Skip to main content

Silabus Mata Pelajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar (SD) Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka

Mata Pelajaran                      : Matematika

Kelas                                       : Sekolah Dasar (SD)

Semester                                 :1

Pokok Bahasan 1                  : Bilangan dan Operasi Bilangan

  1. Pembelajaran 1: Pengenalan Bilangan
    • Mengenalkan bilangan bulat, bilangan genap, dan bilangan ganjil.
    • Melatih keterampilan mengidentifikasi jenis bilangan.
  2. Pembelajaran 2: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan
    • Memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan.
    • Melatih keterampilan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan.
  3. Pembelajaran 3: Pengenalan Operasi Perkalian Sederhana
    • Mengajarkan konsep dasar perkalian.
    • Melatih keterampilan melakukan perkalian sederhana.
  4. Pembelajaran 4: Pengenalan Operasi Pembagian Sederhana
    • Mengajarkan konsep dasar pembagian.
    • Melatih keterampilan melakukan pembagian sederhana.

Semester 2

Pokok Bahasan 2: Pengukuran

  1. Pembelajaran 1: Pengenalan Satuan Ukuran
    • Mengenalkan satuan ukuran panjang, massa, waktu, dan volume.
    • Melatih penggunaan satuan ukuran dalam konteks sehari-hari.
  2. Pembelajaran 2: Pengenalan Bangun Datar dan Bangun Ruang
    • Mengajarkan jenis-jenis bangun datar (persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran).
    • Mengajarkan jenis-jenis bangun ruang (kubus, balok, tabung).
  3. Pembelajaran 3: Pengukuran Keliling dan Luas Bangun Datar
    • Mengajarkan cara mengukur keliling dan luas bangun datar.
    • Melatih keterampilan menghitung keliling dan luas bangun datar.
  4. Pembelajaran 4: Pengukuran Volume Bangun Ruang
    • Mengajarkan cara mengukur volume bangun ruang.
    • Melatih keterampilan menghitung volume bangun ruang.

Silabus ini bertujuan untuk membangun pemahaman dasar dan keterampilan matematika pada siswa SD dengan fokus pada bilangan, operasi bilangan, pengukuran, dan pemahaman bangun datar serta bangun ruang. Silabus ini dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa, kebutuhan lokal, dan tingkat perkembangan matematika yang diinginkan.

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengajarka

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)                         Semester                       : 1 (Satu) A.       Standar Kompetensi 1.          Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. B.        Kompetensi Dasar 1.1        Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabe l (SPLDV) . C.       Indikator 1.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode grafik . 2.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode substitusi . 3.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode eliminasi.

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.