Skip to main content

Contoh Silabus Bilangan Bulat

Silabus

 

Jenjang                     :   SMP  dan MTs

Mata Pelajaran      :   Matematika

Kelas                         :   VII

Semester                   :   1

 

Standar Kompetensi  : BILANGAN              

1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

(menit)

Sumber /

Bahan /

Alat

 

Teknik

 

Bentuk Instrumen

 

 

Contoh

Instrumen

 

1.1.     Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

 

 

Bilangan Bulat.

 

·  Mengenal 

    bilangan

    negatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Mengenal jenis-jenis bilangan bulat beserta contohnya.

·      Mengidentifikasi besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.

 

 

 

 

·      Menentukan letak bilangan bulat pada sebuah garis bilangan.

 

 

 

 

 

·      Memberikan contoh bilangan bulat.

 

 

 

 

 

 

·      Menentukan letak bilangan  bulat dalam garis bilangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·  Tugas individu.

 

·   Uraian singkat.

 

1.   Perhatikan daftar berikut:

      -60, 10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.

      a. Tulislah bilangan bulat positifnya.

      b. Tulislah bilangan bulat negatifnya.

      c.  Manakah yang bukan bilangan bulat positif maupun negatif.

 

2.   Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam sebuah garis bilangan.

       a.  -6, 5, -8, 0, 1

       b.  -1, -2, 3, 4, 10

 

 

 

 

 

 

 

 

2 ´ 40

menit.

 

Sumber:

·      Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs  Untuk Kelas VII    Semester Buku referensi    lain.

 

Alat:

·    Laptop

·    LCD

·    OHP

 

 

 

·  Menjumlahkan

    bilangan bulat.

 

 

 

 

 

 

 

·  Mengurangkan

    bilangan bulat.

 

 

 

 

 

 

 

 

·  Mengalikan

    bilangan bulat.

·  Membagi

    bilangan bulat.

 

 

 

·     Mendiskusikan cara melakukan operasi penjumlahan pada bilangan bulat:

-          Menggunakan garis bilangan untuk menentukan jumlah bilangan bulat.

-          Menggunakan model koin untuk menentukan jumlah bilangan bulat.

·     Mendiskusikan cara melakukan operasi pengurangan pada bilangan  bulat:

-          Menghitung hasil pengurangan bilangan bulat menggunakan garis bilangan atau model koin.

·      Mengenal sifat-sifat pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

·      Mendiskusikan cara melakukan operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat termasuk operasi campuran.

·      Menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif.

 

 

·      Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·  Tugas individu.

 

·   Uraian singkat.

 

Hitunglah.

a.  4 + (-6)

b.  -14 – (-20)

c.  3 ´ (-7 + 10)

d.  18 : (-3)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      2 ´ 40

 menit.

 

Sumber:

·     Buku paket hal. 6-11,     11-16, 16-19, 19-21.

·     Buku referensi    lain.

 

Alat:

·    Laptop

·    LCD

·    OHP

 

 

·   Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.

 

 

 

·    Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat

      tiga bilangan bulat.

 

 

·      Mendiskusikan cara menaksir hasil perhitungan dari operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan terlebih dahulu melakukan pembulatan terhadap bilangan tersebut.

 

·      Menghitung kuadrat dan akar kuadrat bilangan bulat dengan dan tanpa kalkulator.

·      Menghitung pangkat tiga dan akar pangkat tiga bilangan bulat dengan dan tanpa kalkulator.

 

 

·   Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.

 

 

 

·    Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.

 

 

·  Tugas individu.

 

·   Uraian singkat.

 

Hitunglah.

a.  Kuadrat dari (-20)

b. 

c. 

d.

 

2 ´ 40 

  menit.

 

Sumber:

·     Buku paket hal. 21-23,   23-31, 31-38

·     Buku referensi    lain.

 

Alat:

·    Laptop

·    LCD

·    OHP

 

 

Bilangan Bulat.

 

·      Mengenal  bilangan negatif.

·      Menjumlah, mengurang,   mengali, dan membagi bilangan bulat.

·      Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat

·      Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.

 

 

·   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan bilangan bulat, yaitu mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga

     bilangan bulat.

 

 

 

 

·      Mengerjakan soal dengan  baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan bulat, yaitu bilangan negatif dan cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat,  menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan  akar pangkat tiga bilangan bulat.

 

 

·   Ulangan harian.

 

·  Uraian singkat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

 

1.    Dalam suatu permainan, bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21 menang, dan    3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ....

 

2.    Sederhanakanlah bentuk perkalian   3 ´ 3 ´ 3 ´ 5 ´ 5 ´ 5 menjadi bentuk pangkat tiga, kemudian hitunglah.

 

 2 ´ 40

  menit.

 

Sumber:

·     Buku paket hal. 1-38.

·     Buku referensi    lain.

 

Alat:

·    Laptop

·    LCD

·    OHP

 

 

 

 

Bilangan Pecahan.

 

·      Mengingat  bilangan pecahan.

·      Mengenal pecahan biasa dan campuran.

·      Mengenal pecahan yang senilai.

 

 

·      Mengurutkan pecahan.

 

 

 

 

 

·      Mengubah pecahan biasa menjadi  pecahan campuran dan sebaliknya.

·      Mengenal persen dan permil.

·      Mengenal bilangan desimal.

 

 

·      Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan (bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil) beserta contohnya.

·      Mendiskusikan bilangan pecahan yang senilai.

 

 

 

 

 

 

·      Mengurutkan pecahan dan menentukan letak pecahan tersebut pada garis bilangan.

 

 

 

 

·   Mengubah bentuk pecahan biasa menjadi pecahan campuran, dan sebaliknya.

 

 

 

·      Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.

 

·      Mengurutkan pecahan.

 

 

 

 

 

·   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

 

 

 

·  Tugas  individu.

 

·   Uraian singkat.

1.    Tulislah  sebagai pecahan

        biasa.

2.    Tulislah  sebagai pecahan

       campuran.

3.    Tulislah   dalam persen dan permil.

 

 

 

 

4.    Urutkan pecahan-pecahan berikut dari  yang terkecil.

       a.          b. 

5.    Ubahlah pecahan dalam bentuk desimal.    

 

 4 ´ 40

   menit.

 

Sumber:

·    Buku paket hal. 39-42, 42-45, 45-49, 50-53, 54-56, 56-62, 62-68.

·     Buku referensi    lain.

 

Alat:

·    Laptop

·    LCD

·    OHP

 

 

 

 

·      Menyelesaikan operasi hitung pecahan.

·      Menyelesaikan operasi hitung bilangan desimal.

·      Menyelesaikan perpangkatan pecahan.

 

 

·      Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

 

 

 

·      Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.   

 

 

·   Melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan bilangan desimal.

 

 

 

·   Menyelesaikan perpangkatan pecahan.

 

 

 

·   Menuliskan suatu bilangan ke dalam bentuk baku (bentuk ilmiah).

·   Mendiskusikan cara membulatkan

     bilangan pecahan sampai satu atau 

     dua desimal.

 

·   Menaksir hasil operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan bilangan desimal.

 

 

·      Menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan  pecahan dan bilangan desimal.

 

·      Menuliskan bilangan pecahan  bentuk baku.

 

 

 

·      Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

 

 

·  Tugas  individu.

 

·   Uraian singkat.

 

1.    Hitunglah:

        a.   

        b.   

        c.    16,7 + 4,25

        d.    5,8 – 4,37

        e.     

 

 

2.    Tulislah dalam bentuk baku.

        a.    0,00000007051

        b.   25,6 

 

 

 

 

 

3.    Taksirlah.

       a.  

      b.  

       c.   1,39 + 0,69

       d.   72,3 : 8,7 

 

 

 4 ´ 40

   menit.

 

Sumber:

·     Buku paket hal. 69-83,   84-90, 90-92, 92-93, 94-98, 99-102.

·     Buku referensi    lain.

 

Alat:

·    Laptop

·    LCD

·    OHP

 

 

 

 

Bilangan Pecahan.

 

·      Mengingat  bilangan pecahan.

·      Mengenal pecahan biasa dan campuran.

·      Mengenal pecahan yang senilai.

·      Mengurutkan pecahan.

·      Mengubah pecahan biasa menjadi  pecahan campuran dan sebaliknya.

·      Mengenal persen dan permil dan bilangan desimal.

·      Menyelesaikan operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

·      Menyelesaikan perpangkatan pecahan.

·      Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

·      Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

 

 

·      Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan bilangan pecahan, yaitu mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi  pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan , bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

 

 

 

 

 

·      Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan pecahan, yaitu mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi  pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan , bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan        pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

 

·   Ulangan harian.

 

·  Uraian singkat.

 

 

 

·  Pilihan ganda.

 

 

 

 

 

 

 

1.    Jika , berapakah nilai d ?

 

 

2.    Berapakah 9 + 18 : 4,5 ?

       a.   6            c. 31,5

       b.  13           d. 36

 

 2 ´ 40

  menit.

 

Sumber:

·     Buku paket hal. 39-102.

·     Buku referensi    lain.

 

Alat:

·    Laptop

·    LCD

·    OHP

 

 

 

1.2.     Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.

 

·    Bilangan bulat dan bilangan pecahan.

 

 

·      Mendiskusikan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan.

·      Mendiskusikan cara menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat dan pecahan

 

 

·      Menemukan dan menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah.

 

·  Tugas  individu.

 

·   Uraian singkat.

 

1.    Isilah titik-titik berikut ini.

       a.  -9 + 3 =  ....

       b.  3 + (-9) =  ....

       Jadi, -9  +  3 = ....  +  ....

 

2.    a.  2  (4   5) = ....

       b.  (2  4)  5  = ....      

       Jadi, 2  (4  5) =                             

                ( .... ....) ....  = ....

 

3.   Mino mempunyai sebuah bilangan bulat. Bilangan tersebut bila dikalikan 2 kemudian ditambah 7 menghasilkan bilangan itu sendiri. Tentukan nilai blangan tersebut.

 

4.   Daging sapi dimasukkan ke dalam ruang pendingin bersuhu . Kemudian, daging sapi dikeluarkan untuk dijual dan suhunya naik setiap 1 jam. Berapakah suhu daging sapi setelah 6 jam dikeluarkan dari ruang pendingin?

 

 

 4 ´ 40

   menit.

 

Sumber:

·     Buku paket hal. 10-11, 14, 17-18, 31-33, 69-98.

·     Buku referensi    lain.

 

Alat:

·    Laptop

·    LCD

·    OHP

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.