Skip to main content

contoh soal dan kunci jawaban moderasi beragama

1.        Moderasi beragama merupakan sesuatu yang kontradiktif dengan mengerti radikalisme beragama. Karena pemahaman yang tak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau asal tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang Islam. Pengertian dari radikalisme yang pas adalah ...

A.    Gejala umum yang dapat terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai bentuk penolakan terhadap gejala yang dihadapi

B.     Kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinasi

C.     Sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak ialah nilai politik yang utama

D.    Keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)

E.     Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.

Jawaban: A

2.        Kata moderasi berasal dari bahasa latin moderatio, yang berarti ke- sedang-an (tidak berlebihan dan tak kekurangan).

Lantas, yang dimaksud dengan moderasi beragama, adalah sebagai berikut ...

A.    Taklid

B.     Ekstrem

C.     Berlebih-lebihan

D.    Mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan

E.     Mengedepankan kesepakatan golongan dalam hal keyakinan

Jawaban: D

3. Ruang lingkup moderasi beragama antara lain...

A.    Keadilan, keseimbangan dan toleransi

B.     Keadilan, persatuan dan humanisme

C.     Ketuhanan, persatuan dan kerakyatan

D.    Iman, taqwa dan syari’at

E.     Iman, jamaah dan pedoman

Jawaban: A

4. Menggambarkan watak Islam adalah moderat dalam hal bertindak, dan kesimbangan dalam segala urusan yang baik tindakan, ucapan atau pikiran.

Hal berikut merupakan pengertian dari ...

A.    Keimanan

B.     Syari’at Islam

C.      Moderasi beragama

D.    Kerukunan beragama

E.     Ekstrimisme beragama

Jawaban : C

5. Moderasi Islam menjadi paham keagamaan keislaman yang mengewajantahkan ajaran Islam yang sangat esensial yaitu moderasi Islam yang lebih mengedepankan persaudaraan.

Dalam konteks kehidupan berbangsa, kita dihadapkan dengan masyarakat yang majemuk, tidak semua teman kita berasal dari agama yang sama. Dari uraian tersebut, merupakan penerapan dari...

A.    Moderasi beragama

B.     Moderasi Islam

C.     Moderasi dalam akidah

D.    Moderasi dalam syari’ah

E.     Moderasi dalam akhlak

Jawaban : E

6.  “Proses yang dinamis yang berlangsung sejalan dengan pertumbuhan

masyarakat itu sendiri” adalah pengertian dari...

A.    Kerukunan Keagamaan

B.     Kerukunan antar umat beragama

C.     Kerukunan hidup beragama

D.    Kerukunan beragama

Jawaban: C

 

7. Toleransi berasal dari bahasa latin yaitu dari kata..

A.    Tolerare

B.     Tolerance

C.     Tolerantion

D.    Tolerera

 

Jawaban: A

  

8.  Dalam bahasa arab toleransi biasa disebut..

A.    Tafkhim

B.     Istigfar

C.     Tasamuh

D.    Ta’awud

 

Jawaban: C

 

9. Kewajiban Negara dalam dalam hal agama adalah ….

A.    Mencampuri urusan agama

B.     Merusak kepercayaan setiap warganya

C.     Memenuhi dan melindungi hak atas kebebasan beragama dan kepercayaan

D.    Melakukan diskriminasi

 

Jawaban: C

 

10  Sikap yang ditunjukkan aparat penegak hukum dalam masalah agama

adalah ….

A.    Bertindak diskriminasi

B.     Tidak peduli

C.     Mendukung kehancuran suatu agama’

D.    Bertindak tegas dan tidak diskriminasi

 

Jawaban: D

 

11  Istilah agama yang berasal dari bahasa latin yang berarti “mengikat

kembali” adalah...

A.    Religio

B.     Religia

C.     Religius

D.    Religion

 

Jawaban: A

 

 

 

12  Nilai yang bersumber dari manusia adalah nilai...

A.    Ilahiyah

B.     Insaniyah

C.     Subjektif

D.    Hakiki

 

Jawaban: B

 

13  Inti dari suatu agama ialah ajaran yang digunakan suatu manusia

sebagai ... hidup

A.    Petunjuk

B.     Arahan

C.     Pedoman

D.    Tujuan

 

Jawaban: C

 

14  Al-Washatiyyah (moderat) dan Tawazun merupakan diantara karakteristik dalam ajaran Islam. Manakah pernyataan berikut yang benar ...

A.    Tawazun adalah Kemerdekaan

B.     Tawazun adalah Kebersamaan

C.     Tawazun merupakan Keseimbangan

D.     Tawazun adalah Ketawakalan

E.     E. Tawazun adalah Toleransi

Jawaban: C

15 Berikut ini adalah faktor penyebab terjadinya perilaku radikal, kecuali...

A.    Inklusif

B.     Bacaan yang salah terhadap sejarah umat islam yang dikombinasikan dengan idealisasi berlebihan terhadap umat islam pada masa tertentu

C.     Deprivasi politik, sosial dan ekonomi yang masih bertahan dalam masyarakat

D.     Pemahaman keagamaan yang literal, sepotong-sepotong terhadap ayat-ayat Al Quran

Jawaban: A

16  Moderasi Islam menjadi paham keagamaan keislaman yang mengejawantahkan ajaran islam yang sangat esensial yaitu moderasi Islam yang lebih mengedepankan persaudaraan.

Dalam konteks kehidupan berbangsa, kita dihadapkan dengan masyarakat yang majemuk, tidak semua teman kita berasal dari agama yang sama.

Dari uraian tersebut, merupakan bentuk penerapan dari...

A.    Moderasi beragama

B.     Moderasi Islam

C.     Moderasi dalam akidah

D.    Moderasi dalam syari'ah

E.     Moderasi dalam akhlak

Jawaban: E

17  Berikut ini adalah bentuk penjabaran dari diskursus moderasi beragama di indonesia ...

A.    Moderasi perkataan, gerakan, dan perbuatan

B.     Moderasi pemikiran, gerakan, dan perbuatan

C.     Moderasi pemikiran, pemahaman, dan perbuatan

D.    Moderasi pemikiran, gerakan, dan literasi

Jawaban: B

18. Diantara implementasi moderasi dalam level negara, adalah sebagai berikut ...

A.    Kesiapan mengikuti semua petunjuk-nya

B.     Diberi mandat untuk memimpin dan mengelola bumi

C.     Khalifah atau wakil tuhan di bumi

D.    Menciptakan kemashlahatan bersama

E.     Menciptakan sumber daya manusia yang moderat

Jawaban: E

 

19. Islam rahmatan lil'alamin sebagai solusi dalam bernegara dan toleransi. Pernyataan berikut benar, kecuali ...

A.    Mengedepankan interen beragama

B.     Mengokohkan bahwa ajarannya bersifat universal atau kebaikan untuk seluruh umat manusia, alam, dan lingkungan

C.     Berorientasi terhadap kemaslahatan, kebahagiaan dunia dan akhirat

D.    Wahyu ilahi (al-qur'an) sebuah gagasan yang sempurna tanpa kelemahan dan kekurangan, gagasan suci dan autentik, yang dimanifestasikan dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlandaskan nilai islam

Jawaban: A

20. Radikalisme menjadi paham yang harus diwaspadai dalam konsep moderasi beragama.

Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang islam dalam konteks radix atau akar tersebut, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang islam.

Sehingga yang dimaksud dari radikalisme adalah sebagai berikut ...

A.    Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan- tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.

B.     Keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)

C.     Kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinasi

D.    Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.

E.     sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama

Jawaban: A

21. Islam memiliki konsep dalam kehidupan yaitu islam rahmatan lil alamin. Mana pernyataan berikut yang benar ...

A.    Ajaran islam yang mendasar dan sekaligus menegakkan keseimbangan dalam penciptaan dan kesatuan kehidupan

B.     Mencintai tanah air sebagian dari iman

C.     Islam yang memberikan kedamaian dan menyebarkan nilai kasih sayang kepada seluruh alam

D.    Ajaran islam yang menyeluruh meliputi semua zaman, kehidupan, dan eksistensi manusia

E.     Teladan yang baik bagi umat manusia

Jawaban: C

22. Pandangan dan sikap keagamaan yang menonjolkan superioritas kelompok, menutup diri, dan tidak mengakui pandangan dan keberadaan kelompok lain yang berbeda keyakinan. Peryataan diatas merupakan pengertian dari ...

A.    Eksklusivisme beragama

B.     Intoleransi

C.      Ekstremisme beragama

D.    Ekstremisme kekerasan

E.     E. Terorisme

Jawaban: A

23. Berikut ini merupakan ciri-ciri utama dari radikalisme, kecuali...

A.    Mengklaim kebenaran tunggal dan menyesatkan kelompok lain yang tak sependapat

B.      Berlebihan dalam beragama yang tidak pada tempatnya

C.     Kasar dalam berinteraksi, keras dalam berbicara, dan emosional dalam berdakwah

D.     Individu ataupun kelompok sosial terjamin hak-haknya sebagai manusia yang merdeka dan bermartabat

E.     Mudah mengkafirkan orang lain yang berbeda pendapat

Jawaban: D.

24. Moderasi Islam menjadi paham keagamaan keislaman yang mengewajantahkan ajaran Islam yang sangat esensial yaitu moderasi Islam yang lebih mengedepankan persaudaraan. Dalam konteks kehidupan berbangsa, kita dihadapkan dengan masyarakat yang majemuk, tidak semua teman kita berasal dari agama yang sama. Dari uaraian tersebut, merupakan penerapan dari...

A.    Moderasi beragama

B.     Moderasi Islam

C.     Moderasi dalam akidah

D.    Moderasi dalam syari'ah

E.     Moderasi dalam akhlak

Jawaban: E

25. Dalam moderasi beragama, maka kita harus berhati-hati dengan paham radikalisme. Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau akar tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang islam Yang dimaksud dari radikalisme yaitu...

A.    Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan- tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.

B.     keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)

C.     kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinasi

D.    Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.

E.     sebuah ideolog), pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama

Jawaban: A

26. Berikut ini merupakan ciri-ciri radikalisme, kecuali...

A.    Mengklaim kebenaran tunggal dan menyesatkan kelompok lain yang tak sependapat

B.     Berlebihan dalam beragama yang tidak pada tempatnya

C.     Kasar dalam berinteraksi, keras dalam berbicara, dan emosional dalam berdakwah

D.     individu ataupun kelompok sosial terjamin hak-haknya sebagai manusia yang merdeka dan bermartabat

E.     Mudah mengkafirkan orang lain yang berbeda pendapat

Jawaban: D

27. Pandangan dan sikap keagamaan yang menonjolkan superioritas kelompok, menutup diri, dan tidak mengakui pandangan dan keberadaan kelompok lain yang berbeda keyakinan. Peryataan diatas merupakan penegertian dari....

A.    Eksklusivisme beragama

B.     Intoleransi

C.     Ekstremisme beragama

D.    Ekstremisme kekerasan

E.     Terorisme

awaban: A

28. Islam memiliki konsep kehidupan yaitu Islam rahmatan lil alamin, yaitu...

A.    Ajaran Islam yang mendasar dan sekaligus menegakkan keseimbangan dalam penciptaan dan kesatuan kehidupan

B.     Mencintai tanah air sebagian dari iman

C.     Islam yang memberikan kedamaian dan menyebarkan nilai kasih sayang kepada seluruh alam

D.    Ajaran Islam yang menyeluruh meliputi semua zaman, kehidupan, dan eksistensi manusia

E.     Teladan yang baik bagi umat manusia

Jawaban: C

29. Berikut ini merupakan implementasi moderasi dalam level negara, antara lain...

A.    Kesiapan mengikuti semua petunjuk-Nya 

B.     Diberi mandat untuk memimpin dan mengelola bumi

C.     Khalifah atau wakil Tuhan di bumi

D.    Menciptakan kemashlahatan bersama

E.     Menciptakan Sumber Daya Manusia yang moderat

Jawaban: E

30. Diskursus moderasi beragama di Indonesia dijabarkan dalam...

A.    Moderasi Perkataan, Gerakan, dan Perbuatan

B.     Moderasi Pemikiran, Gerakan, dan Perbuatan

C.     Moderasi Pemikiran, Pemahaman, dan Perbuatan

D.    Moderasi Pemikiran, Gerakan, dan Literasi

Jawaban: B

31. Islam rahmatan lil'alamin sebagai solusi dalam bernegara dan toleransi, kecuali...

A.    Mengedepankan interen beragama

B.     Mengokohkan bahwa ajarannya bersifat universal atau kebaikan untuk seluruh umat manusia, alam, dan lingkungan

C.     Berorientasi terhadap kemaslahatan, kebahagiaan dunia dan akhirat

D.    Wahyu Ilahi (Al-Qur'an) sebuah gagasan yang sempurna tanpa kelemahan dan kekurangan, gagasan suci dan autentik, yang dimanifestasikan dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlandaskan nilai Islam

Jawaban: A

32. Faktor penyebab radikal, kecuali...

A.    Inklusif

B.     Bacaan yang salah terhadap sejarah umat Islam yang dikombinasikan dengan idealisasi berlebihan terhadap umat Islam pada masa tertentu

C.     Deprivasi politik, sosial dan ekonomi yang masih bertahan dalam masyarakat

D.    Pemahaman keagamaan yang literal, sepotong-sepotong terhadap ayat-ayat Al-Quran

Jawaban:A
 
33. Di antara karakteristik ajaran Islam adalah al-washatiyyah (moderat) dan tawazun. Arti tawazun ialah...

A.    Kemerdekaan

B.     Kebersamaan

C.     Keseimbangan

D.    Kedinamisan

Jawaban: C

34Moderasi beragama merupakan sesuatu yang kontradiktif dengan paham radikalisme beragama.

Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau akar tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang Islam.

Pengertian dari radikalisme yang tepat yaitu ...

A.    Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.

B.     kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinas

C.     sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama

D.    keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)

E.     Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.

Jawaban:A. Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.

35. Menggambarkan watak Islam adalah moderat dalam hal bertindak, dan kesimbangan dalam segala urusan yang baik tindakan, ucapan atau pikiran.

Hal berikut merupakan pengertian dari ...

A.    Keimanan

B.      Syari’at Islam

C.     Moderasi beragama

D.    Kerukunan beragama

E.     Ekstrimisme beragama

Jawaban:C. Moderasi beragama

36. Dalam moderasi beragama, maka kita harus berhati-hati dengan paham radikalisme.

Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau akar tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang islam Yang dimaksud dari radikalisme yaitu ...

A.    Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.

B.     keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)

C.     kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinasi

D.    Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.

E.     sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama

Jawaban: A. Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.

37. Pandangan dan sikap keagamaan yang menonjolkan superioritas kelompok, menutup diri, dan tidak mengakui pandangan dan keberadaan kelompok lain yang berbeda keyakinan.

Peryataan diatas merupakan penegertian dari ....

A.    Eksklusivisme beragama

B.     Intoleransi

C.     Ekstremisme beragama

D.     Ekstremisme kekerasan

E.     E. Terorisme

Jawaban:
A. Eksklusivisme beragama

38. Setelah melakukan analisis menggunakan proses-U, yang menjadi bagian dari proses “reframing” dari peristiwa di atas adalah....

A.    terjadi sikap ekstrimisme dalam beragama

B.     tidak terjadi gesekan antar internal umat agama

C.     mengubah trend mayoritarianisme menjadi kesetaraan

D.    regulasi harus diperkuat

E.     perbedaan pandangan keagamaan adalah isu penting dan prioritas

Jawaban:
C. mengubah trend mayoritarianisme menjadi kesetaraan

39. Islam rahmatan lil'alamin sebagai solusi dalam bernegara dan toleransi, kecuali...

A.    Mengedepankan interen beragama

B.     Mengokohkan bahwa ajarannya bersipat universal atau kebaikan untuk seluruh umat manusia, alam dan lingkungan

C.     Berorientasi terhadap kemaslahatan, kebahagiaan dunia dan akhirat

D.    Wahyu Ilahi (Al-Qur’an) sebuah gagasan yang sempurna tanpa kelemahan dan kekurangan, gagasan suci dan autentik, yang dimanifestasikan dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlandaskan nilai Islam

 Jawaban:
A. Mengedepankan interen beragama

40. Ketika saya berkeyakinan, memiliki pengetahuan bahwa jilbab itu wajib maka saya akan

A.    Mengkaji ulang pengetahuan saya atas Jilbab ketika ada yang mengatakan Jilbab tidak wajib

B.     Menyalahkan orang yang mengatakan bahwa jilbab tidak wajib

C.     Menyalahkan orang yang tidak berjilbab

D.    Berdialog dengan mereka yang tidak berjilbab untuk mendapatkan perspektif berbeda

Jawaban:
D. Berdialog dengan mereka yang tidak berjilbab untuk mendapatkan perspektif berbeda

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...