Skip to main content

Silabus Matematika Kelas 3 SD/MI



Silabus Matematika Kelas 3 SD/MI

Materi Pembelajaran: Bilangan Bulat

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat memahami konsep bilangan bulat.
  2. Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan bulat.
  3. Siswa dapat menerapkan bilangan bulat dalam situasi nyata.

Alokasi Waktu: 4 minggu (20 jam pelajaran)

Minggu 1: Pengenalan Bilangan Bulat

  • Hari 1: Konsep bilangan bulat, bilangan positif, dan bilangan negatif.
  • Hari 2: Skala bilangan bulat, menemukan bilangan bulat pada garis bilangan.
  • Hari 3-5: Latihan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan bulat.

Minggu 2: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Lanjutan

  • Hari 1-2: Latihan penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan bulat.
  • Hari 3: Menyelesaikan masalah dengan bilangan bulat.
  • Hari 4-5: Evaluasi minggu pertama.

Minggu 3: Penggunaan Bilangan Bulat dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Hari 1: Menerapkan bilangan bulat dalam situasi kehidupan sehari-hari, seperti suhu, ketinggian, dll.
  • Hari 2-3: Latihan menerapkan bilangan bulat dalam situasi nyata.
  • Hari 4: Permainan interaktif tentang bilangan bulat.
  • Hari 5: Evaluasi minggu kedua.

Minggu 4: Ujian dan Evaluasi Akhir

  • Hari 1-3: Ujian akhir tentang bilangan bulat.
  • Hari 4-5: Penilaian akhir tentang kemampuan siswa dalam menerapkan konsep bilangan bulat dalam situasi nyata.

Penilaian: Penilaian dilakukan melalui ujian, tugas-tugas, dan partisipasi siswa selama pelajaran. Nilai akhir akan mencerminkan pemahaman siswa tentang bilangan bulat dan kemampuan mereka dalam menerapkan konsep ini dalam situasi sehari-hari.

Silabus ini hanya merupakan contoh umum dan harus disesuaikan dengan pedoman yang diberikan oleh kurikulum resmi yang berlaku di wilayah Anda. Selain itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan rekan guru dan supervisor sekolah untuk menyusun silabus yang sesuai dengan lingkungan dan kondisi pembelajaran Anda.

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengajarka

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)                         Semester                       : 1 (Satu) A.       Standar Kompetensi 1.          Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. B.        Kompetensi Dasar 1.1        Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabe l (SPLDV) . C.       Indikator 1.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode grafik . 2.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode substitusi . 3.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode eliminasi.

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.