Skip to main content

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bab 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - Bab 1: Pengenalan Kurikulum Merdeka

Mata Pelajaran: Pendidikan Merdeka

Kelas: X (Sesuaikan dengan tingkat sekolah)

Waktu: 2 Jam Pelajaran

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami konsep dasar dari Kurikulum Merdeka.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari pendekatan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran.

Bahan dan Sumber Belajar:

  1. Presentasi visual tentang Kurikulum Merdeka.
  2. Materi bacaan singkat tentang prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.
  3. Kertas dan alat tulis.
  4. Laptop/proyektor (jika diperlukan untuk presentasi).

Langkah-langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (10 menit):

  1. Guru memulai pelajaran dengan pertanyaan terbuka kepada siswa: "Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum Merdeka?". Guru mendengarkan tanggapan singkat siswa.

Eksplorasi Konsep (30 menit):

2.      Guru menjelaskan konsep dasar dari Kurikulum Merdeka menggunakan presentasi visual. Poin-poin utama yang harus disampaikan mencakup:

  • Definisi Kurikulum Merdeka.
  • Fokus pada siswa sebagai subjek utama.
  • Kebebasan dan fleksibilitas dalam pembelajaran.
  • Otonomi sekolah dan guru dalam merancang kurikulum.
  • Pembelajaran berbasis minat dan bakat.
  1. Siswa diminta untuk mencatat poin-poin kunci selama presentasi.

Diskusi dan Refleksi (30 menit):

4.      Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk berdiskusi tentang manfaat dari Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran. Setiap kelompok harus menyusun daftar kelebihan dan kekurangan yang mereka temukan. Guru berkeliling untuk memberikan bimbingan dan mengarahkan diskusi.

Presentasi Kelompok (20 menit):

5.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka tentang manfaat Kurikulum Merdeka. Presentasi dapat dilakukan dengan menggunakan kertas flip chart atau laptop/proyektor.

Penutup (10 menit):

6.      Guru merangkum poin-poin kunci yang telah dibahas selama pelajaran dan memastikan bahwa tujuan pembelajaran telah tercapai.

Tugas Rumah (Jika Diperlukan):

7.      Guru memberikan tugas rumah berupa refleksi singkat tentang konsep Kurikulum Merdeka. Siswa diminta untuk mengungkapkan pemikiran pribadi mereka tentang manfaat Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran.


Catatan :

RPP di atas adalah panduan umum yang dapat disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan spesifik siswa di sekolah Anda. Penting untuk memastikan bahwa pembelajaran berfokus pada pengenalan konsep dasar Kurikulum Merdeka dan memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi dan refleksi.

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...