Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: 3/1
Materi Pembelajaran: Pemahaman Cerita Pendek Sederhana
A. Tujuan Pembelajaran:
- Siswa mampu mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur cerita dalam cerita pendek sederhana.
- Siswa mampu merangkum cerita pendek sederhana dengan menggunakan bahasa sendiri.
- Siswa mampu menarik kesimpulan atau pesan moral dari cerita pendek sederhana yang telah dibaca.
B. Materi Pembelajaran:
- Pengenalan unsur-unsur cerita pendek sederhana (tokoh, latar, alur).
- Latihan membaca cerita pendek sederhana secara berkelompok dan individu.
- Diskusi tentang isi dan pesan cerita pendek sederhana.
- Penulisan rangkuman cerita pendek sederhana.
- Penarikan kesimpulan atau pesan moral dari cerita pendek sederhana.
C. Langkah-langkah Pembelajaran:
1. Pendahuluan (Awal Pembelajaran)
- Guru memperkenalkan materi pembelajaran hari ini tentang pemahaman cerita pendek sederhana.
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengajak siswa berdiskusi mengenai pengalaman membaca cerita pendek.
2. Inti Pembelajaran: a. Pengenalan Unsur-Unsur Cerita Pendek Sederhana
- Guru menjelaskan unsur-unsur cerita pendek sederhana, seperti tokoh, latar, dan alur, dengan menggunakan contoh-contoh yang relevan.
b. Pembacaan dan Pemahaman Cerita Pendek
- Guru membacakan cerita pendek sederhana secara perlahan dan jelas.
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai isi cerita yang telah dibacakan.
- Guru memberikan penjelasan lebih lanjut tentang tokoh, latar, dan alur cerita.
c. Latihan Membaca dan Menulis
- Siswa melakukan latihan membaca cerita pendek sederhana secara individu.
- Siswa menulis rangkuman cerita pendek sederhana dalam bentuk paragraf pendek.
3. Penutup (Akhir Pembelajaran)
- Guru mereview kembali unsur-unsur cerita pendek sederhana yang telah dipelajari.
- Guru mengajukan pertanyaan reflektif kepada siswa mengenai pesan moral atau pelajaran yang dapat dipetik dari cerita pendek yang telah dibaca.
- Guru memberikan umpan balik kepada siswa mengenai rangkuman cerita pendek yang telah mereka tulis.
D. Penilaian:
- Guru melakukan penilaian formatif melalui observasi terhadap partisipasi siswa dalam diskusi dan pemahaman mereka terhadap cerita pendek.
- Guru juga menilai rangkuman cerita pendek yang telah ditulis oleh siswa.
E. Sumber Belajar:
- Buku teks Bahasa Indonesia kelas 3 SD.
- Bahan ajar berupa cerita pendek sederhana dalam bentuk teks atau gambar.
- Media pembelajaran berbasis audiovisual untuk memperkaya pemahaman siswa terhadap cerita pendek.
Comments
Post a Comment