasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;

4.         Assesmen hasil belajar siswa harus memperhatikan prinsip-prinsipsebagai berikut, kecuali:

a.      sahih (valid)

b.      objektip,

c.       adil,

d.      kooperatip;

e.      terpadu.

5.         Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuktanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargaipendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:

 

a.      Kognitif

b.      Afektif

c.       Psikomotor

d.      Psikologis

e.      kepribadian

6.         Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:

a.      dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki pesertadidik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapanlangsung;

b.      bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat seringmengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,

c.       dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan pesertadidik dalam menentukan waktu dan tempat tes.

d.      lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.

e.      hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;

7.         Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:

a.      Lisan

b.      prakatik/kinerja

c.       penugasan

d.      portofolio

e.      penilaian diri

8.         Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:

a.      menentukan tujuan penilaian

b.      memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).

c.       menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya

d.      menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya

e.      menentukan kriteria ketuntasan minimal

9.         Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuanmateri terkait dengan assesmen, kecuali:

a.      urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,

b.      kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu ataulebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,

c.        relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,mata pel lain,

d.      keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupansehari-hari.

e.      ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

10.     Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butirsoal, kecuali:

a.      menentukan tujuan tes

b.      menentukan kompetensi yang akan diujikan;

c.       menentukan materi yg diujikan;

d.      d. menentukan batas ketuntasan/lulus.

e.      menyusun kisi-kisi;

11.     Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

a.       ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

b.      ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi

c.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

d.      ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

e.      ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

12.     Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domainpsicomotor dengan urutan berikut.

a.       persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai.

b.      persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai

c.       persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai

d.      persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme;organisasi, dan karakterisasi dari nilai

e.      persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai

13.     Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkanLinn dan Gronlund, kecuali:

 

a.    Membandingkan

b.    Menjelaskan

c.     hubungan sebab-akibat

d.    memberi alasan.

e.    meringkas

14.     Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:

a.       Ingatan

b.      Analisis

c.       Perbandingan

d.      Penyimpulan

e.      mencipta

15.     Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi,kecuali:

a.      soal harus sesuai dengan indikator.z

b.      Setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan

c.       materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.

d.      ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal

e.      materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atautingkat kelas.

16.     Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalahpenilaian:

a.        rojek

b.        inerja

c.         Produk

d.        Portofolio

e.        non tes

17.     Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teoriadalah:

a.      validitas isi

b.      validitas prediktif

c.       validitas konstruktif

d.      Validitas soal.

e.      Validitas kunci.

 

18.          Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:

a.       stándar kompetensi

b.      kompetensi dasar

c.       standar kompetensi kelulusan

d.      indikator-indikator kompetensi dasar

e.      kompetensi komperhensip

19.         Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yangdiukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:

a.       Adil

b.      Obyektif

c.       Valid

d.      Sistematis

e.      Akuntabel

 

20.         Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:

a.        Adil

b.        Obyektif

c.         Valid

d.        Sistematis

e.        akuntabel


21.         Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikutilangkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:

 

a.        Adil

b.        Obyektif

c.         Valid

d.        Sistematis

e.        akuntabel

22.    Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:

a.        tes tertulis

b.        tes lisan

c.         tes kinerja

d.        jurnal

e.        portofolio

23.    Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimilikipeserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsungadalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;

a.      tes tertulis

b.      tes lisan

c.       tes perbuatan

d.      wawancara

e.      portofolio

24.         Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lainadalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:

a.      SK KD  

b.       Indikator  

c.       Tujuan pembelajaran 

d.      Materi pelajaran

e.      Sumber belajar.

 

25.         Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalahpertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:

a.      Urgensi

b.      Kontinuitas

c.       Relevansi

d.      Keterpakaian

e.      kompleksitas


26.         Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermaknatidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soalpilihan ganda berdasarkan kaidah:

a.      Materi

b.      Konstruksi

c.       Bahasa

d.      Etika

e.      kejelasan

27.         Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahapakhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalahpenilaian dengan menggunakan teknik penilaian:

a.    Kinerja

b.    Produk

c.     Penugasan

d.    Lisan

e.    wawancara

28.         kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan danpengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui:toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuranadalah definisi operasional dari:

a.      minat belajar

b.      sikap belajar

c.       motivasi berprestasi

d.      stress belajar

e.      aktivitas belajar

 

29.    Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikaptermasuk dalam dimensii:

a.      kognisi 

b.      kognitif

c.       psikomotorik  

d.      afektif   

e.      evaluative.

30.    KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:

a.      fungsi KKM

b.      prinsip KKM

c.       tujuan KKM

d.      manfaat KKM

e.      peran KKM

31.    Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagaisarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...

a.      tes perbuatan

b.      teknik wawancara

c.       observasi

d.      tes simulasi

e.      penilaian fortofolio

 

32.    Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...

a.      kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum

b.      menggunakan kata kerja operasional

c.       komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami

d.      materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya

e.      kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat danproposional

 

33.    Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...

a.       penyusunan kisi-kisi

b.      penentuan dan penyebaran soal

c.       penulisan soal bentuk penilaian kinerja

d.      penyusunan butir soal tes tertulis

e.      perumusan indikator soal

 

34.    Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yg sulit dlm menyusun pedomanpenskorannya.Berdasarkanmetodepenskorannya, bentukuraiandiklasifikasikan menjadi 2 yaitu....

a.      uraian objektif dan uraian non-objektif

b.      komunikatif dan inovatif

c.       evaluasi dan analisis

d.      kesimpulan dan pendapat

e.      justifying dan inferring

 

35.    Sebuah penilaian yg meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalah:

a.      pilihan ganda

b.      essay  

c.       tes kinerja

d.      tes wawancara  

e.      merangkum

36.    Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi danmelahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapatini dikemukakan oleh...

a.      Cror and Crow

b.      Grondlund

c.       Crites

d.      Thrustone

e.      Donal Cambell

 

37.    Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut iniadalah...

a.      tes tertulis

b.      tes lisan

c.       tes kinerja

d.      jurnal

e.      portofolio

 

38.    Yang merupakan tes kreativitas adalah...

a.      tes verbal

b.      tes lisan

c.       tes analisis

d.      tes mengelompokkan

e.      evaluasi

 

39.    Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakanbeberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...

a.      Project

b.      Product

c.       performance Assessment

d.      verbale.

e.      Kinerja

 

40.    Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....

a.      sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikutipenilaian mata pelajaran

b.      merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap matapelajaran

c.       sebagai kontrak pedagogik guru dgn siswaatau satuan pendidikan dgn masyarakat

d.      dapat digunakan sebagai evaluasiprogram pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

e.      ebagai bahan pengambilan keputusan melaluimetode kualitatif atau kuantitatif.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengajarka

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)                         Semester                       : 1 (Satu) A.       Standar Kompetensi 1.          Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. B.        Kompetensi Dasar 1.1        Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabe l (SPLDV) . C.       Indikator 1.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode grafik . 2.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode substitusi . 3.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode eliminasi.

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.