RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas / Semester : VII / 2
Mata
Pelajaran : Matematika
Materi
pokok
: Aritmatika Sosial
Sub
materi pokok : Untung dan Rugi
Alokasi
Waktu : 3 x 45 menit
Tahun
Ajaran : ............
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
2.2 Memiliki rasa ingin tahu,
percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada
daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun,
objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
4.2 Menggunakan konsep aljabar
dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
Indikator:
4.2.1
menerapkan konsep
aljabar dalam menyelesaikan masalah untung dan rugi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi diharapkan siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat
1. Menjelaskan
pengertian konsep untung
dan rugi
2. Menerapkan konsep aljabar dalam
menyelesaikan masalah untung dan rugi
D.
Materi
Ajar
Aritmatika Sosial tentang untung dan
rugi (Lampiran 1 )
E.
Metode/model/pendekatan
pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik (scientific).
Model : Cooperative tipe STAD
Metode : inkuiri, pemberian tugas, dan pemecahan masalah
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
ke-1: 3 × 40 menit
Fase Kooperatif
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
Fase-1
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
Pendahuluan
1.
Membuka pelajaran dengan
salam pembuka dan berdo’a
2.
Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Apersepsi :
§
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mengarahkan
siswa mengaitkan kosep untung dan rugi dari
berbagai situasi nyata yang dekat dengan kehidupan siswa
Motivasi :
§ Memotivasi
siswa dengan cara menunjukkan
gambar berkaitan dengan untung dan rugi dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut
§ Meminta siswa
mengamati situasi pada gambar yang berkaitan dengan matematika
§ Apa yang bisa
kalian simpulkan tentang situasi yang terlihat pada gambar ?
§ Untung atau
rugikah penjual itu ?
4.
Menyampaikan langkah-langkah
yang akan diterapkan dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD
|
10
menit
|
Fase-2
Menyajikan
informasi
Fase-3
Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
Fase-4
Membimbing kelompok bekerja dan
belajar
Fase-5
Evaluasi
|
Kegiatan
Inti
Guru memberikan informasi singkat tentang tugas yang
akan dikerjakan
Mengamati:
§ Siswa
membaca buku dan contoh-contoh masalah nyata untung dan rugi
§ Siswa
diarahkan untuk mempelajari materi konsep untung dan rugi beserta
contoh-contoh masalah nyata.
Menanya :
§ Siswa
didorong untuk mengajukan pertanyaan mengenai konsep untung dan rugi dari buku
pegangan siswa maupun dari sumber lain.
§ Siswa lain
diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan teman atau memberi tanggapan.
Siswa dibagi atas beberapa kelompok yang heterogen
yang beranggota 4-5 orang.
Menggali informasi
§ Siswa
dalam setiap kelompok diarahkan untuk menemukan rumus dan menyelesaikan kegiatan yang
terdapat pada LKS.
Mengasosiasikan:
§
Siswa dalam kelompok diminta untuk menganalisis dan
membuat kategori dari unsur-unsur konsep untung dan rugi, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai untung dan rugi.
Mengomunikasikan :
§ Wakil
kelompok mempresentasikan
hasil pengamatan dan diskusi tentang konsep untung dan rugi serta peran
untung dan rugi dalam kehidupan dengan tata bahasa yang benar.
Siswa mengerjakan soal individu sebagai latihan
|
60
menit
|
Penutup
1.
Siswa dengan bimbingan guru,
membuat kesimpulan tentang
konsep untung dan rugi.
2.
Siswa mejawab pertanyaan refleksi
3.
Guru memberikan feedback atau penghargaan
4.
Siswa diberikan tugas rumah (PR)
5.
Guru menginformasikan materi selanjutnya
yaitu tentang diskon dan bruto dalam
aritmatika sosial
6.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
cara mengaitkan materi dengan nilai-nilai agama dan sosial
|
10 menit
|
G.
Sumber, Media,
Alat dan Bahan Pembelajaran
§ Sumber Pembelajaran :
-
Adinawan, M.Cholik, dan Sugijono. 2007. Matematika untuk
SMP kelas VII. Jakarta: Erlangga
-
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Matematika Buku Guru/Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Jakarta.
-
LKS (terlampir)
-
Lembar penilaian
-
Buku referensi lain.
§ Media Pembelajaran dan Alat :
-
Papan tulis, spidol, penghapus, dan
penggaris
H.
Penilaian Hasil
Belajar
-
Penilaian Sikap : Teknik Non Tes, Bentuk Pengamatan sikap dalam pembelajaran
-
Penilaian pengetahuan : Teknik Tes Tertulis,
Bentuk Uraian
-
Penilaian Keterampilan : Teknik Non Tes,
Bentuk Kinerja
(Lembar Kerja
dan Instrumen Penilaian Terlampir)
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Menunjukkan rasa ingin tahu dalam
melakukan diskusi tentang untung dan rugi.
b. Bertanggung jawab dalam kelompok
belajarnya.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menerapkan konsep aljabar dalam
menyelesaikan masalah untung dan rugi.
|
Pengamatan
dan
Tes
|
Penyelesaian
tugas
individu dan
kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Mampu Menerapkan konsep aljabar dalam menyelesaikan
masalah untung dan rugi
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu
maupun
kelompok) dan saat diskusi
|
I.
Instrumen Penilaian Hasil belajar
1.
Lembar kerja : Lampiran 2
2.
Lembar
penilaian : Lampiran 3
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Praktikan
Comments
Post a Comment