Skip to main content

Awal Cerita penggunamaan Portofolio

Istilah portofolio (portfolio) pertama kali digunakan oleh kalangan fotografer dan artis. Melalui portofolio, para fotografer dapat melihat prospektif pekerjaan mereka kepada pelanggan dengan menunjukkan koleksi pekerjaan yang dimilikinya. Dalam dunia kesehatan misalnya, portofolio dapat dilihat dari kartu menuju kesehatan ( KMS ) yang digunakan untuk memantau perkembangan pertumbuhan bayi dari umur 0 tahun sampai usia tertentu. Dalam dunia pendidikan, portofolio juga dapat  digunakan untuk melihat perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu berdasarkan kumpulan hasil karya sebagai bukti dari hasil suatu kegiatan. Portofolio juga dapat dipandang sebagai suatu proses sosial pedadogis. yaitu sebagai collection of learning experience yang terdapat dalam pikiran peserta didik, baik yang berwujud pengetahuan (cognitive), keterampilan (psychomotor) maupun sikap dan nilai (affective). Artinya portofolio bukan hanya berupa benda nyata, melainkan mencakup “segala kegiatan bathiniah” yang terjadi pada diri siswa
            Dalam bidang bahasa, portofolio dapat merupakan suatu adjective yang sering disandang dengan konsep lain, seperti : pembelajaran dan penilaian, karena itu timbul istilah portofolio-based instruction dan portofolio-based assessment.
            Menurut para ahli, portofolio memilki beberapa pengertian. Ada yang memandang sebagai benda, ada yang memandang sebagai metoda. Portofolio sebagai suatu wujud benda fisik, atau kumpulan suatu hasil pekerjaan seseorang ( peserta didik ) yang disimpan dalam suatu bundel. Misalnya, bundelan hasil kerja siswa mulai dari tes awal, tugas-tugas, catatan anekdot, piagam penghargaan, keterampilan tugas terstruktur, sampai kepada tes akhir. Portofolio ini merupakan kumpulan karya terpilih dari seorang siswa atau kelompok siswa.
            Istilah karya terpilih menunjukkan bahwa tidak semua karya siswa dapat dimasukkan kedalam portofolio tersebut. Karya yang diambil adalah karya terbaik, karya yang paling penting dari pekerjaan siswa, yang bermakna bagi siswa, sesuai dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang telah dirumuskan dalam tujuan pembelajaran.
            Pendekatan penilaian portofolio berbeda dengan pendekatan penilaian yang lain. Pendekatan portofolio adalah suatu pendekatan penilaian yang bertujuan mengukur sejauh mana kemampuan peserta didik dalam mengkonstruksi dan merefleksi suatu pekerjaan/tugas atau karya melalui pengumpulan (collection) bahan-bahan yang relevan dengan tujuan dan keinginan yang dikonstruksi oleh peserta didik, sehingga hasil terkonstruksi tersebut dapat dinilai dan dikomentari oleh guru dalam periode tertentu. Jadi, penilaian portofolio merupakan suatu pendekatan dalam kinerja peserta didik atau digunakan untuk menilai kinerja.
            Kelebihan pendekatan portofolio adalah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih banyak terlibat, siswa sendiri dapat dengan mudah mengontrol sejauh mana kemampuan yang telah diperolehnya. Jadi, peserta didik akan mampu melakukan self assessment. Keterampilan menemukan kelebihan dan kekurangannya sendiri, serta kemampuan untuk menggunakan kelebihan tersebut dalam aksi mengatasi kelemahannya merupakan modal dasar dalam proses pembelajaran.
            Popham (1994) menjelaskan bahwa “ penilaian portofolio merupakan penilaian secara berkesinambungan dengan metoda pengumpulan informasi atau secara sistematis atas hasil pekerjaan peserta didik dalam kurun waktu tertentu “. Dalam sistem penilaian portofolio, guru membuat file untuk masing-masing peserta didik, berisi kumpulan sistematis atau hasil prestasi belajar mereka selama mengikuti proses belajar pendidikan.
            Didalam file portofolio, guru mengumpulkan bukti fisik dan catatan prestasi siswa, serta  hasil ulangan, hasil tugas mandiri, serta hasil praktikum. Selain prestasi akademik, isi file juga dapat dielaborasi dengan lembar catatan prestasi non akademik, yaitu rekaman profile yang meliputi aspek kerajinan, kerapian, ketertiban, kejujuran, kemampuan kerja sama, solidaritas, toleransi, kedisiplinan, prestasi olah raga, kesenian, kepramukaan dan lain-lain.
           

Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)                                           Nama Sekolah              : SMP IT Daruzzahidin                         Mata Pelajaran            : Matematika                         Kelas                           : VIII (Delapan)             ...