RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : SPLDV
Kelas/Semester: VII/II(Genap)
Pertemuan ke- : I
Alokasi Waktu : 2x 40 Menit
A. Standar Kompetensi
1. Memahami sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).
C. Indikator
1. Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode grafik.
2. Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode substitusi.
3. Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode eliminasi.
4. Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode kombinasi (eliminasi-substitusi)
D. Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 pertemuan)
E. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode grafik.
2. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode substitusi.
3. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode eliminasi.
Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan metode kombinasi (eliminasi-substitusi)
F. Kegiatan Pembelajaran
§ Model : Problem Posing
§ Metode: Diskusi kelompok dan Tanya jawab.
G. Media dan Sumber Pembelajaran.
Media pembelajaran: Alat tulis, LKS, Alat peraga.
Sumber Belajar : Sukino dan Simangunsong, Matematika untuk SMP Kelas VII, Jakarta: Erlangga, KTSP 2006.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No |
Langkah-langkah |
Kegiatan Guru |
Kegiatan Siswa |
Alokasi Waktu |
Ket |
1. |
Awal |
1. Mengingatkan siswa materi sebelumnya tentang pengertian sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). 2. Menyebutkan kembali sifat-sifat sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan menginformasikan langkah-langkah pembelajaran dengan model problem posing.
|
1. Berusaha mengingat kembali materi yang diingatkan oleh guru. 2. Mengingat akan sifat- sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). 3. Memahami tujuan pembelajaran.
|
15 Menit |
|
2. |
Inti |
1. Menyajikan materi tentang sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).
2. Menginformasikan cara mengajukan soal. 3. Mengelompokkan siswa dalam beberapa kelompok diskusi yang terdiri dari 5-6 orang. 4. Membagi LKS pada setiap kelompok diskusi. 5. Mengawasi siswa mengerjakan LKS yang diberikan secara kelompok. |
1. Memperhatikan dan memahami rumus sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) 2. Memahami informasi yang diberikan. 3. Duduk berkelompok. 4. Mengerjakan LKS yang dibagikan oleh guru. 5. Membuat soal sederhana dari soal yang diperoleh pada LKS.
|
50 menit |
2 s/d 5 Aktivitas Problem posing |
3. |
Akhir |
1. Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dipelajarinya. 2. Memberikan penguatan mengenai rumus sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). 3. Memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah |
1. Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. 2. Menambahkan kesimpulan yang diberikan guru. 3. Mencatat tugas yang akan dikerjakan di rumah. |
15 menit |
|
Contoh lks.
1. Tentukan penyelesaian sistem persamaan berikut dengan metode eliminasi! dan
2. Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk dengan metode grafik! dan
3. Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk dengan metode substitusi! dan
4. Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan berikut untuk dengan metode kombinasi (eliminasi-sustitusi)!
dan
Comments
Post a Comment