Skip to main content

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Rasional :

Kurikulum  2013  mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  secara  umum  bertujuan  agar  siswa  mampu mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan  berdasarkan  tiga  hal  lingkup  materi  yang  saling  berhubungan  dan saling  mendukung  pengembangan  kompetensi  pengetahuan  kebahasaan  dan  kompetensi  keterampilan  berbahasa  (mendengarkan,  membaca,  memirsa,  berbicara,  dan  menulis)  siswa.  Kompetensi  sikap  secara  terpadu  dikembangkan  melalui  kompetensi  pengetahuan kebahasaan  dan  kompetensi  keterampilan  berbahasa.  Ketiga  hal  lingkup  materi  tersebut adalah bahasa  (pengetahuan  tentang  Bahasa  Indonesia);  sastra  (pemahaman,  apresiasi, tanggapan,  analisis,  dan  penciptaan  karya  sastra);  dan  literasi  (perluasan  kompetensi  berbahasa  Indonesia  dalam  berbagai  tujuan,  khususnya  yang  berkaitan  dengan  membaca dan menulis)

Kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir merupakan fondasi dari kemampuan literasi. Semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial menggunakan kemampuan literasi. Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial budaya Indonesia. Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara dan mempresentasikan untuk berbagai tujuan, berbasis genre yang terkait dengan penggunaan bahasa dalam kehidupan. Setiap genre memiliki tipe teks yang didasarkan pada alur pikir—struktur—khas teks tertentu. Tipe teks merupakan alur pikir yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Model utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah pedagogi genre. Model ini memiliki empat tahapan, yaitu: penjelasan (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction). Di samping pedagogi genre, pembelajaran bahasa Indonesia dapat dikembangkan dengan model-model lain sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu. Pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia akan membentuk pribadi Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1.1* Pelajar dapat menjelaskan dan mempraktikkan instruksi lisan yang diberikan guru terkait aktivitas pengelolaan diri: ciri fisik manusia, fungsi anggota tubuh, dan merawat kebersihan tubuh dengan menggunakan kata – kata sendiri

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa kunci : instruksi lisan, pengelolaan diri, merawat tubuh

·         Topik/Konten Inti : Menjelaskan dan mempraktikkan instruksi lisan

·         Penjelasan Singkat : Fokus pada pembelajaran ini, Pelajar belajar untuk menyimak instruksi yang disampaikan oleh guru secara lisan kemudian mempraktikkannya

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri : Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif

Glosarium

Instruksi : perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas)

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1.2 Pelajar dapat memilih teks yang disukainya terkait topik menjaga kesehatan diri dan menentukan informasi penting dari teks audiovisual dan teks aural (teks yang dibacakan) tersebut.

 

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa kunci : menentukan informasi penting, teks audiovisual, teks aural

·         Topik/Konten Inti : informasi penting

·         Penjelasan singkat : Fokus pembelajaran adalah menemukan dan menentukan informasi penting dari sebuah teks audiovisual dan teks aural. Kegiatan yang disarankan adalah pemberian pertanyaan – pertanyaan pemantik dari guru terkait isi teks.

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis : Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana.

Glosarium

·         informasi : pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu

·         instruksi : perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas)

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1.3 Pelajar dapat membuat simpulan sederhana dari teks naratif yang sesuai jenjangnya serta sesuai dengan minat Pelajar (beragam topik yang dapat ditawarkan pada siswa adalah panca indera dan anggota tubuh, peran diri dan anggota keluarga dalam lingkungan terdekat, benda hidup dan benda mati, cuaca dan siang malam dan perubahan waktu)

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa kunci : simpulan sederhana, teks naratif

·         Topik / Konten Inti : Membuat/menulis simpulan sederhana dari teks naratif

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran adalah Pelajar membuat/menulis simpulan sederhana berdasarkan informasi penting yang diperolehnya dari teks naratif. Sebelumnya, guru perlu mengidentifikais bakat serta minat Pelajar untuk menyesuaikan teks naratif yang dapat dipilih oleh siswa.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif : Menghasilkan karya dan tindakan sesuai dengan minat dan kesukaannya,serta untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya

Glosarium

·         Simpulan : hasil menyimpulkan; kesimpulan

·         Teks naratif : teks yang tidak bersifat dialog, dan isinya merupakan suatu kisah sejarah, deretan peristiwa, dan sebagainya

 

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1.4  Pelajar dapat mengklasifikasi kosa kata  tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu)

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa kunci : kosa kata anggota tubuh, panca indra, eksplorasi lingkungan (lingkungan alam dan lingkungan buatan)

·         Topik/Konten Inti : Mengklasifikasi kosa kata

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar mengidentifikasi kata – kata yang sering digunakan dan kata – kata baru yang didapat dari teks kemudian mengklasifikasikannya dalam kelompok kosa kata anggota tubuh dan panca indra.

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar kritis : Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana.

Glosarium

Indra : alat pembantu untuk melihat (mata), alat pembantu untuk mengecap (lidah), alat pembantu untuk membau (hidung), alat pembantu untuk mendengar (telinga), dan alat pembantu untuk merasakan ( indra peraba).

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1.5*  Pelajar dapat merangkai suku kata (kombinasi kv dan kvk) menjadi kata yang sering ditemui. (kosa kata dan kata yang diambil mengenai benda hidup dan benda mati di sekitar siswa)

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : suku kata, kata yang sering ditemui, kombinasi (kv dan kvk)

·         Topik/ Konten Inti : merangkai suku kata menjadi kata yang sering ditemui

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini, Pelajar belajar untuk mengidentifikasi pola pembentukan suku kata, terutama pola kombinasi (kv dan kvk). Guru dapat memulai dengan menampilkan beberapa gambar dan kata dengan kombinasi kv dan kvk.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif : Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

Glosarium

Kombinasi : gabungan beberapa hal (pengertian, perkara, warna, pasukan, dan sebagainya)

 

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1.6 Pelajar dapat menuliskan namanya sendiri dan mengungkapkan perkenalan diri serta keluarganya secara lisan dan t

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

 

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : menuliskan nama, perkenalan diri, keluarga

·         Topik/Konten Inti : menuliskan namanya sendiri dan mengungkapkan perkenalan diri serta keluarganya

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini, Pelajar belajar menuliskan kata sederhana yaitu namanya sendiri sekaligus menggunakannya untuk ungkapan perkenalan diri dan keluarganya

Profil Pelajar Pancasila

Berkebhinekaan global : Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai macam kelompok di lingkungan

sekitarnya, serta cara orang lain berperilaku dan berkomunikasi dengannya.

Glosarium

Istilah kekerabatan dalam keluarga, seperti : Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Nenek, Kakek, Paman, Tante

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1.7 Pelajar dapat menceritakan ulang sebuah cerita atau pengalamannya sehari – hari disertai penggunaan waktu (nama hari dna bulan) secara lisan atau tulis. .

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

 

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : menceritakan ulang, cerita atau pengalaman sehari - hari

·         Topik/Konten Inti : menceritakan ulang

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini, Pelajar belajar untuk memilih sebuah cerita yang menarik baginya kemudian menceritakan ulang dengan menggunakan kata – kata sendiri, bisa juga obyek cerita bersumber dari pengalaman sehari – seharinya, namun guru perlu membimbing agar siswa menceritakan pengalaman yang menarik dan menyenangkan bagi dirinya.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif : Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran

dan/atau perasaannya

Glosarium

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1.8 Pelajar dapat menggunakan kata tanya “apa” dan “mengapa” untuk memperjelas pemahaman terhadap penjelasan yang disampaikan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya. (Topik yang disarankan adalah cuaca dan siang malam).

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

 

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa kunci : kata tanya, memperjelas pemahaman, penjelasan

·         Topik/Konten Inti : Menggunakan kata tanya “Apa” dan “Mengapa”

·         Penjelasan singkat : Fokus pembelajaran ini, Pelajar belajar untuk memperjelas pemahamannya sesuai dengan penjelasan yang disampaikan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya dengan menggunakan kata tanya yang dikuasainya.

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar kritis : Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan

mengenai diri dan lingkungan sekitarnya.

Glosarium

Apa : kata tanya untuk menanyakan nama (jenis, sifat) sesuatu

Mengapa : kata tanya untuk menanyakan sebab, alasan, atau perbuatan

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1. 9 Pelajar dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh teman, guru, dan orang dewasa di sekitarnya dengan suara yang keras dan jelas namun santun. (Pertanyaan terkait dengan topik cuaca dan siang malam)

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

 

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : jawaban, santun

·         Topik/Konten Inti : Menjawab pertanyaan yang diajukan orang lain

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya dengan suara yang keras dan jelas namun santun.

Profil Pelajar Pancasila

Akhlak kepada manusia : Mengenali perbedaan fisik dan sikap antara dirinya dengan orang lain dan mengekspresikannya secara

positif. Mendengarkan dengan baik pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya.

Glosarium

Santun : halus dan baik (budi bahasanya, tingkah lakunya); sabar dan tenang; sopan

 

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam

Tujuan Pembelajaran

 

1.10 Pelajar dapat memberikan tanggapan atas komentar orang lain sesuai dengan konteksnya. (Tanggapan didasarkan pada topik cuaca dan siang malam

 

 

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit)

 

Kata/Frasa Kunci, Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat

 

·         Kata/Frasa Kunci : tanggapan, komentar, konteks

·         Topik/Konten Inti : Memberikan tanggapan atas komentar orang lain sesuai konteksnya

·         Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar belajar untuk memberikan tanggapan atas komentar yang diberikan orang lain sesuai konteksnya/relevan

Profil Pelajar Pancasila

Akhlak kepada manusia : Mengenali perbedaan fisik dan sikap antara dirinya dengan orang lain dan mengekspresikannya secara

positif. Mendengarkan dengan baik pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya.

Glosarium

Tanggapan : sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya)

Konteks : situasi yang ada hubungannya dengan suatu kejadian

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengajarka

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)                         Semester                       : 1 (Satu) A.       Standar Kompetensi 1.          Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. B.        Kompetensi Dasar 1.1        Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabe l (SPLDV) . C.       Indikator 1.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode grafik . 2.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode substitusi . 3.          Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabe l ( SPLDV ) dengan metode eliminasi.

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.