Skip to main content

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS: II


 

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

1.1       Berwudhu sebelum shalat

1.2       Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam

1.3       Berdo’a sebelum dan sesudah makan

1.4       Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.

2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

2.1       Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr

2.2       Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu

2.3       Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  

3.1       Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

3.2       Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq

3.3       Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu

3.4       Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat 

3.5       Mengenal makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr

3.6       Mengenal tata cara shalat dan bacaannya

3.7       Mengenal do’a sebelum dan sesudah wudhu

3.8       Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah makan

3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S

3.10   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S

3.11   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S

3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s

3.13   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

4.1       Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.

4.2       Melafalkan Q.S. An-Nas  dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas

4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas  dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas

4.4       Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan

4.5       Mempraktekkan wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar

4.6       Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar

4.7       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S

4.8       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S

4.9       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S

4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s

4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...