Skip to main content

CONTOH LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) KURUCUT

LEMBAR KERJA SISWA I

Kelas / Semester : IX/ Satu

      Materi pokok       : Kerucut

      Hari/Tanggal        :

 GPetunjuk   :

1.      Tulislah nama kelompok dan anggota kelompok pada tempat yang telah disediakan.

2.      Diskusikanlah masalah berikut dengan anggota kelompok masing-masing.

3.      Pergunakan alat peraga yang tersedia untuk menyelesaikan LKS.

 


Kelompok                    : ………………………

Anggota Kelompok      : 1. ……………..                  5. ………………                   

                                        2. ……………..                  6.  ………………      

                                        3. ……………..                  7. ........................

                                        4. ......................

Kegiatan A: Mengidentifikasi bangun kerucut beserta unsur-unsurnya

perhatikan gambar berikut!

                    

                1                         2                               3                                              4

                5                                  6                                        7                            8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar-gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1.      Gambar nomor berapakah yang merupakan gambar bangun ruang ruang sisi lengkung?

Bangun ruang sisi lengkung pada gambar di atas adalah gambar nomor ……………………………………………………………………………………….

2.      Mengapa kalian memilih gambar tersebut sebagai gambar bangun ruang sisi lengkung?

Gambar yang kami pilih adalah gambar bangun ruang sisi lengkung karena sisi pada bangun tersebut merupakan ….……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.      Gambar nomor berapakah yang merupakan bentuk kerucut?

Bangun kerucut pada gambar di atas adalah gambar nomor …….…………..…….

4.      Mengapa kalian memilih gambar tersebut di atas sebagai bentuk kerucut?

Gambar yang kami pilih adalah gambar kerucut  karena mempunyai………………

………………………………………………………………………………………

Perhatikan gambar berikut!

 

 

 

 

 

 

 


1.      Berdasarkan gambar  di atas, garis manakah yang merupakan jari-jari alas kerucut?

Yang merupakan jari-jari alas kerucut yaitu garis ………………………………

2.      Garis manakah yang merupakan diameter alas kerucut?

Yang merupakan diameter alas kerucut yaitu garis ………………………………

3.      Garis manakah yang menunjukkan tinggi kerucut?

Yang merupakan tinggi kerucut yaitu garis ……………………………………..

Berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah kalian amati di atas, maka tulislah pengertian kerucut!

Kerucut adalah ………………………………………………..................................

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan B: Menentukan Rumus Luas Selimut Kerucut & Luas Permukaan Kerucut

 

1.      Ikutilah langkah-langkah di bawah ini!

  1. Bongkarlah kerucut yang telah dibagikan pada masing-masing kelompok!

b.      Gambarlah kerucut yang telah kamu bongkar pada poin 1(a) di bawah ini!

 

 

L1

 

 

 

L2

 

 

 

 

 

 


  1. Dari kerucut yang telah kamu bongkar, diperoleh 2 bangun datar, yaitu :

a.       …….....

b.      ………

2.        Flowchart: Alternate Process: Ingat!!!
Selimut kerucut = juring lingkaran
dengan  Panjang jari-jari = s (garis pelukis)

Berdasarkan gambar 1(b), maka rumus luas bangun L1 dan L2 adalah:

 ....

 = ......

 

 

 

             

             

 

 

Dari rumus luas bangun L1 dan  L2 di atas, maka diperoleh:

Luas permukaan kerucut = luas alas kerucut + luas selimut kerucut

                = L1 + L2

                  = ……… + ………

                = …….(….+ ….)

            Jadi, luas permukaan kerucut = …….

 

3.        Panjang jari-jari alas sebuah kerucut 5 cm. jika tinggi kerucut 12 cm dan π=3,14, hitunglah:

a.    Panjang garis pelukis (s)                      c. Luas selimut kerucut

b.    Luas alas kerucut                                 d. Luas permukaan kerucut

 

Horizontal Scroll: Kerucut adalah ……………………………………………………………………           ………………………………………………………………………………………
Rumus luas selimut kerucut 	= …………………………………
Rumus luas permukaan kerucut     = ………………………………...

Dari kegiatan di atas, dapat disimpulkan bahwa:

 

LEMBAR KERJA SISWA II

Kelas / Semester : IX/ Satu

Materi pokok      : Kerucut

Hari/Tanggal       :

Petunjuk   :

1.        Tulislah nama kelompok dan anggota kelompok pada tempat yang telah disediakan.

2.        Diskusikanlah masalah berikut dengan anggota kelompok masing-masing.

3.        Pergunakan alat peraga yang tersedia untuk menyelesaikan LKS.

 


Kelompok                    : ………………………

Anggota Kelompok      : 1. ……………..                  5. ………………                   

                                        2. ……………..                  6.  ………………      

                                        3. ……………..                  7. .........................

                                        4. ......................

 

Kegiatan A: Menentukan Rumus Volume Kerucut

Perhatikan gambar di bawah ini!

1.    Ikutilah langkah-langkah di bawah ini!

a.    Sediakan wadah yang berbentuk tabung dan kerucut dengan panjang jari-jari alas kerucut dan tabung sama, yaitu r dan tinggi kerucut sama dengan tinggi tabung, yaitu t.

b.    Isilah kerucut dengan tepung sampai penuh, kemudian tuangkan pada tabung. Berapa kali kalian harus menuang kerucut yang berisi tepung agar dapat mengisi tabung sampai penuh?................................................................................................................

………………………………………………………………………………………..

 

2.    Berdasarkan kegiatan di atas, maka diperoleh:

            Volume tabung  = …. x volume kerucut

            Sehingga,

            Volume kerucut = .......  x volume tabung

                                      = …… x ……

3.    Setelah melakukan kegiatan-kegiatan di atas, tulislah dengan kalimat sendiri tentang cara menemukan rumus volume kerucut. Diskusikan dengan anggota kelompok masing-masing!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

4.    Sebuah kerucut mempunyai panjang jari-jari 2 cm, panjang garis pelukisnya 12 cm dan π = 3,14, hitunglah:

a.    Tinggi kerucut

b.    Volume kerucut

Dari kegiatan di atas, dapat disimpulkan bahwa:

Wave: Rumus Volume kerucut = …… x volume tabung
			= 
 

 

 


LEMBAR KERJA SISWA III

Kelas / Semester : IX/ Satu

Materi pokok      : Kerucut

Hari/Tanggal       :       

Petunjuk   :

1.    Tulislah nama kelompok dan anggota kelompok pada tempat yang telah disediakan.

2.    Diskusikanlah masalah berikut dengan anggota kelompok masing-masing.

 


Kelompok                    : ………………………

Anggota Kelompok      : 1. ……………..                  5. ………………                   

                                        2. ……………..                  6.  ………………      

                                        3. ……………..                  7. ..........................

                                        4. .......................

1.        Rini akan membuat 10 topi ulang tahun berbentuk kerucut yang terbuat dari karton. Jika diameter alas 20 cm dan tingginya 24 cm, luas karton yang diperlukan adalah.......

Jawaban:

Karena panjang diameter dua kali panjang jari-jari, maka panjang jari-jari .................

Panjang garis pelukis (s), s2 = ..... + .....

                                             = ..... + .....

                                             = ............

                                           s = ............

                                             = .............

luas karton yang diperlukan = .... x ..... x .....

                                             = .... x .... x .....

                                             = ........ 

Jadi, luas karton yang diperlukan untuk membuat 10 topi adalah

= ...... x .......

= ..........

 

2.        Topi petani berbentuk kerucut dengan keliling alas 110 cm dan panjang garis pelukisnya 25 cm.

 

 

Dengan menggunakan nilai  , hitunglah:

a.       Panjang jari-jari alasnya!

b.      Luas karton yang diperlukan untuk membuat topi tersebut!

Jawaban:

a.       Karena alas kerucut berbentuk lingkaran, maka keliling alas merupakan keliling lingkaran, maka:

Keliling alas = ..... x .... x r

                  110 = ...... x .... x r

                       r = ..........

       jadi panjang jari-jari adalah ...............

b.      Luas karton yang diperlukan untuk membuat topi tersebut = .... x .... x .....

                                                                                              = ..... x .... x .....

                                                                                              = ...........

 

3.        Tentukan tinggi sebuah kerucut jika diketahui volumenya 462 cm3 dan diameter alasnya 21 cm.

Jawaban:

Panjang jari-jari= ..................

Volume kerucut = .... x .... x ... x t

                 462   = ... x ... x ... x t

                 462   = ....... x t

                        t = ..........

jadi, tinggi kerucut tersebut adalah .......................

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...