ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FASE E KELAS 10
ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN
KEWARGANEGARAAN
FASE E KELAS 10
(Sesuai Kemendikbudristek No. 33 Th. 2022
Tentang Capaian Pembelajaran)
A. RASIONAL
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Pendidikan merupakan kunci untuk menumbuh
kembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan
Pancasila sesuai tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pancasila adalah dasar negara, ideologi, dan
pandangan hidup bangsa Indonesia. Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan,
musyawarah- mufakat, dan keadilan adalah nilai-nilai yang harus
ditumbuhkembangkan dan diinternalisasikan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai itu kemudian ditetapkan sebagai norma
dasar atau grundnorm Indonesia dan
diberi nama Pancasila, sehingga menjadi landasan filosofis bagi pengembangan
seluruh aturan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan
hidup bangsa Indonesia, nilai-nilai Pancasila semestinya mewujud dalam setiap
sikap dan perbuatan segenap warga negara Indonesia. Keterwujudan dalam sikap
dan perbuatan tersebut akan dapat mengantarkan seluruh bangsa pada kehidupan
yang adil makmur sebagaimana cita- cita kemerdekaan bangsa Indonesia. Gambaran
ideal cita-cita bangsa tersebut masih jauh dari terwujud walaupun negara
Indonesia telah menempuh perjalanan lebih dari tiga perempat abad. Masih banyak
tantangan yang harus diatasi baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun
berbangsa dan bernegara.
Dalam konteks kehidupan berbangsa dan
bernegara, setiap warga negara perlu diarahkan menjadi warga negara yang cerdas
dan baik (smart and good citizen),
sehingga dapat memahami negara dan bangsa Indonesia, memiliki kepribadian
Indonesia, memiliki rasa kebangsaan Indonesia, dan mencintai tanah air. Dengan
demikian, warga negara Indonesia dapat melaksanakan hak dan kewajibannya
sebagai warga negara, juga turut aktif membentengi masyarakat, bangsa dan
negara Indonesia dari berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang
akan merusak ketahanan bangsa dan negara Indonesia.
Pendidikan Pancasila memuat nilai-nilai
karakter Pancasila yang ditumbuhkembangkan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara untuk menyiapkan warga negara yang cerdas dan baik.
Pendidikan Pancasila berisi elemen: Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
Dalam upaya meningkatkan keyakinan dan
pemahaman filosofi bangsa perlu dilakukan perbaikan secara konten maupun proses
pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang di dalamnya
terkandung penumbuhkembangan karakter, literasi- numerasi, dan kecakapan abad
21 yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perubahan zaman. Dengan demikian,
Pendidikan Pancasila akan menghasilkan warganegara yang mampu berpikir global (think globally) dengan cara-cara
bertindak lokal (act locally)
berdasarkan Pancasila sebagai jati diri dan identitas bangsa.
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila mempunyai
kedudukan strategis dalam upaya menanamkan dan mewariskan karakter yang sesuai
dengan Pancasila kepada setiap warga negara, dengan menjadikan nilai-nilai
Pancasila sebagai bintang penuntun untuk mencapai Indonesia emas.
B. TUJUAN
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Setelah mempelajari Pendidikan Pancasila, peserta
didik mampu:
1. Berakhlak
mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui
sikap mencintai sesama manusia, mencintai negara dan lingkungannya untuk
mewujudkan persatuan dan keadilan sosial;
2. Memahami
makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya sebagai dasar
negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa, serta mempraktikkan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari;
3. Menganalisis
konstitusi dan norma yang berlaku, serta menyelaraskan hak dan kewajibannya
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di tengah-tengah
masyarakat global;
4. Memahami
jati dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang berbineka, serta mampu
bersikap adil dan tidak membeda-bedakan jenis kelamin, SARA (Suku Agama, Ras,
Antargolongan), status sosial-ekonomi, dan penyandang disabilitas;
5. Menganalisis
karakteristik bangsa Indonesia dan kearifan lokal masyarakat sekitarnya, dengan
kesadaran dan komitmen untuk menjaga lingkungan, mempertahankan keutuhan
wilayah NKRI, serta berperan aktif dalam kancah global.
C. CAPAIAN
PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA FASE E
Pada fase ini, peserta didik mampu:
Menganalisis cara pandang para pendiri negara
tentang rumusan Pancasila sebagai dasar negara; menganalisis fungsi dan
kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan identitas
nasional; mengenali dan menggunakan produk dalam negeri sekaligus mempromosikan
budaya lokal dan nasional; menganalisis hak dan kewajiban warga negara yang diatur
dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; peserta didik
mendemonstrasikan praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era
keterbukaan informasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; dan menganalisis
kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagaimana diatur dalam
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan perumusan solusi
secara kreatif, kritis, dan inovatif untuk memecahkan kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban.
Peserta didik mampu menginisiasi kegiatan
bersama atau gotong royong dalam praktik hidup sehari-hari untuk membangun
masyarakat sekitar dan masyarakat Indonesia berdasarkan nilai- nilai Pancasila;
memberi contoh dan memiliki kesadaran akan hak dan kewajibannya sebagai warga
sekolah, warga masyarakat dan warga negara; dan memahami peran dan kedudukannya
sebagai warga negara Indonesia.
CAPAIAN BERDASARKAN ELEMEN
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Pancasila |
Peserta
didik mampu menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan
Pancasila sebagai dasar negara; Peserta didik mampu menganalisis fungsi dan
kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan identitas
nasional; peserta didik mengenali dan menggunakan produk dalam negeri
sekaligus mempromosikan budaya lokal dan nasional. |
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Peserta
didik mampu menganalisis hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam
Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; peserta didik
mendemonstrasikan praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era
keterbukaan informasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; peserta didik
mampu menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dan perumusan solusi secara kreatif, kritis, dan inovatif untuk
memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban. |
Bhinneka
Tunggal Ika |
Peserta
didik mampu menginisiasi kegiatan bersama atau gotong royong dalam praktik
hidup sehari-hari untuk membangun masyarakat sekitar dan masyarakat Indonesia
berdasarkan nilai-nilai Pancasila; |
Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
Peserta
didik mampu memberi contoh dan memiliki kesadaran akan hak dan kewajibannya
sebagai warga sekolah, warga masyarakat dan warga negara; Peserta didik mampu
memahami peran dan kedudukannya sebagai warga negara Indonesia. |
ALUR DAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN
PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Tujuan
Pembelajaran |
Profil
Pelajar Pancasila |
Kata
Kunci |
Glosarium |
Alokasi
Waktu |
Pancasila |
Peserta
didik mampu menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan
Pancasila sebagai dasar negara; Peserta didik mampu menganalisis fungsi dan
kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan identitas
nasional; peserta didik mengenali dan menggunakan produk dalam negeri
sekaligus mempromosikan budaya lokal dan nasional. |
10.A1. Peserta
didik mampu menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan Pancasila
sebagai dasar negara. |
Bernalar kritis |
Rumusan dan isi pancasila |
Rumusan , tokoh |
1 JP |
10.A 2 Peserta
didik mampu menganalisis fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara,
ideologi negara, dan identitas nasional. |
Kreatif |
Peluang dan tantangan |
Nilai Pancasila |
1 JP |
||
10.A 3 Peserta
didik mengenali dan menggunakan produk dalam negeri sekaligus mempromosikan
budaya lokal dan nasional. |
Bernalar kritis |
Klasifikasi NilaiPancasila |
Nilai Pancasila |
1 JP |
||
Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME,
berahlak Mulia |
Penerapan nilai-nilaiPancasila |
Nilai Pancasila |
2 JP |
|||
Bergotong royong |
Perwujudan Pelaksanaan nilai- nilai Pancasila |
Nilai Pancasila |
1 JP |
|||
Bernalar kritis |
Penanaman nilai- nilai Pancasila |
Nilai Pancasila |
2JP |
|||
Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME,
berahlak Mulia |
Peluang dan tantangan |
Penanaman NilaiPancasila |
2 JP |
|||
Kreatif |
MembumikanPancasila |
Aspek kehidupan |
2 JP |
|||
Mandiri |
Kekurangan dan kelebihan masing- masing dalam
anggota kelompok |
Nilai Pancasila |
2 JP |
|||
Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME,
berahlak Mulia |
Menelaah penyebab pelanggaran Pelaksanaan
nilai Pancasila |
PelanggaranNilai Pancasila |
2 JP |
|||
Berbalar Kritis |
Hal penting dan berharga |
Kebutuhan masyarakat |
2 JP |
|||
Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 |
Peserta
didik mampu menganalisis hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam
Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; peserta didik
mendemonstrasikan praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era
keterbukaan informasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; peserta didik
mampu menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dan perumusan solusi secara kreatif, kritis, dan inovatif untuk
memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban. |
10.B.1 Peseta didik menganalisis dengan
mengamati, menyesuaikan dan menampilkan Pelaksanaan norma danaturan, hak dan
kewajiban warga negara yang diatur dalam konstitusi dan norma yang berlaku |
Berbalar Kritis |
Pelaksanaan norma dan aturan, hak dan
kewajiban warga negara |
Norma dan aturan, hak dan kewajiban warga
negara |
2 JP |
10.B.2 Peserta didik menemukan, mengoreksi dan melaporkan
Pelanggaran norma dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari |
Kreatif |
Menemukan pelanggaran norma dan aturan |
Norma dan aturan |
2 jp |
||
10.B.3 Peserta didik mengasosiasikan, mempraktikkan dan
mengusulkan membuat kesepakatan bersamadi sekolah terkait dengan norma yang
harus dipatuhi oleh seluruh peserta |
Bergotong royong |
Mempratikan membuat kesepakatan bersama |
Norma hasil kesepakatan bersama |
2 jp |
||
10.B.4 Peserta didik Menggambarkan, memposisikan dan
menata jalannya sidang BPUPKI dalam merumuskan Pancasila dan UUD
NegaraRepublik IndonesiaTahun 1945 |
Mandiri |
Rumusan Pancasila dan UUD NRI 1945 |
Pancasila danUUD NRI 1945 |
2 JP |
||
10.B.5 Peserta didik menguraikan, mengumpulkan dan
membuktikan latar belakang dilaksanakannya amandemen UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 |
Bergotong Royong |
Latar belakang amandemen UUD NRI1945 |
AmandemenUUD NRI 1945 |
2 JP |
||
10.B.6 Peserta didik menyimpulkan, mengonstruksi
danmembuktikan Tahapan Amandemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Bernalar Kritis |
Tahapanamandemen UUD NRI1945 |
AmandemenUUD NRI 1945 |
2 JP |
||
10.B.7 Peserta didik menyusun, menseketsa dan memadukan
peta konsep penyusunan regulasi antar lembaga negara di Indonesia |
Bernalar kritis |
Penyusunan regulasi antar lembaga negara |
Penyusunan regulasi |
2 JP |
||
10.B.8 Peserta didik menyimpulkan, membentuk dan mendukung
mekanisme perumusan regulasiyang berlaku diIndonesia |
Bernalar Kritis |
Mekanisme perumusan regulasi |
Perumusan regulasi |
2 JP |
||
10.B.9 Peserta didik menyajikan, membuat dan menata
langkah - langkah yang dilakukan dalam penyusunan regulasi, penyelesaian
sengketa jika terjadi tumpang tindih, pertentangan antara satu regulasi
dengan regulasi yang setara |
Mandiri |
Langkah-langkah dalam penyusunan
regulasi,penyelesaian sengketa |
Sengketa dan pertentangan antar regulasi |
1 JP |
||
10.B.10 Peserta didik menunjukkan, mengoreksi dan
mempertanyakan contoh tumpang tindih, kesesuaian, dan pertentangan antara
satu regulasi dengan regulasi yang setara. |
Bernalar Kritis |
Menunjukkan contoh, tumpang tindih,
kesesuaian dan pertentangan regulasi |
Regulasi |
1 JP |
||
Bhineka Tunggal Ika |
Peserta
didik mampu menginisiasi kegiatan bersama atau gotong royong dalam praktik
hidup sehari-hari untuk membangun masyarakat sekitar dan masyarakat Indonesia
berdasarkan nilai-nilai Pancasila; |
10.C.1 Peserta didik mengkritik, mempresentasikan dan
melengkapi dengan cara mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok
lokal,regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas |
BerbhinekaanGlobal |
Pembentukan identitas |
Kelompok lokal, regional,nasional dan global |
4 JP |
10.C.2 Peserta didik menganalisis, mengumpulkan dan
memilih makna dan nilai dari keragaman dalam kehidupan berbangsa |
Beriman dan Bertakwa terhadap Tuhan YME,
Berakhlak mulia |
Menganalisis makna dan nilai dari keragaman |
Nilai, keragaman |
2 JP |
||
10.C.3 Peserta didik menginisiasi, mengoreksi dan memilah
dengan cara mengidentifikasi respon terhadap kondisi dankeadaan yang ada di
lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih
baik. |
Mandiri |
Mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan
keadaan |
Mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan
keadaan |
2 JP |
||
10.C.4 Peserta didik mengidentifikasi, merancang dan
mendukung pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yangsaling terhubung |
Berbhinekaan global |
Mengidentifikasi pertukaran budaya |
Pertukaran budaya |
2 JP |
||
10.C.5 Peserta didik mengkaji, mengumpulkan dan memadukan
makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan
memilih produk dalam negeri |
Berbhinekaan global |
Pertukaran budaya dan kolaborasi |
Kearifan lokal, produk dalam negeri |
2 JP |
||
10.C.6 Peserta didik mengasosiasikan, mengemas dan
menanggapi dampak pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling
terhubung |
Bernalar kritis |
Dampak pertukaran budaya |
Pertukaran budaya, kolaborasi dalam dunia |
2 JP |
||
10.C.7 Peserta didik menyajikan, memanipulasi dan
mengelola hasil diskusi manfaat dan keuntungan pertukaran budaya dan
kolaborasi dalam dunia yangsaling terhubung, |
Berbhinekaan global |
Manfaat dan keuntungan pertukaran budaya |
Kebhinekaan, kearifan lokal, produk dalam
negeri |
2 JP |
||
10.C.8 Peserta didik menyajikan, memadankan dan
menampilkan hasil kajian makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan
kearifan lokal, danmemilih produk dalam negeri |
Berbhinekaan global |
Diskusi manfaat dan keuntungan pertukaran
budaya |
Kebhinekaan, kearifan lokal, produk dalam
negeri |
2 JP |
||
Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Peserta
didik mampu memberi contoh dan memiliki kesadaran akan hak dan kewajibannya
sebagai warga sekolah, warga masyarakat dan warga negara; Peserta didik mampu
memahami peran dan kedudukannya sebagai warga negara Indonesia. |
10.D.1 Peserta didik mengidentifikasikan, mengilustrasikan
dan membuktikan contoh kasus wilayah yang diperebutkan berdasarkan fakta dan
regulasi, |
Bernalar kritis |
Contoh kasus wilayah yang diperebutkan |
Kasus wilayah |
2 JP |
10.D.2 Peserta didik menelaah, mendemontrasikan dan
mendukung beberapa praktik baik dan sikap menjaga keutuhanNKRI yang telah
dilakukan oleh orang/kelompok sebelumnya |
Berbhinekaan global |
Praktik baik menjaga keutuhan NKRI |
Keutuhan NKRI |
4 JP |
||
10.D.3 Peserta didik menganalisis, mengoperasikan dan
meyakini konsep sistem pertahanan dan keamanan Nasionaldalam menjaga keutuhan
NKRI |
Bernalar kritis |
Mengidentifikasi konsep sistem pertahanan dan
keamanan Nasional |
Sistem pertahanan dan keamanan nasional |
2 JP |
||
10.D.4 Peserta didik menyusun, merancang dan melengkapi
Langkah-langkah peningkatan sistem pertahanan dan keamanan nasional |
Kreatif |
Langkah-langkah peningkatan sistem pertahanan
dan keamanan nasional |
Sistem pertahanan dan keamanan nasional |
2 JP |
||
10.D.5 Peserta didik menyimpulkan, mempresentasikan dan
menampilkan hasil kajian Hambatan,Tantangan,gangguan dan ancaman dalam
pelaksanakan sistem pertahanan dan keamanan nasional |
Bergotong royong |
Sistem pertahanan dan keamanan nasional |
Hambatan, tantangan, gangguan dan ancaman |
2 JP |
||
10.D.6 Peserta didik menyimpulkan, menggunakan dan
mengusulkan upaya - upaya yang dilakukan dalam peningkatan sistem pertahanan
dan keamanan Nasional |
Mandiri |
Upaya peningkatan sistem pertahanan dan
keamanan Nasional |
Sistem pertahanan dan keamanan Nasional |
2 JP |
||
10.D.7 Peserta didik mengidentifikasi, mengumpulkan dan
melaporkan peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antar
bangsa dan negara di dunia |
Berbhinekaan global |
Peran Indonesia |
Peran Indonesia sebagai negara kesatuan |
2 JP |
||
10.D.8 Peserta didik memutuskan, mempresentasikan dan
mendukung hasil mengembangkan kerangka berfikir peran Indonesia sebagai
negara kesatuan dalampergaulan antar bangsa dan negara di dunia. |
Bernalar kritis |
Kerangka berfikir tentang peran Indonesia |
Negara kesatuan, pergaulan antar bangsa |
2 JP |
||
JUMLAH
ALOKASI WAKTU |
72 |
Comments
Post a Comment