Mata
Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : Sekolah
Dasar (SD)
Semester :1
Pokok
Bahasan 1 : Pengenalan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
- Pembelajaran 1: Mengenal Bendera
Merah Putih
- Menjelaskan makna dan simbolisasi
Bendera Merah Putih.
- Menghafal dan menggambar Bendera
Merah Putih.
- Pembelajaran 2: Lambang Negara dan
Lambang Daerah
- Mengenal dan mewarnai lambang
negara (garuda, bintang, padi, kapas).
- Mengenal lambang daerah pada
wilayah sekitar.
- Pembelajaran 3: Bhinneka Tunggal
Ika
- Menceritakan makna dan pentingnya
Bhinneka Tunggal Ika.
- Menyanyikan lagu kebangsaan
"Indonesia Raya" dan lagu-lagu daerah.
- Pembelajaran 4: Menghormati
Simbol-Simbol Negara
- Mengajarkan sikap menghormati
simbol-simbol negara (bendera, lambang negara, lagu kebangsaan).
- Mengenal dan menghormati hari-hari
penting nasional.
Semester
2
Pokok Bahasan 2:
Kepemimpinan dan Kewarganegaraan
- Pembelajaran 1: Peran Pemimpin di
Sekitar Kita
- Mengenal dan memahami peran
pemimpin di tingkat keluarga, sekolah, dan masyarakat.
- Mendiskusikan sifat-sifat
kepemimpinan yang baik.
- Pembelajaran 2: Menghargai
Perbedaan Pendapat
- Membahas pentingnya menghargai
perbedaan pendapat dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengajarkan cara menyampaikan
pendapat dengan baik dan benar.
- Pembelajaran 3: Kebersamaan dan
Gotong Royong
- Mengajarkan arti kebersamaan dan
gotong royong.
- Melakukan kegiatan gotong royong
di lingkungan sekitar.
- Pembelajaran 4: Mengenal Peran
Keluarga dan Sekolah dalam Kewarganegaraan
- Mendiskusikan peran keluarga dan
sekolah dalam membentuk kewarganegaraan yang baik.
- Mengajarkan nilai-nilai yang harus
diterapkan di keluarga dan sekolah untuk menjadi warga negara yang baik.
Catatan :
Silabus
di atas bertujuan untuk membentuk sikap kewarganegaraan yang baik pada
anak-anak SD, membangun rasa cinta tanah air, menghargai keragaman budaya, dan
memupuk kepemimpinan serta kebersamaan di lingkungan sekitar. Silabus ini dapat
disesuaikan dengan karakteristik siswa dan kebutuhan lokal masing-masing
sekolah
Comments
Post a Comment