Glosarium
aktivitas : keaktifan; kegiatan
alternatif : pilihan di antara
dua atau beberapakemungkinan.
asmāul-ḥusnā : nama Allah Swt.
yang jumlahnya ada 99.
card sort : model pembelajaran
aktif dengan memilahdan memilih kartu.
drill and practice : teknik mengajar
dengan latihan-latihan agarpeserta didik dapat memiliki dan
menguasaipengetahuan dan kecakapan tertentu.firman : kata (perintah)
Tuhan; sabda.
forum grup discussion : model pembelajaran
aktif dengan carapengumpulan data kualitatif dengan caramelakukan wawancara
kelompok.
instrumen : alat yang dipakai
untuk mengerjakan sesuatu.interaksi : hal saling melakukan aksi,
berhubungan,memengaruhi; antar hubungan.
kaisa : model pembelajaran
aktif dalam menghafalAl-Qur’an dengan berorientasi pada hafalandan pemahaman
ayat Al-Qur-an besertaartinya melalui gerakan atau kinestetik yangdisesuaikan
dengan arti tiap ayat.
kaligrafi : seni menulis indah
dengan pena.
karakteristik : mempunyai sifat
khas sesuai denganperwatakan tertentu.
kitab suci : wahyu Tuhan yang
dibukukan.
komentar : ulasan atau
tanggapan atas berita, pidato,dan sebagainya (untuk menerangkan ataumenjelaskan).
make a match : model pembelajaran
aktif dengan cara mencaripasangan kartu.
makhluk : sesuatu yang
dijadikan atau yang diciptakanoleh Tuhan (seperti manusia, binatang,
dantumbuh-tumbuhan).
makharijul huruf : tempat keluarnya
huruf.
mind mapping : metode pembelajaran
dengan menggunakanpengingat visual dan sensorik dalam suatupola dari ide-ide
yang berkaitan.
mukjizat : kejadian
(peristiwa) ajaib yang sukar dijangkauoleh kemampuan akal manusia.
pahala : ganjaran Tuhan atas
perbuatan baik manusia;buah perbuatan baik.
poster : plakat yang
dipasang di tempat umum.
poster comment : model pembelajaran
aktif denganmengomentari poster atau gambar.
rakaat : bagian dari salat
(satu kali berdiri, satu kalirukuk, dan dua kali sujud).
refleksi : cerminan; gambaran.
relevan : bersangkut paut;
berguna secara langsung.
Rezeki: segala sesuatu yang
dipakai untuk memeliharakehidupan (yang diberikan oleh Tuhan);makanan
(sehari-hari); nafkah.
role playing : model pembelajaran
aktif dengan carasiswa berakting sesuai dengan peran yangditentukan.
snowball throwing : model pembelajaran
aktif dalam menggalipotensi siswa dalam menjawab pertanyaanmelalui permainan
imajinatif berupa melemparbola salju dari kertas.
Strategi: rencana yang cermat
mengenai kegiatanuntuk mencapai sasaran khusus.
syukur : rasa terima kasih
kepada Allah Swt.
talking stick: metode pembelajaran
kelompok denganbantuan tongkat. kelompok yang memegangtongkat terlebih dahulu
wajib menjawabpertanyaan guru setelah mempelajari materipokoknya. kegiatan
ini diulang hingga semuakelompok mendapatkan giliran.
tartil : membaca Al-Qur’an
dengan pelan.
tauhid : keesaan Allah; kuat
kepercayaannya bahwaAllah hanya satu.
teladan : sesuatu yang patut
ditiru atau baik untukdicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat,dan
sebagainya).
video comment: model pembelajaran
aktif denganmengomentari video.
|
Comments
Post a Comment