RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SDN
Kelas / Semester : 3 / 1
Tema : Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ciri-ciri Makhluk Hidup
(Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama
sederhana dengan benar.
2.
Setelah mengamati, siswa dapat
memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
3.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
4.
Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
5.
Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat
membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti
|
(Sintak Model Discovery Learning) Ø Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding. Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu. Ø Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding. Ø Siswa mengamati tanda dan yang ada pada syair lagu. Ø Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang
berbeda. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ø Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi
pendek. Ø Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama. Ø Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih
asyik tidak membosankan. (Creativity and Innovation) Ø Siswa mengamati gambar. Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar. Ø Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai
ciri-ciri makhluk hidup. (Critical Thinking and Problem
Formulation) Ø Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar. Ø Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan. Ø Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang
dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Ø Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan
10.000 yang ada pada buku. (Critical Thinking and Problem
Formulation) |
140 menit |
Penutup |
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Ø Guru : Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa Refleksi
dan Konfirmasi: Ø Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan
refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan
perbaikan. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASSESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, .. ………… 20.. Guru Kelas IV
NIP…………………………. |
LAMPIRAN PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat
pedoman penilaian sikap)
2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a.
Membuat pola irama menggunakan simbol bunyi panjang dan pendek.
Skor maksimal 100.
Skor setiap baris 25.
Nilai = Banyaknya pola/baris × 25
Jawaban dapat beragam sesuai imajinasi siswa.
Kunci jawaban/contoh pola
Baris ke- |
Pola |
1 |
Ta taa
ta taa ta
ta
taa Ci
caak ci
caak
di din diing |
2 |
Ta
ta ta taa ta ta taa Di am dii aam me ra
yaap |
3 |
taa taa ta ta ta Daa
taang se e
kor |
4 |
taa ta ta ta ta ta Haap
la lu di tang
kap |
b. Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup minimal 4.
Skor maksimal 100
Nilai = (banyaknya jawaban benar : 4) × 100
Kunci jawaban.
Ciri-ciri makhluk hidup diantaranya:
·
Membutuhkan makanan dan air
·
Bernafas
·
Berkembang biak
·
Bergerak
·
Peka terhadap rangsang
c. Membilang secara urut dan loncat serta
mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 19.
Skor maksimal 100.
Nilai = (Banyaknya jawaban benar : 19) × 100Jawaban bagian 1 membilang
secara urut
1) 1.000, 2.000, 3.000, 4.000, 5.000
2) 1.500, 2.500, 3.500, 4.500
3) 2.000, 4.000, 6.000, 8.000, 10.000
Jawaban bagian II urutan bilangan.
1) 1.250, 2.250, 3.250, 4.250, 5.250
2) 1.300, 2.300, 3.300, 4.300, 5.300
3) 1.100, 2.250, 3.050, 4.200, 5.400
d. Membilang dan menulis lambang bilangan 1.000
sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 8.
Nilai maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban benar :
8) × 100
3. Penilaian Keterampilan
a. Keterampilan siswa dalam mengurutkan bilangan,
menulis nama dan lambang dapat dilihat dari cara siswa/strategi menyelesaikan
soal mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang bilangan.
b. Rubrik Menulis Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Berdasarkan Gambar.
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Penggunaan huruf besar dan tanda baca |
Menggunakan
huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat. |
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
2 |
Kesesuaian isi |
Menuliskan 6 ciri-ciri makhluk hidup dengan lengkap. |
Menuliskan 5 ciri-ciri makhluk hidup. |
Menuliskan 3-4 ciri-ciri makhluk hidup. |
Menuliskan hanya satu ciri-ciri makhluk hidup. |
3 |
Penulisan |
Penulisan kata sudah tepat. |
Terdapat
1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan. |
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan. |
Semua kata belum tepat dalam penulisan. |
c.
Rubrik Kegiatan Bernyanyi
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Penguasaan lagu |
Siswa hapal seluruh syair lagu, irama tepat. |
Siswa hapal seluruh syair lagu, irama kurang tepat atau sebaliknya. |
Siswa hapal sebagian kecil syair lagu. |
Siswa belum hapal syair lagu. |
2 |
Ekspresi |
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi lagu. |
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi lagu namun belum konsisten. |
Mimik wajah dan gerakan belum sesuai dengan isi lagu. |
Belum mampu menunjukkan mimik wajah dan gerakan yang sesuai dengan isi lagu. |
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas
3 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia untuk kelas 3
3. Kartu nama dan bilangan 1.000 sampai 10.000.
4. Berbagai poster pertumbuhan manusia, hewan, dan tanaman.
5. Berbagai aktivitas makhluk hidup.
6. Teks lagu Cicak atau jika memungkinkan alat audio agar
siswa dapat mendengarkan langsung.
7. Internet
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Comments
Post a Comment