KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS: I
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH
DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1
Berdoa
sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S.
Al-Fatihah 1.2
Meyakini
adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Pengayang. 1.3
Mensyukuri
karunia dan pemberian sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas 1.4
Bersuci sebelum beribadah 1.5
Membaca
Basmalah setiap memulai aktivitas |
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru. |
2.1
Memiliki perilaku bersih
badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman
makna bersuci 2.2
Memiliki
perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Al-Ikhlas 2.3
Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan
sesama anggota keluarga sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas 2.4
Memiliki
perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq
ayat 1 s.d. 5 2.5
Memiliki
sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW |
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah |
3.1 Mengenal pesan-pesan yang terkandung di
dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‘Alaq ayat 1 s.d. 5 3.2 Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya
yang dijumpai di sekitar rumah dan
sekolah 3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman,
Ar-Rahim, Al-Malik 3.4 Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang
pertama 3.5 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar 3.6 Mengenal tata cara bersuci 3.7 Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan 3.8 Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam A.S 3.9 Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris A.S 3.10 Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh A.S 3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s 3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad
SAW |
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia |
1.1 Melafalkan
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara
lengkap 1.2 Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim,
Al-Malik 1.3 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan
jelas 1.4 Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas 1.5 Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar
dengan benar dan jelas. 1.6 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan
Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas 1.7 Menceritakan contoh perilaku kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari 1.8 Mempraktekkan tata cara
bersuci 1.9 Menceritakan kegiatan agama yang dianutnya di
sekitar rumahnya 1.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam
A.S 1.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris A.S 1.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh A.S 1.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s 1.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW |
Comments
Post a Comment