Skip to main content

Makalah Portofolio Belajar Matematika


I. Pendahuluan

  • Pengantar tentang tujuan dan konteks pembuatan makalah portofolio ini.
  • Penjelasan mengapa Anda memilih matematika sebagai fokus pembelajaran.

II. Tujuan Portofolio

  • Menjelaskan tujuan dari pembuatan portofolio ini.
  • Mengapa Anda memutuskan untuk menggabungkan berbagai jenis karya dalam portofolio matematika Anda.

III. Refleksi Awal

  • Merenung tentang pandangan awal Anda terhadap matematika sebelum memulai portofolio ini.
  • Apa yang Anda rasakan tentang matematika, keterampilan apa yang ingin Anda kuasai, dan tantangan apa yang Anda harapkan.

IV. Karya-karya dan Proyek Matematika

  • Deskripsikan setiap karya atau proyek matematika yang Anda pilih untuk dimasukkan dalam portofolio.
  • Berikan deskripsi tentang konteks, tujuan, dan langkah-langkah yang Anda ambil untuk menyelesaikan setiap karya atau proyek.
  • Sertakan hasil akhir, seperti grafik, rumus, atau solusi matematika yang telah Anda hasilkan.

V. Refleksi atas Setiap Karya

  • Menceritakan pengalaman Anda dalam menyelesaikan setiap karya atau proyek.
  • Bagaimana karya tersebut membantu Anda memahami konsep matematika tertentu?
  • Apa yang Anda pelajari dari setiap tantangan yang dihadapi selama pengerjaan karya atau proyek?

VI. Pengembangan Keterampilan Matematika

  • Identifikasi keterampilan matematika yang paling Anda kuasai setelah menyelesaikan karya-karya dalam portofolio.
  • Jelaskan bagaimana setiap karya atau proyek berkontribusi pada pengembangan keterampilan tersebut.

VII. Hasil dan Pencapaian

  • Gambarkan bagaimana portofolio ini membantu Anda dalam mencapai tujuan yang Anda tetapkan awalnya.
  • Sertakan ilustrasi konkret tentang bagaimana pemahaman matematika Anda telah meningkat.

VIII. Refleksi Akhir

  • Merenung tentang perubahan pandangan dan perasaan Anda tentang matematika setelah menyelesaikan portofolio ini.
  • Bagaimana portofolio ini membantu Anda mengatasi ketakutan atau kesulitan dalam matematika?
  • Apa yang Anda harapkan untuk pelajari lebih lanjut di masa depan?

IX. Kesimpulan

  • Menyimpulkan perjalanan belajar matematika Anda melalui pembuatan portofolio ini.
  • Menegaskan kembali tujuan-tujuan yang telah dicapai dan pembelajaran yang diambil dari proses ini.

X. Daftar Pustaka (jika diperlukan)

  • Daftar sumber-sumber atau referensi yang Anda gunakan dalam portofolio.

Pastikan untuk menjelaskan dengan jelas setiap karya atau proyek matematika yang Anda sertakan, serta berikan refleksi mendalam tentang proses dan hasil pembelajaran Anda. Juga, pastikan bahwa bahasa dan struktur makalah tetap koheren dan mudah dipahami.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...