Skip to main content

Capaian Pembelajaran PAI SD/MI

Capaian pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Indonesia dapat bervariasi berdasarkan kurikulum yang digunakan oleh masing-masing sekolah atau madrasah. Capaian pembelajaran biasanya mencakup pemahaman siswa tentang konsep-konsep agama Islam, nilai-nilai, sejarah Islam, ibadah, dan aspek-aspek lain dari ajaran Islam.

Contoh capaian pembelajaran yang umum dalam mata pelajaran PAI untuk SD/MI bisa termasuk:

  1. Memahami konsep dasar agama Islam, seperti iman, ibadah, akhlak, dan syariah.
  2. Mengenal dan memahami nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, kasih sayang, dan kerendahan hati.
  3. Mengetahui kisah-kisah penting dalam sejarah Islam, seperti kehidupan Nabi Muhammad SAW dan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam.
  4. Mempelajari tata cara ibadah seperti shalat, puasa, zakat, dan haji.
  5. Memahami prinsip-prinsip dasar dalam etika dan perilaku berdasarkan ajaran Islam.
  6. Menghargai keragaman dalam Islam dan menghormati pandangan beragama yang berbeda.
  7. Memahami pentingnya toleransi dan perdamaian dalam Islam.
  8. Mengetahui nilai-nilai kemanusiaan dan sosial dalam Islam.
  9. Mengembangkan keterampilan berdoa dan beribadah sesuai dengan ajaran Islam.

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengajarka

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)                         Semester                       : 1 (Satu) A.       Standar Kompetensi 1.          Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. B.        Kompetensi Dasar 1.1        Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabe l (SPLDV) . C.       Indikator 1.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode grafik . 2.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode substitusi . 3.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode eliminasi.

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.