Skip to main content

Silabus Mata Pelajaran Fiqih untuk Sekolah Dasar (SD) dalam Kerangka Kurikulum Merdeka

Mata Pelajaran                      : Fiqih

Kelas                                       : Sekolah Dasar (SD)

Semester                                 : 1

Pokok Bahasan 1                  : Pengenalan Fiqih Islam

  1. Pembelajaran 1: Pengenalan Islam dan Kepercayaan Dasar
    • Mengenalkan Islam sebagai agama utama di Indonesia.
    • Membahas keyakinan dasar dalam Islam.
  2. Pembelajaran 2: Rukun Islam
    • Mendiskusikan rukun Islam (Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa, Haji) secara singkat.
    • Mengajarkan makna dan tata cara pelaksanaan rukun Islam.
  3. Pembelajaran 3: Shalat
    • Mempelajari tata cara shalat wajib.
    • Latihan gerakan shalat.
  4. Pembelajaran 4: Zakat dan Puasa
    • Mempelajari makna, hikmah, dan tata cara zakat dan puasa.
    • Membahas pentingnya berbagi dan berpuasa di bulan Ramadan.

Semester 2

Pokok Bahasan 2: Etika dan Akhlak Islam

  1. Pembelajaran 1: Akhlak Terpuji
    • Mengenalkan akhlak terpuji dalam Islam (toleransi, jujur, sabar, tolong-menolong, dll.).
    • Memahamkan pentingnya menerapkan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Pembelajaran 2: Adab dan Budi Pekerti dalam Islam
    • Mempelajari adab dan budi pekerti dalam Islam (salam, sopan santun, etika makan-minum, dll.).
    • Latihan menerapkan adab dan budi pekerti dalam berinteraksi dengan orang lain.

 Pembelajaran 3: Kebaikan dan Keburukan Perbuatan

    • Mempelajari perbuatan baik (amal sholeh) dan perbuatan buruk (amal mazmumah).
    • Mendorong siswa untuk melakukan perbuatan baik dan menghindari perbuatan buruk.
  1. Pembelajaran 4: Hubungan Manusia dengan Allah dan Sesama
    • Mengajarkan pentingnya berhubungan baik dengan Allah dan sesama manusia.
    • Mengajarkan doa-doa sehari-hari dan cara bersosialisasi yang baik.

Silabus ini bertujuan untuk membimbing siswa memahami dasar-dasar Islam, praktik ibadah, etika, dan akhlak Islam. Fokus pada pengenalan kepercayaan, rukun Islam, tata cara ibadah, etika, dan akhlak positif sebagai landasan kehidupan beragama di Indonesia. Silabus ini dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa, kebutuhan lokal, dan tingkat pemahaman keagamaan yang diinginkan

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengajarka

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)                         Semester                       : 1 (Satu) A.       Standar Kompetensi 1.          Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. B.        Kompetensi Dasar 1.1        Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabe l (SPLDV) . C.       Indikator 1.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode grafik . 2.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode substitusi . 3.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode eliminasi.

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.