Skip to main content

Contoh RPP Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Sekolah           : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Materi Pokok  : SPLDV

Kelas/Semester: VII/II(Genap)

Pertemuan ke- : I

Alokasi Waktu : 2x 40 Menit

 

 

 

A.      Standar Kompetensi

1.         Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

 

B.       Kompetensi Dasar

1.1      Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

 

C.      Indikator

1.         Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode grafik.

2.         Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode substitusi.

3.         Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode eliminasi.

4.         Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode kombinasi (eliminasi-substitusi)

 

D.      Alokasi Waktu

2 x 40 menit (1 pertemuan)

 

E.       Tujuan Pembelajaran

1.         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode grafik.

2.         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode substitusi.

3.         Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode eliminasi.

Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode kombinasi (eliminasi-substitusi)

F.       Kegiatan Pembelajaran

§  Model  : Problem Posing

§  Metode: Diskusi kelompok dan Tanya jawab.

 

G.      Media dan Sumber Pembelajaran.

Media pembelajaran: Alat tulis, LKS, Alat peraga.

Sumber Belajar        : Sukino dan Simangunsong, Matematika untuk SMP Kelas VII, Jakarta: Erlangga, KTSP 2006.

 

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No

Langkah-langkah

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Alokasi Waktu

Ket

1.

Awal

1.      Mengingatkan siswa materi sebelumnya tentang pengertian sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

2.      Menyebutkan kembali sifat-sifat sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)

3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan menginformasikan langkah-langkah pembelajaran dengan model problem posing.

 

1.      Berusaha mengingat kembali materi yang diingatkan oleh guru.

2.      Mengingat akan sifat- sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

3.      Memahami tujuan pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

15 Menit

 

2.

Inti

1.      Menyajikan materi tentang sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

 

2.      Menginformasikan cara mengajukan soal.

3.      Mengelompokkan siswa dalam beberapa kelompok diskusi yang terdiri dari 5-6 orang.

4.      Membagi LKS pada setiap kelompok diskusi.

5.      Mengawasi siswa mengerjakan LKS yang diberikan secara kelompok.

1.      Memperhatikan dan memahami rumus sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)

2.      Memahami informasi yang diberikan.

3.      Duduk berkelompok.

4.      Mengerjakan LKS yang dibagikan oleh guru.

5.      Membuat soal sederhana dari soal yang diperoleh pada LKS.

 

50 menit

 

 

 

 

2 s/d 5 Aktivitas

Problem posing

3.

Akhir

 

1.      Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajarinya.

2.      Memberikan penguatan mengenai rumus sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

3.      Memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah

1.      Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.

2.      Menambahkan kesimpulan yang diberikan guru.

3.      Mencatat tugas yang akan dikerjakan di rumah.

15 menit

 

 

Contoh lks.

1.         Tentukan penyelesaian sistem persamaan berikut dengan metode eliminasi! dan

 

2.         Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk  dengan metode grafik! dan

 

3.         Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk  dengan metode substitusi! dan

 

4.         Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk  dengan metode kombinasi (eliminasi-sustitusi)!

dan

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)             ...