Skip to main content

RPP Persamaan Kuadrat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                              :  SMA Negeri 1 Bandar Baru
Mata Pelajaran                  : Matematika       
Kelas/semester                  : X / I (satu)
Materi Pokok                    : Persamaan Kuadrat
Alokasi Waktu                  :    2  x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran         : Melalui permainan Team Game turnamen  siswa 
1.      Memiliki sifat tangguh dan mampu bekerja sama dalam kelompok
2.      Mampu mendeskripsikan bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat
3.      Mampu menyelesaikan persamaan kuadrat.
4.      Mampu mengkomunikasikan secara lesan dan tulisan dan menerapkan konsep persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata .

  1. Kompetensi Dasar
2.1    Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah
2.2  Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
3.9  Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat di ubah menjadi persamaan kuadrat
3.10 Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi dan menerapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran jawabannya

4.9   Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan
  1. Indikator :
·         Mampu bekerja sama dalam pembelajaran Persamaan Kuadrat
·         Bertanggungjawab dalam kegiatan dalam kelompok
·         Menjelaskan kembali berbagai ekspresi yang dapat diubah kedalam persamaan kuadrat
·         Menentukan akar-akar  Persamaan Kuadrat
·         Terampil menerapkan konsep persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan

  1. Materi Pembelajaran
Ø  Menemukan Konsep Persamaan Kuadrat Satu Peubah
Ø  Menentukan akar persamaan kuadrat
  1. Metode Pembelajaran
·                Pendekatan scientific
·                Model Pembelajaran    : Cooperatif  Learning type TGT ( Team Game Turnament )
  1. Media Pembelajaran
Bahan tayang , Lembaran tugas
  1. Sumber Belajar :
Buku Siswa halaman 215 sd 233
  1. Bentuk Kegiatan Pembelajaran :

Kegiatan

Waktu
Pendahuluan :
Ø  Dengan tayangan presentasi guru membuka cakrawala siswa tentang  contoh fakta kongkrit yang  menggambaran adanya persamaan kuadrat pada fakta tersebut .
Kegiatan Inti  :
Ø  Guru  menjelaskan pengertian persamaan kuadrat dan unsur-unsurnya.
Ø   Dengan bertanya guru menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang mengubah suatu persamaan menjadi bentuk kuadrat
Ø  Guru menjelaskan penyeleaian persamaan kuadrat dengan memfaktorkan .
Ø  Guru membentuk kelompok siswa menjadi dua kelompok ( A dan B ) dengan cara berdiskusi Setiap kelompok diminta untuk mengerjakan lembaran tugas/soal , selanjutnya guru mengamati aktivitas dalam kelompok.
Ø  Setelah waktu yang di berikan untuk mengerjakan tugas di anggap cukup , Guru memilih satu orang di kelompok A  (a1) dan dari kelompok B (b1) untuk maju ke meja turnamen .(a1) diminta mengambil pertanyaan dan membacakannya.
Ø  Dari pertanyaan yang dibacakan (a1) memutuskan apakah akan di jawab atau di lempar kepada (b1) sebagai penantang . Jika jawaban (a1) benar maka ia mendapat poin baik untuk dirinya atau kelompoknya. Sedangkan jika jawaban (a1) salah dan jawaban (b1) benar maka poin didapatkan oleh (b1) . Jika keduanya salah maka tidak ada yang mendapat poin dari soal tersebut .  
Ø   Diulang untuk kegiatan diatas dengan (b1) yang mengambil pertanyaan.
Ø  Kegiatan di teruskan untuk (a2) dan (b2) yang bertanding .
Ø  Guru memberikan penghargaan pada kelompok maupun siswa yang mempunyai poin lebih baik

Kegiatan Akhir :
Siswa diminta membuat simpulan dari kegiatan tersebut
Diberikan tugas PR yang relevan..


10’






75’












5’

  1. Penilaian :
1.      Tehnik Penilaian :
Ø  Pengamatan
Ø  test tertulis
2.      Instrumen Penilaian :
1.                   Instrumen Pengamatan
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
·         Mampu bekerja sama dalam pembelajaran Persamaan Kuadrat
·         Bertanggungjawab dalam kegiatan dalam kelompok

Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
·         Menjelaskan kembali berbagai ekspresi yang dapat diubah kedalam persamaan kuadrat
·         Menentukan akar-akar  Persamaan Kuadrat
·         Menentukan Jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
·         Menyusun persamaan kuadrat yang akarnya x1 dan x2



Pengamatan dan tes

Penyelesaian soal baik individu maupun dalam kelompok
3.

Keterampilan
Terampil menerapkan konsep persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan


Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun dalam kelompok ) dan saat diskusi

2.         Instrumen Penilaian test tertulis :

1.      Ubahlah kedalam bentuk baku kudrat :

2.      Tentukan Himpunan penyelesaian dari :


Demak,      
Guru Mata Pelajaran



Muhamad Jaelani, S.Pd
NIP.





LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas/Semester             : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan        : semua proses pembelajaran
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran Persamaan Kuadrat
1.       Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak kerjasama dalam pembelajaran
2.       Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha kerjasama dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.       Sangat baik jika menunjukkan sudah kerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bertanggungjawab dalam kegiatan kelompok.
1.       Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bertanggungjawab dalam kegiatan kelompok.
2.       Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bertanggungjawab  dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.       Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bertanggungjawab dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Bekerja sama dalam pembelajaran Persamaan Kuadrat

Bertanggung Jawab


KB
B
SB
KB
B
SB
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29







30







31







32








Keterangan:
KB        : Kurang baik
B          : Baik
SB        : Sangat baik












LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas/Semester             : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan        :
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1.      Kurang terampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep dan strategi  dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya yang terkaitdengan persamaan kuadrat secara lisan dan tulisan
2.      Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep dan strategi  dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya yang terkaitdengan persamaan kuadrat secara lisan dan tulisan
3.      Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha menerapkan konsep dan strategi  dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya yang terkaitdengan persamaan kuadrat secara lisan dan tulisan
.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
menerapkan konsep dan strategi  dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya yang terkaitdengan persamaan kuadrat secara lisan dan tulisan

KT
T
ST
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20




21




22




23




24




25




26




27




28




29




30




31




32





Keterangan:
KT        : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...