Skip to main content

Seni Budaya dan Prakarya


DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN

(ISI NAMA SEKOLAH)

PENILAIAN TENGAH SEMESTER

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 


LEMBAR SOAL

 

Mata Pelajaran                :    Seni Budaya dan Prakarya

Satuan Pendidikan          :    MTsS

Kelas/Semester                :    VII / Ganjil

Hari dan Tanggal            :   

Waktu                             :   

 


Petunjuk Umum     :

1.    Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;

2.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;

3.    Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;

4.    Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;

5.    Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;

6.    Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;

7.    Periksalah seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.

 

1.    Suatu jenis bahan berupa potongan - potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh merupakan pengertian dari ....

a.       A.bahan alam

b.      bahan serat

c.       bahan tekstil

d.      bahan jahit

 

2.    Pernyataan yang benar tentang bahan serat adalah ....

a.       serat sebagai bahan baku tekstil adalah serat- serat yang sama dengan istilah serat pada sayuran dan buah- buahan

b.      sifat serat mempengaruhi sifat benang atau kain yang dihasilkan

c.       pengolahan serat hanya dapat dilakukan secara mekanik

d.      serat tidak memegang peranan penting sebagai bahan baku dalam pemb

 

3.    Negara yang pertama kali mengolah bahan serat alam adalah ....

a.       Inggris

b.      Jepang

c.       China

d.      Persia

 

 

4.    Serat sutera dihasilkan dari hewan ....

a.       Ulat

b.      Domba

c.       laba- laba

d.      kumbang

 

5.    Berikut ini yang bukan termasuk serat alam adalah ....

a.       serat flax

b.      serat wol

c.       serat nilon

d.      serat sutera

 

6.    Penyebab penurunan produksi serat tekstil dari tahun ke tahun adalah ....

a.       ketersediaan bahan serat alam yang sangat terbatas

b.      kondisi iklim yang berubah- ubah

c.       kebutuhan akan bahan tekstil yang meningkat

d.      Jawaban A dan B Benar

 

7.    Berikut ini yang merupakan syarat untuk bahan baku produk tekstil adalah ....

a.       Kuat

b.      tahan lama

c.       bentuknya tetap

d.      semua jawaban benar

 

8.    Bahan serat dari biji berasal dari pohon ....

a.       Anggrek

b.      melinjo

c.       kapas

d.      beringin

 

9.    Contoh tumbuhan yang dapat diolah sebagai bahan serat dari daun adalah .... 

a.       Rosella

b.      mahkota dewa

c.       enceng gondok

d.      anggrek

 

10.    Description: D:\Mozilla Download\images.jpgPerhatikan gambar Berikut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar diatas menunjukkan serat yang berasal dari ....

a.    Daun

b.    Batang

c.    biji

d.   buah

 

11.    Serat hewan banyak dimanfaatkan dan disukai sebagai bahan baku produk tekstil. Hal ini dikarenakan ....

a.    tekstur yang lembut dan halus

b.    sifat serat yang menghangatkan cocok untuk daerah dingin

c.    sulit  didapat

d.   jawaban A dan B benar

 

12.    Serat yang berbentuk rambut hewan disebut juga ....

a.    stapel

b.    filament

c.    abdomen

d.   selulosa

 

 

13.    Serat yang berbentuk jaringan disebut dengan ....

a.    serat stapel

b.    serat filamen

c.    serat selulosa

d.   serat abdomen

 

14.    Berikut ini yang bukan termasuk contoh hewan yang rambutnya sering dipergunakan sebagai serat dari stapel adalah ....

a.       kelinci

b.      ulat

c.       unta

d.      domba 

 

15.    Hewan yang paling sering dimanfaatkan untuk bahan serat filamen adalah ....

a.    laba- laba

b.    lebah

c.    ulat sutera

d.   domba

 

16.    Perhatikan karakteristik serat berikut ini,

·      bahan terasa dingin dan sedikit kaku

·      mudah kusut

·      mudah menyerap keringat

·      rentan terhadap jamur

·      mudah terbakar

 

Karakteristik diatas merupakan ciri- ciri dari bahan ....

a.       serat sutera

b.      serat kapas

c.       serat nilon

d.      serat wol

 

17.    Perhatikan karakteristik serat berikut ini,

·         berkilau

·         lembut

·         tidak mudah kusut

·         sangat halus

·         sangat kuat

·         tahan terhadap sinar matahari

·         daya serap cukup tinggi

·         tidak mudah berjamur

·         mudah terbakar

 

Karakteristik diatas merupakan ciri- ciri dari bahan

a.    serat sutera

b.    serat kapas

c.    serat nilon

d.   serat wol

 

18.    Perhatikan karakteristik serat berikut ini,

·      agak kuat

·      tidak berkilau

·      kekenyalan tinggi

·      elastisitas tinggi

·      penahan panas yang baik

·      tahan terhadap jamur dan bakteri

 

Karakteristik diatas adalah ciri- ciri dari bahan ....

a.    serat sutera

b.    serat kapas

c.    serat nilon

d.   serat wol 

 

19.    Proses pengolahan kapas menjadi benang disebut dengan proses ....

a.       pemilihan serat

b.      pemintalan benang

c.       penggulungan benang

d.      penenunan benang

 

 

 

 

20.    Perhatikan proses pengolahan bahan serat berikut ini,

·           pencelupan warna

·           penggulungan benang

·           penenunan benang menjadi kain

·           pemintalan benang Urutan proses pengolahan bahan serat

 

yang benar adalah ....

a.       (4) - (2) - (1) - (3)

b.      (4) - (1) - (2) - (3)

c.       (4) - (3) - (1) - (2)

d.       (4) - (3) - (2) - (1)

 

21.    Untuk pembuatan produk kerajinan tapestri teknik yang digunakan adalah ....

a.       Memintal

b.      menjahit

c.       menenun

d.      mengikat

 

 

22.    Pekerjaan menyambung kain dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang disebut proses ....

a.    memintal

b.    menjahit

c.    menenun

d.   mengikat

 

23.    Menyatukan helaian kain yang satu dengan lainnya menggunakan alat pengikat untuk membentuk pola tertentu disebut teknik ....

a.    Memintal

b.    menjahit

c.    menenun

d.   mengikat

 

 

24.    Setiap benda kerajinan yang dibuat harus mengutamakan nilai praktis yaitu dapat digunakan  sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Hal ini menyangkut syarat perancangan benda kerajinan dalam nilai ....

a.    Keluwesan

b.    kenyamanan

c.    kegunaan

d.   keamanan

 

 

 

 

25.    Pembuatan cangkir didesain ada pegangannya sehingga pemakainya merasakan hal yang nyaman saat menggunakannya. Hal ini menyangkut nilai ....

a.    Kegunaan

b.    keluwesan

c.    kenyamanan

d.   keamanan

 

26.    Keserasian antara bentuk dan wujud perlu dipertimbangkan dalam membuat benda kerajinan atau harus mempertimbangkan aspek keluwesan. Salah satu contohnya adalah

a.    penggunaan cat yang tidak membahayakan pengguna

b.    desain sepatu yang sesuai dengan anatomi dan ukuran kaki

c.    hiasan- hiasan yang memperindah benda kerajinan

d.   pegangan panci yang dibuat dari bahan isolator

 

27.    Pembuatan piring dari serat kelapa harus mempertimbangkan komposisi cat pelapis/pewarna yang dipakai agar tidak berbahaya jika digunakan sebagai wadah makanan. Hal ini merupakan prasyarat dalam aspek ....

a.    keluwesan

b.    kenyamanan

c.    kegunaan

d.   keamanan

 

28.    Penambahan hiasan, atau ornamen tertentu akan membuat benda memiliki daya tarik lebih dibanding benda yang biasa saja. Hal ini perlu dilakukan sebagai aspek ....

a.    Keluwesan

b.    Kenyamanan

c.    keindahan

d.   keamanan

 

29.    Salah satu cara pengolahan untuk bahan serat tumbuhan adalah ....

a.    pengeringan alami dengan sinar matahari langsung

b.    perendaman dengan zat tertentu untuk menghilangkan jamur

c.    pencukuran

d.   jawaban A dan B benar

 

30.    Tahapan awal yang dilakukan dalam pengolahan bahan serat hewan domba atau beri- beri adalah ....

a.       Pembersihan

b.      Pencukuran

c.       pencucian

d.      pengeringan

 

 

 

 

 

31.    Sebelum menggambar fauna, sebaiknya diawali dengan membuat ....

a.    Pewarnaan

b.    Tekstur

c.    Sketsa

d.    Komposisi

32.    Berikut bukan termasuk media dalam menggambar adalah ....

a.    Kanvas

b.    Kertas

c.    Kain

d.   Krayon

 

33.    Berikut merupakan contoh fauna yang sering dijadikan objek untuk menggambar adalah ....

a.       Burung

b.      Mawar

c.       Gunung

d.      Matahari

 

34.    Objek gambar flora berasal dari ....

a.    Hewan

b.    Tumbuhan

c.    Alam benda

d.   Binatang

35.         Media lukis yang paling banyak digunakan oleh seniman adalah ....

a.     Kertas

b.    Kain

c.     Kanvas

d.    Kayu

36.    Objek gambar fauna berasal dari ....

a.    Tumbuhan

b.    Alam benda

c.    Hewan

d.   Tanaman

37.    Berikut yang bisa dijadikan objek menggambar, kecuali ....

a.    Alam semu/maya

b.     Alam benda

c.    Flora

d.   Fauna

 

 

38.    Unsur seni rupa yang paling sederhana yakni…

a.    Ide

b.    Titik

c.    Garis

d.    warna

39.    Goresan atau tarikan dari satu titik ke titik yang lain disebut dengan….

a.    Sketsa

b.    Gambar

c.    Bidang

d.   garis

40.    Warna kuning dicampurkan dengan warna biru menghasilkan warna….

a.    Hijau

b.    Ungu

c.    Jingga

d.   Violet

 

41.    Gambar di atas merupakan contoh objek?

a.     Flora

b.    Fauna

c.     Alam benda

d.    Figuratif

42.    Berikut ini merupakan alam benda yang sudah terdapat di alam, yaitu?

a.    Batu, awan, daun

b.    Gelas, mangkuk, kendi

c.    Awan, air, batu

d.   Batu, kayu, daun

43.    contoh menggambar flora yaitu.....

a.    menggambar bunga

b.    menggambar hiasan ornamen flora

c.    menggambar bintang

d.   menggambar ornamen burung

44.    Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menggambar objek adalah

a.    Mewarnai

b.    Mengamati objek

c.    Menyimpan objek

d.   merubah objek

 

 

 

 

 

45.    Gambar tersebut termasuk ke dalam jenis gambar...

a.    Flora

b.    Fauna

c.    Alam benda

d.   Objek mati

 

46.    Terdapat tiga jenis objek dalam menggambar yaitu kekayaan flora, alam benda, dan...

a.       Tanaman

b.      Benda hidup

c.       Fauna

d.      Objek alam

47.     Menggambar objek alam berupa flora, fauna dan benda memerlukan….

a.       Pengamatan dan pengetahuan

b.      Keterampilan khusus melalui latihan

c.       Bakat bawaan dari lahir

d.       Kesabaran dan ketekunan

48.         Prinsip menggambar yang memiliki arti susunan atau tata letak suatu objek adalah….

a.    Perspektif

b.    Komposisi

c.    Proporsi

d.   Pencahayaan

 

49.         Salah satu sarana untuk mengekspresikan diri pada seni rupa adalah…

a.    Menonton drama

b.    Menari

c.    Bermain music

d.   Menggambar

50.         Drawing merupakan istilah menggambar yang berasal dari bahasa...

a.    Yunani

b.    Inggris

c.    India

d.   Italia

51.         Pensil, pensil warna, crayon, cat air dan bolpoin adalah...

a.    Alat gambar

b.    Komposisi gambar

c.    Media gambar

d.   Proporsi gambar

 

 

52.         Gambar merupakan karya seni rupa murni berwujud...

a.    Dua dimensi

b.    Tiga dimensi

c.    Empat dimensi

d.   Tidak berdimensi

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...