Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: 3/1
Materi Pembelajaran: Menulis Cerita Sederhana
A. Tujuan Pembelajaran:
- Siswa mampu mengembangkan ide cerita sederhana berdasarkan pengalaman pribadi atau imajinasi.
- Siswa mampu menyusun cerita sederhana dengan menggunakan struktur naratif dasar.
- Siswa mampu menyampaikan pesan atau moral yang terkandung dalam cerita sederhana yang telah mereka tulis.
B. Materi Pembelajaran:
- Pengenalan unsur-unsur cerita sederhana (awalan, pengembangan, akhir).
- Latihan mengembangkan ide cerita berdasarkan pengalaman pribadi atau imajinasi.
- Latihan menyusun cerita sederhana dengan struktur naratif dasar.
- Pemberian umpan balik dan revisi terhadap cerita yang telah ditulis.
C. Langkah-langkah Pembelajaran:
1. Pendahuluan (Awal Pembelajaran)
- Guru memperkenalkan materi pembelajaran hari ini tentang menulis cerita sederhana.
- Guru menjelaskan pentingnya menyusun cerita dengan jelas dan menarik.
2. Inti Pembelajaran: a. Pengenalan Unsur-Unsur Cerita Sederhana
- Guru menjelaskan unsur-unsur cerita sederhana, seperti awalan, pengembangan, dan akhir.
- Guru memberikan contoh-contoh cerita sederhana yang baik.
b. Latihan Mengembangkan Ide Cerita
- Siswa diminta untuk mengembangkan ide cerita sederhana berdasarkan pengalaman pribadi atau imajinasi mereka.
- Guru memberikan panduan dan bimbingan kepada siswa dalam mengembangkan ide cerita.
c. Penyusunan Cerita Sederhana
- Siswa menulis cerita sederhana dengan struktur awalan, pengembangan, dan akhir yang jelas.
- Guru memberikan bimbingan kepada siswa dalam menyusun cerita mereka.
3. Penutup (Akhir Pembelajaran)
- Guru mengumpulkan cerita yang telah ditulis oleh siswa.
- Beberapa siswa dipersilakan untuk membacakan cerita mereka di depan kelas.
- Guru memberikan umpan balik positif dan memberikan saran untuk perbaikan kepada setiap siswa.
- Guru memberikan penugasan untuk merevisi cerita mereka berdasarkan umpan balik yang diberikan.
D. Penilaian:
- Penilaian dilakukan berdasarkan kreativitas, struktur cerita, kejelasan pesan, dan penulisan yang jelas.
- Guru juga melakukan penilaian formatif melalui observasi terhadap proses penulisan siswa dan pemberian umpan balik.
E. Sumber Belajar:
- Contoh-contoh cerita sederhana dalam buku teks Bahasa Indonesia.
- Bahan ajar berupa gambar, foto, atau video untuk memancing imajinasi siswa.
- Media pembelajaran berbasis audiovisual untuk memperkaya pemahaman siswa tentang struktur cerita.
Comments
Post a Comment