Skip to main content

soal ujian smester sastra dan seni karya. serta kunci jawaban

UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Nama Sekolah

:

..............................................

Mata Pelajaran

:

..........................

Hari/Tanggal

:

..............................................

Kelas

:

VIII (Delapan)

 

1.    Salah satu kelebihan menggunakan bahan lunak untuk membuat kerajinan yaitu...

A.  Harganya mahal

B.  Sukar diperoleh

C.  Mudah dibentuk

D.  Bentuknya unik

2.    Segala bentuk kerajinan yang digunakan untuk alat, wadah dan busana pada umumnya memiliki fungsi sebagai…

A.  Benda hias

B.  Benda pakai

C.  Benda ekonomi

D.  Benda kerajinan murni

3.    Bahan lunak buatan dibandingkan bahan lunak alami lebih cepat berkembang, hal ini disebabkan karena bahan lunak buatan memiliki kelebihan yakni...

A.  Daya jualnya rendah

B.  Kurang ekonomis

C.  Lebih praktis

D.  Tersedia banyak di alam

4.    Bahan kerajinan berupa sabun dapat diparut / dihaluskan dan dibentuk seperti...

A.  Tanah liat

B.  Lilin

C.  Fiberglass

D.  Flour clay 

5.    Jenis bahan lunak yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan terdiri dari bahan lunak alam dan bahan lunak...

A.  Kasar

B.  Buatan

C.  Alami

D.  Serat

6.        Berikut yang bukan contoh kerajinan dari bahan lunak adalah...

A.    Tanah liat

B.     Kulit

C.     Sedotan

D.    Lilin

 

7.        Ciri – ciri kerajinan berbahan lunak adalah...

A.    Mudah didapat

B.     Harganya murah

C.     Bentuknya bagus

D.    Mudah dibentuk

8.        Karya kerajinan sebagai benda pakai dan karya kerajinan sebagai benda hias, merupakan...

A.    Fungsi produk kerajinan dari bahan lunak.

B.     Tujuan produk keagamaan dari bahan lunak.

C.     Fungsi produk kerajinan dari bahan kasar.

D.    Fungsi produk kerajinan dari bahan buatan.

9.        Tas, sepatu, jaket dan dompet termasuk hasil kerajinan berbahan lunak alami yang berasal dari...

A.    Serat alam

B.     Lilin

C.     Tanah liat

D.    Polymer clay

10.    Segala bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah atau dikenakan sebagai pelengkap busana disebut kerajinan sebagai...

A.    Benda hias

B.     Benda ekonomi

C.      Benda pakai

D.    Benda pengaman

11.    Pengertian teknik casting dalam memproduksi kerajinan dari gipsum sebagai bahan lunak adalah teknik membuat kerajinan dengan cara...

A.    Mengukir gipsum.

B.     Menuang gipsum pada sebuah cetakan.

C.     Menuang gipsum yang dilanjutkan pengukiran.

D.    Menuang gipsum pada sebuah model yang terbuat dari tanah liat.

12.    Ukirlah bagian – bagian sehingga membentuk hidung, mata, telinga dan sebagainya. Langkah tersebut terdapat pada proses membuat kerajinan...

A.    Patung berbahan gipsum

B.     Keramik etnik Nusantara

C.     Kerajinan tenun

D.    Lukisan

13.    Prosesnya harus dicairkan dahulu jika ingin dibentuk. Hal ini merujuk pada kerajinan...

A.    Tanah liat

B.     Gips

C.     Lilin

D.    Sabun

 

14.    Berikut yang bukan ciri – ciri dari jiwa kewirausahaan yang ingin sukses dalam menerjuni bidang keramik berbahan lunak...

A.    Berjiwa kreatif

B.     Berjiwa inovatif

C.     Bersikap tanpa perencanaan

D.    Memiliki ketekunan yang tinggi

15.    Berikut yang bukan teknik membuat keramik adalah...
A. Pijit
B. Cetak
C. Putar
D. Anyam

16.    Berikut kerajinan yang tidak diproduksi dengan teknik ukir atau pahat adalah…

A.  Lilin

B.  Sabun

C.  Gipsum

D.  Pelepah pisang

17.    Berikut ini yang bukan termasuk produk kerajinan dari bahan tanah liat adalah...

A.    Guci

B.     Vas bunga

C.     Lukisan sulam

D.    Lampu interior

18.    Contoh kerajinan berbahan lunak alami adalah...

A.    Anyaman mendong

B.     Lilin hias

C.     Miniatur dari styrofoam

D.    Perosotan

19.    Berbentuk lempengan, tidak berwarna dan tidak beracun termasuk karakteristik bahan lunak yaitu...

A.  Parafin

B.  Tanah liat

C.  Sabun batangan

D.  Lilin

20.    Pak Ahmad ingin membuat keramik dalam jumlah banyak namun dalam waktu yang relatif singkat dengan bentuk dan ukuran yang relatif sama pula, teknik yang seharusnya digunakan oleh pak Ahmad adalah...

A.  Teknik pilin

B.  Teknik pijit tekan

C.  Teknik lempengan

D.  Teknik cetak

 

21.    Kerajinan berbahan lunak menggunakan bahan dasar yang bersifat...

A.  Lunak

B.  Keras

C.  Keras dan lunak

D.  Baik

22.    Merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat, yaitu...

A.    Gips

B.     Tanah liat

C.     Kulit

D.    Serat alam

23.    Bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan disebut...

A.  Bahan lunak buatan

B.  Bahan lunak alami

C.  Bahan keras buatan

D.  Bahan keras alami

24.    Dibawah ini yang merupakan tujuan pengemasan keramik adalah...

A.  Keramik bisa diangkat.

B.  Membuat perlindungan bagi keramik.

C.  Keramik dapat dibedakan dengan produk lainnya.

D.  Keramik diperbolehkan untuk diekspor ke luar negeri.

25.    Berikut yang bukan ciri-ciri bahan kaca dan plastik adalah ….

A.  Dapat dimanfaatkan menjadi barang kerajinan

B.   Merupakan sampah anorganik

C.   Merupakan zat hayati

D.   Sulit diurai

26.     Kerajinan bahan keras terbagi menjadi dua bagian, yaitu bahan keras alami dan bahan keras buatan. Berikut ini yang termasuk bahan keras alami adalah …

A.  Kaca

B.  Semen

C.  Pasir

D.  Timah

27.    Alat yang digunakan untuk membuat hiasan dari kerang yang berfungsi mengaluskan permukaan kerang adalah ….

A.  Lem

B.   Bor

C.   Pisau

D.   Amplas

 

 

28.    Produk kerajinan yang tidak dapat dihasilkan dari limbah botol plastik adalah ….

A.    Pot tanaman

B.     Tempat minum

C.     Tempat pensil

D.     Mainan anak-anak

29.    Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1.            Memiliki sepasang cangkang

2.            Memiliki otot aduktor

3.            Memiliki otak

4.            Bergerak menggunakan organ pipih (kaki kapak)

5.            Memiliki tangan

Yang merupakan ciri-ciri kerang adalah ….

A.    1,2, dan 3

B.     1,4, dan 5

C.     1,2, dan 4

D.    3,4, dan 5

30.    Kegiatan membuat tiruan benda atau objek model pada bidang datar dengan alat yang menghasilkan jejak yang jelas

Merupakan pengertian dari ....

A.    menggambar bentuk

B.     menggambar model

C.     menggambar dekoratif

D.    menggambar imajinatif

31.    Agar supaya hasil yang dicapai dalam menggambar model sesuai dengan objek yang digambar, maka diperlukan ...

A.    Ketelitian

B.     Ketekunan

C.     Kecerdasan

D.    jawaban A dan B benar

32.    Kegiatan awal dalam menggambar model adalah ....

A.    menentukan objek model

B.     membuat sketsa

C.     memberikan warna tertentu

D.    memperjelas objek sesuai dengan karakter

33.    Berikut pernyataan yang benar tentang gambar model adalah ....

A.    satu- satunya objek gambar model adalah manusia

B.     gambar model harus disusun sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan dan irama yang baik

C.     menggambar model dapat dilakukan dengan mengimajinasikan objek yang akan digambar

D.    setiap objek gambar model memiliki struktur dan bentuk yang sama

34.    Memindahkan objek/benda-benda yang ada disekitar kita dengan tepat seperti keadaan benda yang sebenarnya, menurut arah pandang dan cahaya yang ada merupakan pengertian dari ....

A.    menggambar imajinatif

B.     menggambar objek

C.     menggambar bentuk

D.    menggambar dekoratif

D.

35.    Contoh dari bentuk bentuk objek gambar alam benda adalah ....

A.    bola, kubus, kerucut

B.     manusia pohon, bola

C.     bujur sangkar, manusia, hewan

D.    hewan, kerucut, kubus

36.    Agar gambar nampak seperti model tiga dimensi atau memiliki kesan ruang pada model, maka gambar harus memiliki....

A.    ukuran dan presisi yang benar

B.     pencahayaan yang menimbulkan efek bayangan

C.     warna yang cerah

D.    struktur dan bidang dasar yang sama dengan objek aslinya

37.    Pada saat menggambar model alam benda, maka ....

A.    dituntut ketepatan bentuk dan karakter objek yang digambar

B.     model gambar diletakkan sesuai dengan jarak pengamatan mata

C.     detail dari setiap objek yang digambar harus diamati dengan baik

D.     semua jawaban benar

38.    Berikut ini yang tidak termasuk prinsip yang harus diperhatikan dalam menggambar model adalah ....

A.    Komposisi

B.     Proporsi

C.     Kedalaman

D.    Keseimbangan

39.    Cara menyusun dan mengatur objek yang digunakan sebagai model gambar sehingga hasilnya tampak menarik dan indah disebut ....

A.    Kesatuan

B.     Komposisi

C.     Keseimbangan

D.    proporsi

40.    Gambar yang memperjelas ide cerita atau narasi disebut sebagai gambar ....

A.    Bentuk

B.     Model

C.     Ilustrasi

D.    Dekoratif

 

41.    Berikut ini yang merupakan tujuan dari gambar ilustrasi adalah ....

A.    memperjelas maksud dan makna cerita melalui bahasa visual

B.     membuat tiruan benda atau objek model sehingga tampak seperti aslinya

C.     membuat pesan- pesan tertentu yang bersifat kritik

D.    menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi saat ini

42.    Salah satu hal yang membuat gambar ilustrasi dikatakan baik adalah bahwa gambar tersebut ....

A.    mirip seperti objek aslinya

B.     memiliki skala ukuran yang seimbang

C.     dapat membantu pembaca dalam berimajinasi tentang cerita

D.    mampu mengajak khalayak ramai untuk berbuat sesuatu

43.    Objek yang dapat digunakan dalam gambar ilustrasi adalah ....

A.    Manusia

B.     Hewan

C.     tumbuh- tumbuhan

D.    semua jawaban benar

44.    Penggunaan teknologi digital dalam pembuatan gambar ilustrasi memiliki kelebihan, salah satunya adalah tampilan dalam gambar yang ....

A.    Kusam

B.     Cerah

C.     Halus

D.     jawaban B dan C benar

45.    Jenis gambar ilustrasi berupa tokoh manusia maupun hewan yang berisikan cerita- cerita humor dan bersifat menghibur adalah ....

A.    Karikatur

B.     Komik

C.     Kartun

D.    ilustrasi karya sastra

46.    Gambar ilustrasi yang menampilkan karakter yang dilebih- lebihkan, lucu, unik dan kadang mengandung kritikan maupun sindiran merupakan jenis gambar ilustrasi yaitu ....

A.    karikatur

B.     komik

C.     kartun

D.    vignette

47.    Bentuk gambar ilustrasi dalam bentuk komik memiliki ciri khas yaitu ....

A.    saling melengkapi

B.     memiliki alur cerita

C.     gambar yang mirip dengan objek aslinya

D.    jawaban A dan B benar

 

 

48.    Karya sastra berupa cerita pendek, puisi, dan sajak akan nampak lebih menarik apabila disertai dengan gambar ilustrasi. Pemberian gambar ilustrasi pada karya sastra bertujuan untuk ....

A.    memberi penguatan dan mempertegas isi atau narasi pada materi

B.     memberikan kritikan pada pihak- pihak tertentu

C.     menampilkan keunikan dan kelucuan dari karya sastra itu sendiri

D.    melengkapi alur cerita yang disampaikan

49.    Salah satu hal yang diperhatikan dalam menggambar tokoh manusia agar tampak lebih wajar dan tidak terkesan kaku adalah ....

A.    memahami anatomi

B.     memperhatikan karakter

C.     menggunakan alat gambar yang memadai

D.    jawaban A dan B benar

50.    Alat dan bahan untuk menggambar ilustrasi dengan teknik kering adalah ....

A.    pensil, arang, tinta bak

B.     krayon kapur, pensil

C.     cat poster, pensil, cat akrilik

D.    cat minyak, pensil, arang, kapur

51.    Perbedaan antara teknik kering dan basah dalam pembuatan gambar ilustrasi adalah ....

A.    penggunaan media untuk tempat menggambar

B.     penggunaan air 

C.     hasil yang dicapai

D.    proses penggambaran

52.    Untuk menggambar ilustrasi dengan karakter tegas pada garis- garis gambar digunakan ....

A.    Krayon

B.     Pulpen

C.     Charcoal

D.    arang

53.    Perhatikan tahapan menggambar ilustrasi berikut ini,

(1)   Menentukan tema gambar berdasarkan cerita atau narasi

(2)   Menentukan irama, komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan pada objek gambar

(3)   Menggambar sketsa global yang disesuaikan dengan cerita atau narasi.

(4)   Menentukan jenis gambar ilustrasi yang akan dibuat

(5)   Memberikan arsiran atau warna pada objek gambar sesuai karakter cerita.

Urutan yang benar dalam menggambar ilustrasi adalah ....

A.    (1) - (4) - (2) - (3) - (5)

B.     (1) - (2) - (2) - (4) - (5)

C.     (1) - (5) - (2) - (3) - (4)

D.    (1) - (4) - (2) - (5) - (3) 

 

 

 


Kunci Jawaban;

1.      C. Mudah dibentuk

2.      B. Benda pakai

3.      C. Lebih praktis

4.      B. Lilin

5.      B. Buatan

6.      C. Sedotan

7.      D. Mudah dibentuk

8.      A. Fungsi produk kerajinan dari bahan lunak.

9.      A. Serat alam

10.  C. Benda pakai

11.  B. Menuang gipsum pada sebuah cetakan.

12.  A. Patung berbahan gipsum

13.  B. Gips

14.  C. Bersikap tanpa perencanaan

15.  D. Anyam

16.  D. Pelepah pisang

17.  C. Lukisan sulam

18.  A. Anyaman mendong

19.  A. Parafin

20.  D. Teknik cetak

21.  A. Lunak

22.  A. Gips

23.  B. Bahan lunak alami

24.  B. Membuat perlindungan bagi keramik.

25.  C

26.  C

27.  D

28.  B

29.  C

30.  B

31.  D

32.   A

33.  B

34.  C

35.  A

36.  B

37.  D

38.  C

39.  B

40. C

41.  A

42.   C

43.   D

44.  D

45.  C

46.   A

47.   D

48. A

49.  D

50.   B

51. B

52.  B

53.   A


 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)             ...