Skip to main content

RPP (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1), Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1) )

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan        :  SDN

Kelas / Semester           :  3 / 1

Tema                            :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                       :  Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke            :  1

Alokasi waktu                :  1 hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.

2.     Setelah mengamati, siswa dapat  memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.

3.     Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

4.     Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

5.     Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Sintak Model Discovery Learning)

Ø Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.

Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu.

Ø Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.

Ø Siswa mengamati tanda   dan   yang ada pada syair lagu.

Ø Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang berbeda. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ø Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek.

Ø Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama.

Ø Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih asyik tidak membosankan. (Creativity and Innovation)

Ø Siswa mengamati gambar.

Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.

Ø Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ø Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar.

Ø Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan.

Ø Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya.

Ø Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku. (Critical Thinking and Problem Formulation)

    140

    menit

Penutup

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Ø Guru : Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa

Refleksi dan Konfirmasi:

Ø Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASSESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,  .. ………… 20..

Guru Kelas IV

 

NIP………………………….

 

 

LAMPIRAN PENILAIAN

1.     Penilaian Sikap

Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap)

2.     Penilaian Pengetahuan: tes tertulis

a.     Membuat pola irama menggunakan simbol bunyi panjang dan pendek.

Skor maksimal 100.

Skor setiap baris 25.

Nilai = Banyaknya pola/baris × 25

Jawaban dapat beragam sesuai imajinasi siswa.

Kunci jawaban/contoh pola

Baris ke-

Pola

1

Ta      taa          ta       taa         ta         ta           taa

Ci      caak        ci       caak      di          din       diing

2

Ta       ta      ta             taa           ta       ta       taa

Di       am     dii           aam          me     ra      yaap

3

 taa          taa                   ta         ta      ta

Daa         taang               se       e       kor

4

taa                ta           ta         ta      ta          ta     

Haap             la           lu         di      tang    kap

 

b.    Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup minimal 4.

Skor maksimal 100

Nilai = (banyaknya jawaban benar : 4) × 100

Kunci jawaban.

Ciri-ciri makhluk hidup diantaranya:

·         Membutuhkan makanan dan air

·         Bernafas   

·         Berkembang biak

·         Bergerak

·         Peka terhadap rangsang

c.     Membilang secara urut dan loncat serta mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000

Banyaknya soal 19.

Skor maksimal 100.

Nilai = (Banyaknya jawaban benar : 19) × 100Jawaban bagian 1 membilang secara urut

1)     1.000, 2.000, 3.000, 4.000, 5.000

2)     1.500, 2.500, 3.500, 4.500

3)     2.000, 4.000, 6.000, 8.000, 10.000

Jawaban bagian II urutan bilangan.

1)     1.250, 2.250, 3.250, 4.250, 5.250

2)     1.300, 2.300, 3.300, 4.300, 5.300

3)     1.100, 2.250, 3.050, 4.200, 5.400

d.    Membilang dan menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000

Banyaknya soal 8.

Nilai maksimal 100.

Nilai =  (banyaknya jawaban benar : 8) × 100

 

3.     Penilaian Keterampilan

a.     Keterampilan siswa dalam mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang dapat dilihat dari cara siswa/strategi menyelesaikan soal mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang bilangan.

b.    Rubrik Menulis Ciri-Ciri Makhluk Hidup Berdasarkan Gambar.

No

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

1

Penggunaan

huruf besar

dan tanda baca

Menggunakan 

huruf besar di

awal kalimat

dan nama

orang, serta

menggunakan

tanda titik di

akhir kalimat.

Terdapat 1-2

kesalahan

dalam

menggunakan

huruf besar dan

tanda titik.

Terdapat lebih

dari 2 kesalahan

dalam

menggunakan

huruf besar dan

tanda titik.

Tidak satu pun

kalimat yang

menggunakan

huruf besar dan

tanda titik.

2

Kesesuaian isi

Menuliskan 6

ciri-ciri makhluk

hidup dengan

lengkap.

Menuliskan 5

ciri-ciri makhluk

hidup.

Menuliskan 3-4

ciri-ciri makhluk

hidup.

Menuliskan

hanya satu

ciri-ciri makhluk

hidup.

3

Penulisan

Penulisan kata

sudah tepat.

Terdapat  1-2 kata yang kurang

tepat dalam penulisan.

Lebih dari 2 kata

yang kurang

tepat dalam

penulisan.

Semua

kata belum

tepat dalam

penulisan.

 

c.     Rubrik Kegiatan Bernyanyi 

No

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

1

Penguasaan

lagu

Siswa hapal

seluruh syair

lagu, irama

tepat.

Siswa hapal

seluruh syair

lagu, irama

kurang tepat

atau sebaliknya.

Siswa hapal

sebagian kecil

syair lagu.

Siswa belum

hapal syair lagu.

2

Ekspresi

Mimik wajah

dan gerakan

sesuai dengan

isi lagu.

Mimik wajah

dan gerakan

sesuai dengan

isi lagu namun

belum konsisten.

Mimik wajah

dan gerakan

belum sesuai

dengan isi lagu.

Belum mampu

menunjukkan

mimik wajah

dan gerakan

yang sesuai

dengan isi lagu.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia untuk kelas 3

3.     Kartu nama dan bilangan 1.000 sampai 10.000.

4.     Berbagai poster pertumbuhan manusia, hewan, dan tanaman.

5.     Berbagai aktivitas makhluk hidup.

6.     Teks lagu Cicak atau jika memungkinkan alat audio agar siswa dapat mendengarkan langsung.

7.     Internet

 

Refleksi Guru

 

 

 

 

                                                               

 

Catatan Guru

1. Masalah              :……….

2. Ide Baru              :………..

3. Momen Spesial   :………….

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengajarka

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)                         Semester                       : 1 (Satu) A.       Standar Kompetensi 1.          Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. B.        Kompetensi Dasar 1.1        Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabe l (SPLDV) . C.       Indikator 1.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode grafik . 2.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode substitusi . 3.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode eliminasi.

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.