1.
Moderasi beragama merupakan sesuatu yang
kontradiktif dengan mengerti radikalisme beragama. Karena pemahaman yang tak
menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau asal tadi, menimbulkan
pemahaman yang keliru tentang Islam. Pengertian dari radikalisme yang pas
adalah ...
A.
Gejala umum yang dapat terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh
tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai bentuk penolakan terhadap
gejala yang dihadapi
B.
Kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience)
dan determinasi
C.
Sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan
pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak ialah nilai politik yang utama
D.
Keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama,
dan sebagainya)
E.
Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain,
sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.
Jawaban: A
2.
Kata moderasi berasal dari bahasa latin moderatio, yang berarti ke-
sedang-an (tidak berlebihan dan tak kekurangan).
Lantas, yang dimaksud dengan moderasi beragama, adalah sebagai berikut ...
A.
Taklid
B.
Ekstrem
C.
Berlebih-lebihan
D.
Mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan
E.
Mengedepankan kesepakatan golongan dalam hal keyakinan
Jawaban: D
3. Ruang lingkup moderasi beragama antara lain...
A.
Keadilan, keseimbangan dan toleransi
B.
Keadilan, persatuan dan humanisme
C.
Ketuhanan, persatuan dan kerakyatan
D.
Iman, taqwa dan syari’at
E.
Iman, jamaah dan pedoman
Jawaban: A
4. Menggambarkan watak Islam adalah moderat dalam hal
bertindak, dan kesimbangan dalam segala urusan yang baik tindakan, ucapan atau
pikiran.
Hal berikut merupakan pengertian dari ...
A.
Keimanan
B.
Syari’at Islam
D.
Kerukunan beragama
E.
Ekstrimisme beragama
Jawaban : C
5. Moderasi Islam menjadi paham keagamaan keislaman yang
mengewajantahkan ajaran Islam yang sangat esensial yaitu moderasi Islam yang
lebih mengedepankan persaudaraan.
Dalam konteks kehidupan berbangsa, kita dihadapkan dengan
masyarakat yang majemuk, tidak semua teman kita berasal dari agama yang sama.
Dari uraian tersebut, merupakan penerapan dari...
B.
Moderasi Islam
C.
Moderasi dalam akidah
D.
Moderasi dalam syari’ah
E.
Moderasi dalam akhlak
Jawaban : E
6. “Proses yang dinamis yang berlangsung sejalan
dengan pertumbuhan
masyarakat
itu sendiri” adalah pengertian dari...
A.
Kerukunan Keagamaan
B.
Kerukunan antar umat beragama
C.
Kerukunan hidup beragama
D.
Kerukunan beragama
Jawaban:
C
7. Toleransi berasal dari bahasa latin yaitu
dari kata..
A.
Tolerare
B.
Tolerance
C.
Tolerantion
D.
Tolerera
Jawaban:
A
8. Dalam
bahasa arab toleransi biasa disebut..
A.
Tafkhim
B.
Istigfar
C.
Tasamuh
D.
Ta’awud
Jawaban:
C
9. Kewajiban Negara dalam dalam hal agama adalah
….
A.
Mencampuri urusan agama
B.
Merusak kepercayaan setiap warganya
C.
Memenuhi dan melindungi hak atas
kebebasan beragama dan kepercayaan
D.
Melakukan diskriminasi
Jawaban:
C
10 Sikap
yang ditunjukkan aparat penegak hukum dalam masalah agama
adalah
….
A.
Bertindak diskriminasi
B.
Tidak peduli
C.
Mendukung kehancuran suatu agama’
D.
Bertindak tegas dan tidak diskriminasi
Jawaban:
D
11 Istilah agama yang berasal dari bahasa latin
yang berarti “mengikat
kembali”
adalah...
A.
Religio
B.
Religia
C.
Religius
D.
Religion
Jawaban:
A
12 Nilai
yang bersumber dari manusia adalah nilai...
A.
Ilahiyah
B.
Insaniyah
C.
Subjektif
D.
Hakiki
Jawaban:
B
13 Inti
dari suatu agama ialah ajaran yang digunakan suatu manusia
sebagai
... hidup
A.
Petunjuk
B.
Arahan
C.
Pedoman
D.
Tujuan
Jawaban:
C
14 Al-Washatiyyah (moderat) dan Tawazun merupakan
diantara karakteristik dalam ajaran Islam. Manakah pernyataan berikut yang
benar ...
A.
Tawazun adalah Kemerdekaan
B.
Tawazun adalah Kebersamaan
C.
Tawazun merupakan Keseimbangan
D.
Tawazun adalah Ketawakalan
E.
E. Tawazun adalah Toleransi
Jawaban: C
15 Berikut ini adalah faktor
penyebab terjadinya perilaku radikal, kecuali...
A.
Inklusif
B.
Bacaan yang salah terhadap sejarah umat islam yang dikombinasikan dengan
idealisasi berlebihan terhadap umat islam pada masa tertentu
C.
Deprivasi politik, sosial dan ekonomi yang masih bertahan dalam masyarakat
D.
Pemahaman keagamaan yang literal,
sepotong-sepotong terhadap ayat-ayat Al Quran
Jawaban: A
16 Moderasi Islam menjadi paham keagamaan
keislaman yang mengejawantahkan ajaran islam yang sangat esensial yaitu
moderasi Islam yang lebih mengedepankan persaudaraan.
Dalam konteks kehidupan berbangsa, kita dihadapkan dengan
masyarakat yang majemuk, tidak semua teman kita berasal dari agama yang sama.
Dari uraian tersebut, merupakan bentuk penerapan dari...
A.
Moderasi beragama
B.
Moderasi Islam
C.
Moderasi dalam akidah
D.
Moderasi dalam syari'ah
E.
Moderasi dalam akhlak
Jawaban: E
17 Berikut ini adalah bentuk penjabaran dari
diskursus moderasi beragama di indonesia ...
A.
Moderasi perkataan, gerakan, dan perbuatan
B.
Moderasi pemikiran, gerakan, dan perbuatan
C.
Moderasi pemikiran, pemahaman, dan perbuatan
D.
Moderasi pemikiran, gerakan, dan literasi
Jawaban: B
18. Diantara implementasi
moderasi dalam level negara, adalah sebagai berikut ...
A.
Kesiapan mengikuti semua petunjuk-nya
B.
Diberi mandat untuk memimpin dan mengelola bumi
C.
Khalifah atau wakil tuhan di bumi
D.
Menciptakan kemashlahatan bersama
E.
Menciptakan sumber daya manusia yang moderat
Jawaban: E
19. Islam rahmatan lil'alamin
sebagai solusi dalam bernegara dan toleransi. Pernyataan berikut benar, kecuali
...
A.
Mengedepankan interen beragama
B.
Mengokohkan bahwa ajarannya bersifat universal atau kebaikan untuk seluruh
umat manusia, alam, dan lingkungan
C.
Berorientasi terhadap kemaslahatan, kebahagiaan dunia dan akhirat
D.
Wahyu ilahi (al-qur'an) sebuah gagasan yang sempurna tanpa kelemahan dan
kekurangan, gagasan suci dan autentik, yang dimanifestasikan dalam bentuk sikap
dan perilaku yang berlandaskan nilai islam
Jawaban: A
20. Radikalisme menjadi paham
yang harus diwaspadai dalam konsep moderasi beragama.
Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang islam
dalam konteks radix atau akar tersebut, menimbulkan pemahaman yang keliru
tentang islam.
Sehingga yang dimaksud dari radikalisme adalah sebagai
berikut ...
A.
Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh
tindakan- tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap
gejala yang dihadapi.
B.
Keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama,
dan sebagainya)
C.
Kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience)
dan determinasi
D.
Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain,
sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.
E.
sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan
pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang
utama
Jawaban: A
21. Islam memiliki konsep
dalam kehidupan yaitu islam rahmatan lil alamin. Mana pernyataan berikut yang
benar ...
A.
Ajaran islam yang mendasar dan sekaligus menegakkan keseimbangan dalam
penciptaan dan kesatuan kehidupan
B.
Mencintai tanah air sebagian dari iman
C.
Islam yang memberikan kedamaian dan menyebarkan nilai kasih sayang kepada
seluruh alam
D.
Ajaran islam yang menyeluruh meliputi semua zaman, kehidupan, dan
eksistensi manusia
E.
Teladan yang baik bagi umat manusia
Jawaban: C
22. Pandangan dan sikap
keagamaan yang menonjolkan superioritas kelompok, menutup diri, dan tidak
mengakui pandangan dan keberadaan kelompok lain yang berbeda keyakinan.
Peryataan diatas merupakan pengertian dari ...
A.
Eksklusivisme beragama
B.
Intoleransi
C.
Ekstremisme beragama
D.
Ekstremisme kekerasan
E.
E. Terorisme
Jawaban: A
23. Berikut ini merupakan
ciri-ciri utama dari radikalisme, kecuali...
A.
Mengklaim kebenaran tunggal dan menyesatkan kelompok lain yang tak
sependapat
B.
Berlebihan dalam beragama yang tidak
pada tempatnya
C.
Kasar dalam berinteraksi, keras dalam berbicara, dan emosional dalam
berdakwah
D.
Individu ataupun kelompok sosial
terjamin hak-haknya sebagai manusia yang merdeka dan bermartabat
E.
Mudah mengkafirkan orang lain yang berbeda pendapat
Jawaban: D.
24. Moderasi Islam
menjadi paham keagamaan keislaman yang mengewajantahkan ajaran Islam yang
sangat esensial yaitu moderasi Islam yang lebih mengedepankan persaudaraan.
Dalam konteks kehidupan berbangsa, kita dihadapkan dengan masyarakat yang
majemuk, tidak semua teman kita berasal dari agama yang sama. Dari uaraian
tersebut, merupakan penerapan dari...
A. Moderasi
beragama
B. Moderasi
Islam
C. Moderasi
dalam akidah
D. Moderasi
dalam syari'ah
E. Moderasi
dalam akhlak
Jawaban:
E
25. Dalam moderasi
beragama, maka kita harus berhati-hati dengan paham radikalisme. Karena
pemahaman yang tidak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau akar
tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang islam Yang dimaksud dari
radikalisme yaitu...
A. Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang
ditandai oleh tindakan- tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud
penolakan terhadap gejala yang dihadapi.
B. keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran
(politik, agama, dan sebagainya)
C. kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata
hati (conscience) dan determinasi
D. Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau
tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu
disetujuinya.
E. sebuah ideolog), pandangan filsafat, dan tradisi politik
yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai
politik yang utama
Jawaban: A
26. Berikut ini merupakan ciri-ciri radikalisme, kecuali...
A. Mengklaim kebenaran tunggal dan menyesatkan kelompok lain
yang tak sependapat
B. Berlebihan dalam beragama yang tidak pada tempatnya
C. Kasar dalam berinteraksi, keras dalam berbicara, dan
emosional dalam berdakwah
D. individu ataupun
kelompok sosial terjamin hak-haknya sebagai manusia yang merdeka dan
bermartabat
E. Mudah mengkafirkan orang lain yang berbeda pendapat
Jawaban: D
27. Pandangan dan sikap keagamaan yang menonjolkan
superioritas kelompok, menutup diri, dan tidak mengakui pandangan dan
keberadaan kelompok lain yang berbeda keyakinan. Peryataan diatas merupakan
penegertian dari....
A. Eksklusivisme beragama
B. Intoleransi
C. Ekstremisme beragama
D. Ekstremisme kekerasan
E. Terorisme
awaban: A
28. Islam memiliki konsep kehidupan yaitu Islam rahmatan
lil alamin, yaitu...
A. Ajaran Islam yang mendasar dan sekaligus menegakkan
keseimbangan dalam penciptaan dan kesatuan kehidupan
B. Mencintai tanah air sebagian dari iman
C. Islam yang memberikan kedamaian dan menyebarkan nilai
kasih sayang kepada seluruh alam
D. Ajaran Islam yang menyeluruh meliputi semua zaman,
kehidupan, dan eksistensi manusia
E. Teladan yang baik bagi umat manusia
Jawaban: C
29. Berikut ini merupakan implementasi moderasi dalam level
negara, antara lain...
A. Kesiapan mengikuti semua petunjuk-Nya
B. Diberi mandat untuk memimpin dan mengelola bumi
C. Khalifah atau wakil Tuhan di bumi
D. Menciptakan kemashlahatan bersama
E. Menciptakan Sumber Daya Manusia yang moderat
Jawaban: E
30. Diskursus moderasi beragama di Indonesia dijabarkan
dalam...
A. Moderasi Perkataan, Gerakan, dan Perbuatan
B. Moderasi Pemikiran, Gerakan, dan Perbuatan
C. Moderasi Pemikiran, Pemahaman, dan Perbuatan
D. Moderasi Pemikiran, Gerakan, dan Literasi
Jawaban: B
31. Islam rahmatan lil'alamin sebagai solusi dalam
bernegara dan toleransi, kecuali...
A. Mengedepankan interen beragama
B. Mengokohkan bahwa ajarannya bersifat universal atau
kebaikan untuk seluruh umat manusia, alam, dan lingkungan
C. Berorientasi terhadap kemaslahatan, kebahagiaan dunia dan
akhirat
D. Wahyu Ilahi (Al-Qur'an) sebuah gagasan yang sempurna
tanpa kelemahan dan kekurangan, gagasan suci dan autentik, yang
dimanifestasikan dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlandaskan nilai Islam
Jawaban: A
32. Faktor penyebab radikal, kecuali...
A. Inklusif
B. Bacaan yang salah terhadap sejarah umat Islam yang
dikombinasikan dengan idealisasi berlebihan terhadap umat Islam pada masa
tertentu
C. Deprivasi politik, sosial dan ekonomi yang masih bertahan
dalam masyarakat
D. Pemahaman keagamaan yang literal, sepotong-sepotong
terhadap ayat-ayat Al-Quran
Jawaban:A
33. Di antara karakteristik ajaran Islam adalah
al-washatiyyah (moderat) dan tawazun. Arti tawazun ialah...
A. Kemerdekaan
B. Kebersamaan
C. Keseimbangan
D. Kedinamisan
Jawaban: C
34. Moderasi beragama merupakan
sesuatu yang kontradiktif dengan paham radikalisme beragama.
Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang Islam
dalam konteks radix atau akar tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang
Islam.
Pengertian dari radikalisme yang tepat yaitu ...
A.
Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang
ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud
penolakan terhadap gejala yang dihadapi.
B.
kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata
hati (conscience) dan determinas
C.
sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik
yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai
politik yang utama
D.
keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran
(politik, agama, dan sebagainya)
E.
Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau
tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu
disetujuinya.
Jawaban:A. Gejala umum yang bisa terjadi dalam
suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan
anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.
35. Menggambarkan
watak Islam adalah moderat dalam hal bertindak, dan kesimbangan dalam segala
urusan yang baik tindakan, ucapan atau pikiran.
Hal berikut merupakan pengertian dari ...
A.
Keimanan
B.
Syari’at Islam
D.
Kerukunan beragama
E.
Ekstrimisme beragama
36. Dalam moderasi beragama,
maka kita harus berhati-hati dengan paham radikalisme.
Karena pemahaman yang
tidak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau akar tadi, menimbulkan
pemahaman yang keliru tentang islam Yang dimaksud dari radikalisme yaitu ...
A.
Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu
masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis
sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.
B.
keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat
terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)
C.
kemampuan untuk berpikir dan bertindak
sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinasi
D.
Sebuah sikap menerima atau menghormati
pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum
tentu disetujuinya.
E.
sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan
tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan
hak adalah nilai politik yang utama
Jawaban: A. Gejala umum yang
bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras,
ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.
37. Pandangan dan sikap keagamaan yang
menonjolkan superioritas kelompok, menutup diri, dan tidak mengakui pandangan
dan keberadaan kelompok lain yang berbeda keyakinan.
Peryataan diatas
merupakan penegertian dari ....
A.
Eksklusivisme beragama
B.
Intoleransi
C.
Ekstremisme beragama
D.
Ekstremisme kekerasan
E.
E. Terorisme
Jawaban:
A. Eksklusivisme beragama
38. Setelah melakukan analisis menggunakan
proses-U, yang menjadi bagian dari proses “reframing” dari peristiwa di atas
adalah....
A.
terjadi sikap ekstrimisme dalam beragama
B.
tidak terjadi gesekan antar internal umat
agama
C.
mengubah trend mayoritarianisme menjadi
kesetaraan
D.
regulasi harus diperkuat
E.
perbedaan pandangan keagamaan adalah isu
penting dan prioritas
Jawaban:
C. mengubah trend mayoritarianisme menjadi kesetaraan
39. Islam rahmatan lil'alamin sebagai solusi
dalam bernegara dan toleransi, kecuali...
A.
Mengedepankan interen beragama
B.
Mengokohkan bahwa ajarannya bersipat
universal atau kebaikan untuk seluruh umat manusia, alam dan lingkungan
C.
Berorientasi terhadap kemaslahatan,
kebahagiaan dunia dan akhirat
D.
Wahyu Ilahi (Al-Qur’an) sebuah gagasan yang
sempurna tanpa kelemahan dan kekurangan, gagasan suci dan autentik, yang
dimanifestasikan dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlandaskan nilai Islam
Jawaban:
A. Mengedepankan interen beragama
40. Ketika saya berkeyakinan, memiliki
pengetahuan bahwa jilbab itu wajib maka saya akan
A.
Mengkaji ulang pengetahuan saya atas Jilbab
ketika ada yang mengatakan Jilbab tidak wajib
B.
Menyalahkan orang yang mengatakan bahwa
jilbab tidak wajib
C.
Menyalahkan orang yang tidak berjilbab
D.
Berdialog dengan mereka yang tidak
berjilbab untuk mendapatkan perspektif berbeda
Jawaban:
D. Berdialog dengan mereka yang tidak berjilbab untuk mendapatkan perspektif
berbeda
Comments
Post a Comment