RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Negeri 1 Bandar Baru
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : X / I (satu)
Materi Pokok : Persamaan Kuadrat
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran : Melalui permainan Team Game
turnamen siswa
1. Memiliki sifat tangguh dan mampu bekerja sama
dalam kelompok
2. Mampu mendeskripsikan bentuk ekspresi yang dapat
diubah menjadi persamaan kuadrat
3. Mampu menyelesaikan persamaan kuadrat.
4. Mampu mengkomunikasikan secara lesan dan tulisan
dan menerapkan konsep persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata .
- Kompetensi Dasar
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah
2.2 Mampu mentransformasi diri
dalam berpilaku jujur,
tangguh mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
3.9 Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang
dapat di ubah menjadi persamaan kuadrat
3.10 Mendeskripsikan
persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi dan menerapkan untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran jawabannya
4.9 Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi
dan persamaan kuadrat
dalam menyelesaikan
masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan
dan tulisan
- Indikator :
·
Mampu bekerja
sama dalam pembelajaran Persamaan Kuadrat
·
Bertanggungjawab
dalam kegiatan dalam kelompok
·
Menjelaskan
kembali berbagai ekspresi yang dapat diubah kedalam persamaan kuadrat
·
Menentukan
akar-akar Persamaan Kuadrat
·
Terampil menerapkan konsep persamaan
kuadrat dalam
menyelesaikan
masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan
dan tulisan
- Materi Pembelajaran
Ø Menemukan
Konsep Persamaan Kuadrat Satu Peubah
Ø Menentukan
akar persamaan kuadrat
- Metode Pembelajaran
·
Pendekatan
scientific
·
Model Pembelajaran : Cooperatif Learning type
TGT ( Team Game Turnament )
- Media Pembelajaran
Bahan tayang , Lembaran tugas
- Sumber Belajar :
Buku Siswa halaman 215 sd 233
- Bentuk Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan :
Ø Dengan tayangan
presentasi guru membuka cakrawala siswa tentang contoh fakta kongkrit yang menggambaran adanya persamaan kuadrat pada
fakta tersebut .
Kegiatan Inti :
Ø Guru
menjelaskan pengertian persamaan kuadrat dan unsur-unsurnya.
Ø Dengan bertanya guru menstimulus rasa ingin tahu
siswa tentang mengubah suatu persamaan menjadi bentuk kuadrat
Ø Guru menjelaskan penyeleaian persamaan kuadrat
dengan memfaktorkan .
Ø Guru membentuk kelompok siswa menjadi dua
kelompok ( A dan B ) dengan cara berdiskusi Setiap kelompok diminta untuk
mengerjakan lembaran tugas/soal , selanjutnya guru mengamati aktivitas dalam
kelompok.
Ø Setelah waktu yang di berikan untuk mengerjakan
tugas di anggap cukup , Guru memilih satu orang di kelompok A (a1) dan dari kelompok B (b1) untuk maju ke
meja turnamen .(a1) diminta mengambil pertanyaan dan membacakannya.
Ø Dari pertanyaan yang dibacakan (a1) memutuskan
apakah akan di jawab atau di lempar kepada (b1) sebagai penantang . Jika
jawaban (a1) benar maka ia mendapat poin baik untuk dirinya atau kelompoknya.
Sedangkan jika jawaban (a1) salah dan jawaban (b1) benar maka poin didapatkan
oleh (b1) . Jika keduanya salah maka tidak ada yang mendapat poin dari soal
tersebut .
Ø Diulang
untuk kegiatan diatas dengan (b1) yang mengambil pertanyaan.
Ø Kegiatan di teruskan untuk (a2) dan (b2) yang
bertanding .
Ø Guru memberikan penghargaan pada kelompok maupun
siswa yang mempunyai poin lebih baik
Kegiatan Akhir :
Siswa diminta
membuat simpulan dari kegiatan tersebut
Diberikan tugas
PR yang relevan..
|
10’
75’
5’
|
- Penilaian :
1. Tehnik Penilaian :
Ø Pengamatan
Ø test tertulis
2. Instrumen Penilaian :
1.
Instrumen Pengamatan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
·
Mampu
bekerja sama dalam pembelajaran Persamaan Kuadrat
·
Bertanggungjawab
dalam kegiatan dalam kelompok
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
·
Menjelaskan
kembali berbagai ekspresi yang dapat diubah kedalam persamaan kuadrat
·
Menentukan
akar-akar Persamaan Kuadrat
·
Menentukan
Jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
·
Menyusun
persamaan kuadrat yang akarnya x1 dan x2
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian soal baik individu maupun dalam kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep persamaan
kuadrat dalam
menyelesaikan
masalah nyata dan
menjelaskannya secara lisan
dan tulisan
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun dalam kelompok )
dan saat diskusi
|
2.
Instrumen
Penilaian test tertulis :
1.
Ubahlah
kedalam bentuk baku kudrat :

2.
Tentukan
Himpunan penyelesaian dari :

Demak,
Guru Mata Pelajaran
Muhamad Jaelani, S.Pd
NIP.
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : semua proses pembelajaran
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran Persamaan Kuadrat
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak kerjasama dalam pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha kerjasama dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah kerjasama dalam menyelesaikan tugas
kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bertanggungjawab dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bertanggungjawab dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bertanggungjawab dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bertanggungjawab dalam kegiatan
kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
|||||
Bekerja sama dalam pembelajaran Persamaan Kuadrat
|
Bertanggung
Jawab
|
||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Indikator terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1.
Kurang terampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep dan strategi dalam menyelesaikan masalah
nyata dan
menjelaskannya yang terkaitdengan persamaan
kuadrat secara lisan dan
tulisan
2.
Terampiljika menunjukkan
sudah ada usaha untuk menerapkan konsep dan strategi dalam menyelesaikan masalah
nyata dan
menjelaskannya yang terkaitdengan persamaan
kuadrat secara lisan dan
tulisan
3.
Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha menerapkan
konsep
dan
strategi dalam menyelesaikan
masalah nyata dan menjelaskannya yang terkaitdengan persamaan
kuadrat secara lisan dan
tulisan
.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
menerapkan konsep dan strategi dalam menyelesaikan masalah
nyata dan
menjelaskannya yang terkaitdengan
persamaan kuadrat secara lisan dan
tulisan
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
Comments
Post a Comment