LEMBAR KERJA SISWA I
Kelas / Semester : IX/ Satu
Materi pokok : Kerucut
Hari/Tanggal :
GPetunjuk
:
1. Tulislah nama kelompok dan anggota kelompok
pada tempat yang telah disediakan.
2. Diskusikanlah masalah berikut dengan
anggota kelompok masing-masing.
3. Pergunakan alat peraga yang tersedia untuk
menyelesaikan LKS.
Kelompok
: ………………………
Anggota Kelompok : 1. …………….. 5. ………………
2. …………….. 6. ………………
3. …………….. 7.
........................
4. ......................
Kegiatan A:
Mengidentifikasi bangun kerucut beserta unsur-unsurnya
perhatikan
gambar berikut!
|
Berdasarkan
gambar-gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.
Gambar
nomor berapakah yang merupakan gambar bangun ruang ruang sisi lengkung?
Bangun ruang sisi lengkung pada gambar di atas adalah gambar nomor
……………………………………………………………………………………….
2.
Mengapa
kalian memilih gambar tersebut sebagai gambar bangun ruang sisi lengkung?
Gambar
yang kami pilih adalah gambar bangun ruang sisi lengkung karena sisi pada bangun
tersebut merupakan ….……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Gambar
nomor berapakah yang merupakan bentuk kerucut?
Bangun
kerucut pada gambar di atas adalah gambar nomor …….…………..…….
4.
Mengapa
kalian memilih gambar tersebut di atas sebagai bentuk kerucut?
Gambar
yang kami pilih adalah gambar kerucut
karena mempunyai………………
………………………………………………………………………………………
Perhatikan
gambar berikut!
![]() |
1.
Berdasarkan
gambar di atas, garis manakah yang
merupakan jari-jari alas kerucut?
Yang
merupakan jari-jari alas kerucut yaitu garis ………………………………
2.
Garis
manakah yang merupakan diameter alas kerucut?
Yang
merupakan diameter alas kerucut yaitu garis ………………………………
3.
Garis
manakah yang menunjukkan tinggi kerucut?
Yang
merupakan tinggi kerucut yaitu garis ……………………………………..
Berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah kalian amati di atas, maka
tulislah pengertian kerucut!
Kerucut adalah ………………………………………………..................................
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan B: Menentukan Rumus Luas Selimut Kerucut
& Luas Permukaan Kerucut
1.
Ikutilah
langkah-langkah di bawah ini!
- Bongkarlah
kerucut yang telah dibagikan pada masing-masing kelompok!
b.
Gambarlah
kerucut yang telah kamu bongkar pada poin 1(a) di bawah ini!
|
|||
|
|||
- Dari
kerucut yang telah kamu bongkar, diperoleh 2 bangun datar, yaitu :
a.
…….....
b.
………
2.
Berdasarkan
gambar 1(b), maka rumus luas bangun L1 dan L2 adalah:
....
= ......
Dari rumus luas bangun L1 dan L2 di atas, maka diperoleh:
Luas permukaan kerucut = luas alas kerucut + luas selimut kerucut
= L1 + L2
= ……… + ………
= …….(….+ ….)
Jadi, luas
permukaan kerucut = …….
3.
Panjang
jari-jari alas sebuah kerucut 5 cm. jika tinggi kerucut 12 cm dan π=3,14,
hitunglah:
a.
Panjang
garis pelukis (s) c.
Luas selimut kerucut
b.
Luas
alas kerucut d.
Luas permukaan kerucut
Dari
kegiatan di atas, dapat disimpulkan bahwa:
LEMBAR KERJA SISWA II
Kelas / Semester : IX/ Satu
Materi pokok : Kerucut
Hari/Tanggal :
Petunjuk
:
1.
Tulislah nama kelompok dan anggota kelompok pada
tempat yang telah disediakan.
2.
Diskusikanlah masalah berikut dengan anggota kelompok
masing-masing.
3.
Pergunakan alat peraga yang tersedia untuk
menyelesaikan LKS.
Kelompok
: ………………………
Anggota Kelompok : 1. …………….. 5. ………………
2. …………….. 6. ………………
3. …………….. 7.
.........................
4. ......................
Kegiatan A: Menentukan Rumus Volume Kerucut
Perhatikan gambar
di bawah ini!
1. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini!
a.
Sediakan wadah yang berbentuk tabung dan kerucut dengan panjang
jari-jari alas kerucut dan tabung sama, yaitu r dan tinggi
kerucut sama dengan tinggi tabung, yaitu t.
b.
Isilah kerucut dengan tepung sampai penuh, kemudian tuangkan pada
tabung. Berapa kali kalian harus menuang kerucut yang berisi tepung agar dapat
mengisi tabung sampai penuh?................................................................................................................
………………………………………………………………………………………..
2.
Berdasarkan
kegiatan di atas, maka diperoleh:
Volume tabung = …. x volume kerucut
Sehingga,
Volume kerucut =
....... x volume tabung
= …… x ……
3.
Setelah
melakukan kegiatan-kegiatan di atas, tulislah dengan kalimat sendiri tentang
cara menemukan rumus volume kerucut. Diskusikan dengan anggota kelompok
masing-masing!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Sebuah
kerucut mempunyai panjang jari-jari 2 cm, panjang garis pelukisnya 12 cm dan π =
3,14, hitunglah:
a.
Tinggi
kerucut
b.
Volume
kerucut
Dari kegiatan di atas, dapat disimpulkan bahwa:
LEMBAR KERJA SISWA III
Kelas
/ Semester : IX/ Satu
Materi pokok : Kerucut
Hari/Tanggal :
Petunjuk
:
1. Tulislah nama kelompok dan anggota kelompok
pada tempat yang telah disediakan.
2. Diskusikanlah masalah berikut dengan
anggota kelompok masing-masing.
Kelompok : ………………………
Anggota Kelompok : 1. …………….. 5.
………………
2. …………….. 6. ………………
3. …………….. 7.
..........................
4. .......................
1.
Rini akan membuat 10 topi ulang tahun berbentuk
kerucut yang terbuat dari karton. Jika diameter alas 20 cm dan tingginya 24 cm,
luas karton yang diperlukan adalah.......
Jawaban:
Karena panjang diameter dua kali panjang
jari-jari, maka panjang jari-jari .................
Panjang garis pelukis (s), s2 =
..... + .....
= ..... + .....
= ............
s = ............
= .............
luas karton yang diperlukan = .... x .....
x .....
= .... x .... x .....
= ........
Jadi, luas karton yang diperlukan untuk
membuat 10 topi adalah
= ...... x .......
= ..........
2.
Topi petani berbentuk kerucut dengan keliling alas 110
cm dan panjang garis pelukisnya 25 cm.
Dengan menggunakan nilai , hitunglah:
a. Panjang jari-jari alasnya!
b. Luas karton yang diperlukan untuk membuat
topi tersebut!
Jawaban:
a. Karena alas kerucut berbentuk lingkaran,
maka keliling alas merupakan keliling lingkaran, maka:
Keliling alas = ..... x .... x r
110 = ...... x .... x r
r = ..........
jadi
panjang jari-jari adalah ...............
b. Luas karton yang diperlukan untuk membuat
topi tersebut = .... x .... x .....
= ..... x .... x .....
= ...........
3.
Tentukan tinggi sebuah kerucut jika diketahui
volumenya 462 cm3 dan diameter alasnya 21 cm.
Jawaban:
Panjang jari-jari= ..................
Volume kerucut = .... x .... x ... x t
462 = ... x ... x ... x t
462 = ....... x t
t = ..........
jadi, tinggi kerucut tersebut adalah
.......................
Comments
Post a Comment