Skip to main content

Struktur Umum RPP Untuk PAI di SD/MI

Identitas RPP

  • Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Tema: Sesuaikan dengan tema yang relevan dengan konteks dan kurikulum yang digunakan
  • Kelas: Kelas [spesifikkan kelas]
  • Alokasi Waktu: [jumlah jam/minggu]

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

  • Kompetensi Inti: [Tuliskan kompetensi inti yang relevan dengan tema dan kelas]
  • Kompetensi Dasar: [Tuliskan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran]

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

  1. [Tujuan pembelajaran 1]
  2. [Tujuan pembelajaran 2]
  3. ...

Materi Pembelajaran

  1. [Materi 1]
    • Penjelasan materi
    • Kegiatan pembelajaran
    • Sumber belajar
    • Penilaian
  2. [Materi 2]
    • Penjelasan materi
    • Kegiatan pembelajaran
    • Sumber belajar
    • Penilaian ...

 

Metode Pembelajaran

  • [Metode pembelajaran yang akan digunakan, seperti ceramah, diskusi, permainan edukatif, dll.]

Media Pembelajaran

  • [Media pembelajaran yang akan digunakan, seperti gambar, video, alat peraga, dll.]

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Persiapan
    • Menyiapkan materi, media, dan ruang pembelajaran
    • Mengevaluasi pengetahuan awal peserta didik
  2. Pendahuluan
    • Memotivasi peserta didik terhadap materi pembelajaran
    • Mengaitkan dengan pengetahuan sebelumnya
  3. Inti Pembelajaran
    • Menyajikan materi secara terstruktur dan jelas
    • Melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
  4. Pengayaan dan Pemantapan
    • Memberikan latihan atau tugas untuk memperdalam pemahaman
    • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
  5. Penutup
    • Menyimpulkan pembelajaran
    • Memberikan tugas rumah, jika diperlukan

Penilaian

  • Jenis penilaian yang akan digunakan (misalnya, tes tertulis, observasi, tugas individu/grup, proyek, dll.)
  • Kriteria penilaian
  • Instrumen penilaian

Referensi

  • Daftar sumber belajar yang digunakan dalam penyusunan RPP

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...