Skip to main content

LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA

LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA

Nama Sekolah     : SMAN 1 Bandar Baru
Kelas/Semester   :  XI / Genap
Hari/Tanggal      : _______________________________________
Waktu                    :           
Materi Pokok       : Turunan Fungsi Trigonometri
Sub Materi Pokok             : _______________________________________
Nama Observer   : _______________________________________

A. PETUNJUK
  1. Amatilah aktivitas siswa dalam kelompok subjek yang telah ditentukan sebelumnya (terdiri dari 2 siswa kelompok atas, 2 siswa kelompok sedang dan 2 kelompok bawah) selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  2. Tulislah hasil pengamatan Anda pada hasil pengamatan, dengan prosedur sebagai berikut:
a.   Setiap 4 menit, pengamat melakukan pengamatan terhadap aktifitas siswa. Kemudian 1 menit berikutnya menuliskan nomor atau kategori aktivitas siswa yang sesuai
b.  Kode/nomor kategori pengamatan ditulis secara berurutan sesuai dengan kejadian, pada baris dan kolom yang sesuai.
c.   Pengamatan dilakukan sejak dimulai sampai berakhirnya pembelajaran.
  1. Kode/nomor kategori aktifitas siswa ditentukan sebagai berikut:
    1. Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru/teman;
    2. Membaca/memahami masalah di LKS;
    3. Menyelesaikan masalah atau menemukan solusi pemecahan masalah;
    4. Membandingkan hasil temuan diskusi kelompok dengan hasil diskusi kelompok yang lain
    5. Menyajikan atau mempresentasikan hasil kerja kelompok
    6. Bertanya/menyampaikan pendapat/ide kepada guru atau teman kelompok;
    7. Menarik kesimpulan suatu konsep yang ditemukan atau suatu prosedur yang dikerjakan
    8. Perilaku yang tidak relevan dengan KBM (seperti: melamun, berjalan-jalan diluar kelompok belajarnnya, membaca buku lain/mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain, bermain-main dengan teman atau mengganggu teman dan lain-lain).
B. TABEL PENGAMATAN

No
Nama Siswa
Kelompok
Pengamatan pada menit ke
5
10
15
20
25
30
35
40
45
50
55
60
65
70
75
80
85
90
95
100
105
110
115
120
1


Atas
























2


























3


Sedang
























4


























5


Bawah
























6



























C. KOMENTAR DAN SARAN PENGAMAT:

..............................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................

Bandar Baru,             2019
Observer,



______________________

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)             ...