KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS: II
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya. |
1.1 Berwudhu sebelum shalat 1.2 Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam 1.3 Berdo’a sebelum dan sesudah makan 1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta
segala yang ada di alam. |
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru. |
2.1 Menunjukkan perilaku disiplin sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr 2.2
Menunjukkan
perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu 2.3 Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW |
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah |
3.1 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha
Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya
yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah 3.2 Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq 3.3 Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran
menuntut ilmu 3.4 Mengenal hadits yang terkait dengan
perilaku hidup bersih dan sehat 3.5 Mengenal makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr 3.6 Mengenal tata
cara shalat dan bacaannya 3.7 Mengenal do’a sebelum dan sesudah wudhu 3.8 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah
makan 3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh
A.S 3.10 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S 3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S 3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub
a.s 3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW |
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia |
4.1
Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf. 4.2
Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al
‘Ashr dengan benar dan jelas 4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas
dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas 4.4
Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi
dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan 4.5
Mempraktekkan wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar 4.6
Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar 4.7
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S 4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S 4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S 4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s 4.11 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW |
Comments
Post a Comment