Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Semester : 1
Standar Kompetensi : BILANGAN
1.
Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar |
Materi Ajar |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber / Bahan / Alat |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen |
||||||
1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dan pecahan.
|
Bilangan Bulat.
· Mengenal
bilangan
negatif.
|
· Mengenal jenis-jenis
bilangan bulat beserta contohnya. · Mengidentifikasi besaran
sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.
· Menentukan letak
bilangan bulat pada sebuah garis bilangan.
|
· Memberikan contoh
bilangan bulat.
· Menentukan letak
bilangan bulat dalam garis bilangan.
|
· Tugas
individu. |
· Uraian singkat. |
1. Perhatikan daftar berikut: -60,
10, 15, 24, +85, -6, 0, 3. a. Tulislah bilangan bulat positifnya. b. Tulislah bilangan bulat negatifnya. c. Manakah yang bukan bilangan bulat positif
maupun negatif.
2. Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam sebuah
garis bilangan. a.
-6, 5, -8, 0, 1 b. -1,
-2, 3, 4, 10
|
2 ´ 40 menit. |
Sumber: · Buku paket (Buku Matematika
SMP dan MTs Untuk Kelas VII Semester Buku referensi lain.
Alat: · Laptop · LCD · OHP
|
|
· Menjumlahkan
bilangan bulat.
· Mengurangkan
bilangan bulat.
· Mengalikan
bilangan bulat. · Membagi
bilangan bulat.
|
· Mendiskusikan cara melakukan operasi
penjumlahan pada bilangan bulat: -
Menggunakan garis bilangan untuk menentukan jumlah
bilangan bulat. -
Menggunakan model koin untuk menentukan jumlah bilangan
bulat. · Mendiskusikan cara melakukan operasi
pengurangan pada bilangan bulat: -
Menghitung hasil pengurangan bilangan bulat menggunakan
garis bilangan atau model koin. · Mengenal sifat-sifat pada operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. · Mendiskusikan cara melakukan operasi
perkalian dan pembagian pada bilangan bulat termasuk operasi campuran. · Menentukan
sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan
positif dengan negatif.
|
·
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
|
· Tugas
individu. |
· Uraian singkat. |
Hitunglah. a. 4 + (-6) b. -14 – (-20) c. 3 ´ (-7 + 10) d. 18 : (-3)
|
2 ´ 40 menit. |
Sumber: · Buku
paket hal. 6-11, 11-16, 16-19,
19-21. · Buku
referensi lain.
Alat: · Laptop · LCD · OHP |
|
· Menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.
·
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga
bilangan bulat.
|
· Mendiskusikan cara menaksir
hasil perhitungan dari operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan
terlebih dahulu melakukan pembulatan terhadap bilangan tersebut.
· Menghitung kuadrat dan akar
kuadrat bilangan bulat dengan dan tanpa kalkulator. · Menghitung pangkat tiga dan
akar pangkat tiga bilangan bulat dengan dan tanpa kalkulator.
|
· Menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.
·
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat.
|
· Tugas
individu. |
· Uraian singkat. |
Hitunglah. a. Kuadrat dari (-20) b. c. d. |
2 ´ 40
menit. |
Sumber: · Buku
paket hal. 21-23, 23-31, 31-38 · Buku
referensi lain.
Alat: · Laptop · LCD · OHP |
|
Bilangan Bulat.
· Mengenal bilangan negatif. · Menjumlah,
mengurang, mengali, dan membagi
bilangan bulat. · Menaksir hasil perkalian
dan pembagian bilangan bulat · Menghitung kuadrat dan
pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
|
· Melakukan ulangan berisi materi
yang berkaitan dengan bilangan bulat, yaitu mengenai bilangan negatif, cara
menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan
pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
|
· Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai
bilangan bulat, yaitu bilangan negatif dan cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan,
dan membagi bilangan bulat, menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan
pangkat tiga serta akar kuadrat dan
akar pangkat tiga bilangan bulat.
|
· Ulangan harian. |
· Uraian singkat.
. |
1. Dalam suatu permainan, bila menang diberi
nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain
sebanyak 47 kali, 21 menang, dan 3
kali seri. Nilai yang
diperoleh regu itu adalah ....
2. Sederhanakanlah bentuk perkalian 3 ´ 3 ´ 3 ´ 5 ´ 5 ´ 5 menjadi bentuk
pangkat tiga, kemudian hitunglah. |
2 ´ 40 menit. |
Sumber: · Buku paket hal. 1-38. · Buku
referensi lain.
Alat: · Laptop · LCD · OHP
|
|
Bilangan
Pecahan.
· Mengingat bilangan pecahan. · Mengenal pecahan biasa
dan campuran. · Mengenal pecahan yang
senilai.
· Mengurutkan pecahan.
· Mengubah pecahan biasa
menjadi pecahan campuran dan
sebaliknya. · Mengenal persen dan
permil. · Mengenal bilangan
desimal.
|
· Mendiskusikan
jenis-jenis bilangan pecahan (bilangan pecahan biasa, campuran, desimal,
persen, dan permil) beserta contohnya. · Mendiskusikan bilangan pecahan
yang senilai.
· Mengurutkan pecahan dan
menentukan letak pecahan tersebut pada garis bilangan.
· Mengubah bentuk pecahan biasa menjadi
pecahan campuran, dan sebaliknya.
|
· Memberikan contoh
berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran,
desimal, persen, dan permil.
· Mengurutkan pecahan.
· Mengubah
bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
|
·
Tugas individu. |
· Uraian
singkat. |
1. Tulislah
biasa. 2. Tulislah campuran. 3. Tulislah
4. Urutkan pecahan-pecahan berikut dari yang terkecil. a.
5. Ubahlah pecahan |
4 ´ 40 menit. |
Sumber: · Buku
paket hal. 39-42, 42-45, 45-49, 50-53, 54-56, 56-62, 62-68. · Buku referensi lain.
Alat: · Laptop · LCD · OHP
|
|
· Menyelesaikan operasi
hitung pecahan. · Menyelesaikan operasi
hitung bilangan desimal. · Menyelesaikan
perpangkatan pecahan.
· Menuliskan bilangan
pecahan bentuk baku.
· Menaksir hasil operasi
hitung pecahan dan bilangan desimal.
|
· Melakukan operasi hitung penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan bilangan desimal.
· Menyelesaikan perpangkatan pecahan.
· Menuliskan suatu bilangan ke
dalam bentuk baku (bentuk ilmiah). · Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal.
· Menaksir hasil operasi hitung
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan bilangan
desimal.
|
· Menyelesaikan operasi
hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.
· Menuliskan bilangan
pecahan bentuk baku.
· Menaksir hasil operasi
hitung pecahan dan bilangan desimal.
|
·
Tugas individu. |
· Uraian
singkat. |
1. Hitunglah: a. b. c. 16,7 + 4,25 d. 5,8 – 4,37 e.
2.
Tulislah dalam bentuk
a. 0,00000007051
b. 25,6
3. Taksirlah. a.
b. c.
1,39 + 0,69 d.
72,3 : 8,7
|
4 ´ 40 menit. |
Sumber: · Buku paket hal. 69-83, 84-90, 90-92, 92-93, 94-98, 99-102. · Buku referensi lain.
Alat: · Laptop · LCD · OHP
|
|
Bilangan
Pecahan.
· Mengingat bilangan pecahan. · Mengenal pecahan biasa dan campuran. · Mengenal pecahan yang senilai. · Mengurutkan pecahan. · Mengubah pecahan biasa
menjadi pecahan campuran dan
sebaliknya. · Mengenal persen dan
permil dan bilangan desimal. · Menyelesaikan operasi
hitung pecahan dan bilangan desimal. · Menyelesaikan
perpangkatan pecahan. · Menuliskan bilangan
pecahan bentuk baku. · Menaksir hasil operasi
hitung pecahan dan bilangan desimal.
|
· Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan bilangan pecahan, yaitu mengenai pecahan biasa
dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan
biasa menjadi pecahan campuran dan
sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung
pecahan , bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan
bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
|
· Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan pecahan, yaitu mengenai
pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan,
mengubah pecahan biasa menjadi pecahan
campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan
operasi hitung pecahan , bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan,
menuliskan bilangan pecahan
bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal. |
· Ulangan harian. |
· Uraian singkat.
· Pilihan ganda.
|
1. Jika
2. Berapakah 9 + 18 : 4,5 ? a. 6 c. 31,5 b. 13
d. 36 |
2 ´ 40 menit. |
Sumber: · Buku paket hal. 39-102. · Buku
referensi lain.
Alat: · Laptop · LCD · OHP
|
1.2. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah. |
· Bilangan bulat dan bilangan pecahan.
|
· Mendiskusikan sifat-sifat
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat
dan pecahan. · Mendiskusikan cara menggunakan
sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat dan
pecahan
|
· Menemukan dan
menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah. |
·
Tugas individu. |
· Uraian
singkat. |
1. Isilah titik-titik berikut ini. a. -9 + 3 = .... b.
3 + (-9) = .... Jadi, -9 + 3 =
.... + ....
2. a.
2 b.
(2 Jadi, 2 ( ....
3. Mino mempunyai sebuah bilangan bulat.
Bilangan tersebut bila dikalikan 2 kemudian ditambah 7 menghasilkan bilangan
itu sendiri. Tentukan nilai blangan tersebut.
4. Daging sapi dimasukkan ke dalam ruang
pendingin bersuhu
|
4 ´ 40 menit. |
Sumber: · Buku
paket hal. 10-11, 14, 17-18, 31-33, 69-98. · Buku referensi lain.
Alat: · Laptop · LCD · OHP
|
Comments
Post a Comment