Rasional
:
Kurikulum 2013
mata pelajaran Bahasa
Indonesia secara umum
bertujuan agar siswa
mampu mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis.
Kompetensi dasar dikembangkan
berdasarkan tiga hal
lingkup materi yang saling berhubungan
dan saling mendukung pengembangan
kompetensi pengetahuan kebahasaan
dan kompetensi keterampilan
berbahasa (mendengarkan, membaca,
memirsa, berbicara, dan
menulis) siswa. Kompetensi
sikap secara terpadu
dikembangkan melalui kompetensi
pengetahuan kebahasaan dan kompetensi
keterampilan berbahasa. Ketiga
hal lingkup materi
tersebut adalah bahasa
(pengetahuan tentang Bahasa
Indonesia); sastra (pemahaman,
apresiasi, tanggapan, analisis, dan
penciptaan karya sastra);
dan literasi (perluasan
kompetensi berbahasa Indonesia
dalam berbagai tujuan,
khususnya yang berkaitan
dengan membaca dan menulis)
Kemampuan berbahasa,
bersastra, dan berpikir merupakan fondasi dari kemampuan literasi. Semua bidang
kajian, bidang kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial menggunakan kemampuan
literasi. Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan untuk
bekerja dan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa
Indonesia merupakan pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi
dalam konteks sosial budaya Indonesia. Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam
pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara dan
mempresentasikan untuk berbagai tujuan, berbasis genre yang terkait dengan
penggunaan bahasa dalam kehidupan. Setiap genre memiliki tipe teks yang
didasarkan pada alur pikir—struktur—khas teks tertentu. Tipe teks merupakan
alur pikir yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa untuk bekerja dan
belajar sepanjang hayat. Model utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
Indonesia adalah pedagogi genre. Model ini memiliki empat tahapan, yaitu:
penjelasan (explaining, building the context), pemodelan (modelling),
pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction).
Di samping pedagogi genre, pembelajaran bahasa Indonesia dapat dikembangkan
dengan model-model lain sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu.
Pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia akan membentuk pribadi
Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak
mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan
global.
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu
memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu
meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan
bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1.1* Pelajar dapat menjelaskan dan
mempraktikkan instruksi lisan yang diberikan guru terkait aktivitas pengelolaan
diri: ciri fisik manusia, fungsi anggota tubuh, dan merawat kebersihan tubuh
dengan menggunakan kata – kata sendiri |
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit) |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa kunci : instruksi lisan, pengelolaan diri, merawat tubuh ·
Topik/Konten Inti : Menjelaskan dan mempraktikkan instruksi lisan ·
Penjelasan Singkat : Fokus pada pembelajaran ini, Pelajar belajar untuk
menyimak instruksi yang disampaikan oleh guru secara lisan kemudian
mempraktikkannya |
Profil Pelajar Pancasila |
Mandiri : Mengidentifikasi dan
menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif |
Glosarium |
Instruksi : perintah atau arahan (untuk melakukan
pekerjaan atau melaksanakan tugas) |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu
memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu
meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan
bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1.2
Pelajar dapat memilih teks yang disukainya terkait topik menjaga kesehatan
diri dan menentukan informasi penting
dari teks audiovisual dan teks aural (teks yang dibacakan) tersebut.
|
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit) |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa kunci :
menentukan informasi penting, teks audiovisual, teks aural ·
Topik/Konten Inti :
informasi penting ·
Penjelasan singkat :
Fokus pembelajaran adalah menemukan dan menentukan informasi penting dari
sebuah teks audiovisual dan teks aural. Kegiatan yang disarankan adalah
pemberian pertanyaan – pertanyaan pemantik dari guru terkait isi teks. |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis :
Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana. |
Glosarium |
·
informasi :
pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu ·
instruksi : perintah atau
arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas) |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu
memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu
meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan
bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1.3
Pelajar dapat membuat simpulan sederhana dari teks naratif yang sesuai
jenjangnya serta sesuai dengan minat Pelajar (beragam topik yang dapat
ditawarkan pada siswa adalah panca indera dan anggota tubuh, peran diri dan
anggota keluarga dalam lingkungan terdekat, benda hidup dan benda mati, cuaca
dan siang malam dan perubahan waktu) |
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit) |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa kunci :
simpulan sederhana, teks naratif ·
Topik / Konten Inti :
Membuat/menulis simpulan sederhana dari teks naratif ·
Penjelasan Singkat :
Fokus pembelajaran adalah Pelajar membuat/menulis simpulan sederhana
berdasarkan informasi penting yang diperolehnya dari teks naratif.
Sebelumnya, guru perlu mengidentifikais bakat serta minat Pelajar untuk
menyesuaikan teks naratif yang dapat dipilih oleh siswa. |
Profil Pelajar Pancasila |
Kreatif : Menghasilkan karya
dan tindakan sesuai dengan minat dan kesukaannya,serta untuk mengekspresikan
pikiran dan/atau perasaannya |
Glosarium |
·
Simpulan : hasil
menyimpulkan; kesimpulan ·
Teks naratif : teks yang
tidak bersifat dialog, dan isinya merupakan suatu kisah sejarah, deretan
peristiwa, dan sebagainya |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan berbahasa
untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan
orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami
dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi
dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan
penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra
dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1.4 Pelajar dapat mengklasifikasi kosa
kata tentang anggota tubuh dan
pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan,
slogan sederhana, dan/atau syair lagu) |
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit) |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa kunci : kosa
kata anggota tubuh, panca indra, eksplorasi lingkungan (lingkungan alam dan
lingkungan buatan) ·
Topik/Konten Inti :
Mengklasifikasi kosa kata ·
Penjelasan Singkat :
Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar mengidentifikasi kata – kata yang
sering digunakan dan kata – kata baru yang didapat dari teks kemudian
mengklasifikasikannya dalam kelompok kosa kata anggota tubuh dan panca indra. |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar kritis :
Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana. |
Glosarium |
Indra : alat pembantu untuk
melihat (mata), alat pembantu untuk mengecap (lidah), alat pembantu untuk
membau (hidung), alat pembantu untuk mendengar (telinga), dan alat pembantu
untuk merasakan ( indra peraba). |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu
memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu
meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan
bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1.5* Pelajar dapat merangkai suku kata
(kombinasi kv dan kvk) menjadi kata yang sering ditemui. (kosa kata dan kata
yang diambil mengenai benda hidup dan benda mati di sekitar siswa) |
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit) |
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa Kunci : suku
kata, kata yang sering ditemui, kombinasi (kv dan kvk) ·
Topik/ Konten Inti :
merangkai suku kata menjadi kata yang sering ditemui ·
Penjelasan Singkat :
Fokus pembelajaran ini, Pelajar belajar untuk mengidentifikasi pola
pembentukan suku kata, terutama pola kombinasi (kv dan kvk). Guru dapat
memulai dengan menampilkan beberapa gambar dan kata dengan kombinasi kv dan
kvk. |
Profil Pelajar Pancasila |
Kreatif : Menggabungkan beberapa
gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk
mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. |
Glosarium |
Kombinasi : gabungan beberapa
hal (pengertian, perkara, warna, pasukan, dan sebagainya) |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu
memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi
dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan
penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra
dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1.6
Pelajar dapat menuliskan namanya sendiri dan mengungkapkan perkenalan diri
serta keluarganya secara lisan dan t |
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)
|
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa Kunci :
menuliskan nama, perkenalan diri, keluarga ·
Topik/Konten Inti :
menuliskan namanya sendiri dan mengungkapkan perkenalan diri serta
keluarganya ·
Penjelasan Singkat :
Fokus pembelajaran ini, Pelajar belajar menuliskan kata sederhana yaitu
namanya sendiri sekaligus menggunakannya untuk ungkapan perkenalan diri dan
keluarganya |
Profil Pelajar Pancasila |
Berkebhinekaan global :
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai
macam kelompok di lingkungan sekitarnya, serta cara orang
lain berperilaku dan berkomunikasi dengannya. |
Glosarium |
Istilah kekerabatan dalam
keluarga, seperti : Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Nenek, Kakek, Paman, Tante |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu
memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu
meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan
bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1.7
Pelajar dapat menceritakan ulang sebuah cerita atau pengalamannya sehari –
hari disertai penggunaan waktu (nama hari dna bulan) secara lisan atau tulis.
. |
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)
|
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa Kunci :
menceritakan ulang, cerita atau pengalaman sehari - hari ·
Topik/Konten Inti :
menceritakan ulang ·
Penjelasan Singkat :
Fokus pembelajaran ini, Pelajar belajar untuk memilih sebuah cerita yang
menarik baginya kemudian menceritakan ulang dengan menggunakan kata – kata
sendiri, bisa juga obyek cerita bersumber dari pengalaman sehari – seharinya,
namun guru perlu membimbing agar siswa menceritakan pengalaman yang menarik
dan menyenangkan bagi dirinya. |
Profil Pelajar Pancasila |
Kreatif : Menggabungkan
beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk
mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya |
Glosarium |
|
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan berbahasa
untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan
orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami
dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi
dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan
penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra
dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1.8
Pelajar dapat menggunakan kata tanya “apa” dan “mengapa” untuk memperjelas
pemahaman terhadap penjelasan yang disampaikan oleh guru, teman, dan orang
dewasa di sekitarnya. (Topik yang disarankan adalah cuaca dan siang malam). |
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)
|
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa kunci : kata
tanya, memperjelas pemahaman, penjelasan ·
Topik/Konten Inti :
Menggunakan kata tanya “Apa” dan “Mengapa” ·
Penjelasan singkat :
Fokus pembelajaran ini, Pelajar belajar untuk memperjelas pemahamannya sesuai
dengan penjelasan yang disampaikan oleh guru, teman, dan orang dewasa di
sekitarnya dengan menggunakan kata tanya yang dikuasainya. |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar kritis : Mengajukan
pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu
permasalahan mengenai diri dan lingkungan
sekitarnya. |
Glosarium |
Apa : kata tanya untuk
menanyakan nama (jenis, sifat) sesuatu Mengapa : kata tanya untuk
menanyakan sebab, alasan, atau perbuatan |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu
memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu
meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan
bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1. 9 Pelajar dapat memberikan
jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh teman, guru, dan orang dewasa di
sekitarnya dengan suara yang keras dan jelas namun santun. (Pertanyaan
terkait dengan topik cuaca dan siang malam) |
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)
|
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa Kunci :
jawaban, santun ·
Topik/Konten Inti :
Menjawab pertanyaan yang diajukan orang lain ·
Penjelasan Singkat :
Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar untuk memberikan jawaban atas
pertanyaan yang diajukan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya
dengan suara yang keras dan jelas namun santun. |
Profil Pelajar Pancasila |
Akhlak kepada manusia :
Mengenali perbedaan fisik dan sikap antara dirinya dengan orang lain dan
mengekspresikannya secara positif. Mendengarkan dengan
baik pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang
dimilikinya. |
Glosarium |
Santun : halus dan baik (budi
bahasanya, tingkah lakunya); sabar dan tenang; sopan |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu
memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu
meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan
bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan Pembelajaran
|
1.10 Pelajar dapat memberikan
tanggapan atas komentar orang lain sesuai dengan konteksnya. (Tanggapan
didasarkan pada topik cuaca dan siang malam
|
Perkiraan Jumlah Jam |
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)
|
Kata/Frasa Kunci,
Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat
|
·
Kata/Frasa Kunci :
tanggapan, komentar, konteks ·
Topik/Konten Inti :
Memberikan tanggapan atas komentar orang lain sesuai konteksnya ·
Penjelasan Singkat :
Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar untuk memberikan tanggapan atas
komentar yang diberikan orang lain sesuai konteksnya/relevan |
Profil Pelajar Pancasila |
Akhlak kepada manusia :
Mengenali perbedaan fisik dan sikap antara dirinya dengan orang lain dan
mengekspresikannya secara positif. Mendengarkan dengan
baik pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang
dimilikinya. |
Glosarium |
Tanggapan : sambutan terhadap
ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya) Konteks : situasi yang ada
hubungannya dengan suatu kejadian |
Comments
Post a Comment