![]() |
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
A.
Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA
bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,
konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik
untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan
lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada
pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi
dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk
inkuiri dan berbuat sehingga dapat
membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah
yang dapat diidentifikasikan. Penerapan
IPA perlu dilakukan secara bijaksana untuk menjaga dan memelihara kelestarian
lingkungan. Di tingkat SMP/MTs
diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan,
teknologi, dan masyarakat) secara
terpadu yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat
suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara
bijaksana.
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan
secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry)
untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta
mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu
pembelajaran IPA di SMP/MTs menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara
langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap
ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan
Kompetensi Dasar (KD) IPA di SMP/MTs merupakan standar minimum yang secara
nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan
kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada
pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan
pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
B. Tujuan
Mata pelajaran IPA di SMP/MTs
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha
Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2. Mengembangkan pemahaman tentang
berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan
kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.
Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan
berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah
serta berkomunikasi
5.
Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam
memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
6.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala
keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.
Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA
sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan
ke jenjang selanjutnya.
C.
Ruang Lingkup
Bahan kajian IPA untuk SMP/MTs merupakan kelanjutan bahan
kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.
Materi dan Sifatnya
3.
Energi dan Perubahannya
4.
Bumi dan Alam Semesta
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis pentingnya
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1 Mengidentifikasi struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada
tumbuhan hijau
2.3 Mengidentifikasi
macam-macam gerak pada tumbuhan
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan konsep
atom, ion, dan molekul
3.2 Menghubungkan konsep
atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
3.3 Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa
|
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
|
4.1 Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
4.2 Mengkomunikasikan
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
4.3 Mendeskripsikan
bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam
bahan makanan
4.4 Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
4.5 Menghindarkan diri
dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
Kelas VIII,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1
Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan
pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
5.2
Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5.3
Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya,
prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.4
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair,
dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang
dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1 Mendeskripsikan konsep
getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi
dalam kehidupan sehari-hari
6.3 Menyelidiki sifat-sifat
cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IX, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan
penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup
makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada
makhluk hidup
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil
pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
3. Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mendeskripsikan muatan
listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis percobaan
listrik dinamis dalam suatu rangkaian
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja
elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan hubungan
energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IX, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
4.
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara
membuat magnet
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
4.3 Menerapkan konsep
induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang
memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
5.
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata
surya
5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang
dan bumi sebagai salah satu planet
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksinya
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
5.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Comments
Post a Comment