Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Semester : 1
Standar Kompetensi : ALJABAR
1.
Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan
persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Melakukan operasi
aljabar.
|
Faktorisasi Suku Aljabar.
· Menjelaskan pengertian
koefisien, variabel, dan konstanta.
· Menyelesaikan operasi
bentuk aljabar.
|
· Menjelaskan pengertian
koefisien, variabel, konstanta, pangkat atau eksponen, derajat, suku satu,
suku dua, suku tiga, dan suku-suku sejenis.
· Mendiskusikan cara
menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan dan pembagian suku sejenis dan
suku tidak sejenis pada bentuk aljabar.
· Mendiskusikan cara
menyelesaikan operasi perkalian (perkalian
suku satu dengan suku dua serta perkalian suku dua dengan suku dua) dan perpangkatan
pada bentuk aljabar.
|
· Menyelesaikan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pada bentuk aljabar.
|
· Tugas
individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Tentukan koefisien,
variabel, dan konstanta dari bentuk aljabar
![]()
2. Tentukan hasil dari:
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]()
e.
![]() |
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket (Buku Matematika SMP dan MTs Jilid 2 ESIS Untuk Kelas VIII, disusun
oleh Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih) hal. 1-3, 4-15.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menyelesaikan operasi
pecahan dalam bentuk aljabar.
|
· Mendiskusikan cara
menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan
pecahan bentuk aljabar.
· Mendiskusikan cara menyederhanakan
pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
|
· Menyelesaikan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar.
· Menyederhanakan pecahan
bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
|
· Tugas
individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Selesaikanlah.
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]()
e.
![]()
2. Sederhanakanlah.
a.
![]()
b.
![]() |
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 26-37.
· Buku referensi lain
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.2. Menguraikan bentuk
aljabar ke dalam faktor-faktornya.
|
· Menentukan faktor-faktor
suku aljabar.
|
· Memfaktorkan bentuk
aljabar yang mempunyai FPB.
· Memfaktorkan bentuk
aljabar selisih kuadrat.
· Memfaktorkan bentuk
![]() ![]()
· Memfaktorkan bentuk
![]() ![]() ![]() |
· Menguraikan bentuk
aljabar ke dalam faktor-faktornya (memfaktorkan bentuk aljabar).
|
· Tugas
individu.
|
· Uraian singkat.
|
Faktorkan bentuk aljabar berikut!.
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]()
e.
![]() |
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 15-25,
38, 39-40.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
·
OHP
|
|
Faktorisasi Suku Aljabar.
· Menjelaskan pengertian
koefisien, variabel, dan konstanta.
· Menyelesaikan operasi
bentuk aljabar.
· Menyelesaikan operasi
pecahan dalam bentuk aljabar.
· Menentukan faktor-faktor
suku aljabar.
|
· Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan faktorisasi suku aljabar, yaitu mengenai pengertian
koefisien, variabel, dan konstanta, cara menyelesaikan operasi bentuk
aljabar, operasi pecahan dalam bentuk aljabar., serta cara menentukan
faktor-faktor suku aljabar.
|
· Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi faktorisasi suku aljabar, yaitu pengertian
koefisien, variabel, dan konstanta, cara menyelesaikan operasi bentuk
aljabar, operasi pecahan dalam bentuk aljabar., serta cara menentukan faktor-faktor suku aljabar.
|
· Ulangan harian.
|
· Uraian singkat.
· Pilihan ganda.
.
|
1. Tentukan bentuk
penjabaran dari
![]()
2. Bentuk
![]()
a. 4
faktor c. 4 suku
b. 3
faktor d. 3 suku
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 1-40.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.3. Memahami relasi dan
fungsi.
|
Fungsi.
· Menjelaskan
pengertian relasi.
· Menyatakan relasi.
· Menjelaskan pengertian
fungsi (pemetaan).
|
· Menjelaskan pengertian
relasi dan menyebutkan contoh relasi dalam kehidupan sehari-hari.
· Menyatakan relasi dengan
menggunakan diagram panah, himpunan pasangan berurutan, dan diagram Cartesius.
· Menjelaskan pengertian
fungsi (pemetaan) dan membuat sebuah fungsi yang ada dalam kehidupan
sehari-hari.
· Menjelaskan pengertian
prapeta dan peta (bayangan).
· Mengidentifikasi relasi
yang merupakan fungsi.
· Menentukan domain (daerah
asal), kodomain (daerah kawan), dan range (daerah hasil) dari suatu fungsi.
· Menggambar diagram panah
dari himpunan pasangan berurutan yang merupakan relasi antara dua himpunan
dan merupakan fungsi.
|
· Membuat contoh relasi
dan fungsi yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
· Menyatakan relasi.
· Menentukan domain,
kodomain, dan range suatu fungsi.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Buatlah relasi antara
anggota dua himpunan dalam kehidupan di sekitarmu!
2. Diketahui
![]() ![]()
3. Perhatikan digram panah
berikut!
A B
![]() ![]() ![]()
· t
![]()
Tentukan domain, kodomain, dan
rangenya!
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 41-42, 42-47, 48-50.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.4. Menentukan nilai fungsi.
|
· Menghitung nilai fungsi.
|
· Mengenal notasi fungsi, aturan
fungsi atau rumus fungsi, serta persamaan fungsi.
· Menentukan nilai suatu
fungsi dalam tabel fungsi.
· Menyusun suatu fungsi
jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui.
|
· Menghitung nilai fungsi.
· Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan
data fungsi diketahui.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
Diketahui fungsi f :
![]()
a. Tentukan bayangan dari
-2, -1, 0, 1, 2, 3!
b. Tentukan p jika
![]() |
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 52-56.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.5. Membuat sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius.
|
· Menggambar grafik
fungsi.
|
· Menentukan semua
pasangan terurut dari suatu fungsi.
· Menggambar grafik fungsi
aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat
Cartesius.
|
· Menentukan pasangan
terurut fungsi kemudian menggambar diagram Cartesiusnya.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
Diketahui himpunan P =
![]() ![]()
a. Gambarlah diagram panah
relasi itu! Apakah relasi itu merupakan fungsi?
b. Buatlah himpunan
pasangan berurutannya!
c. Gambarlah diagram
Cartesiusnya!
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 50-52.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Fungsi.
· Menjelaskan
pengertian relasi.
· Menyatakan relasi.
· Menjelaskan pengertian
fungsi (pemetaan).
· Menghitung nilai fungsi.
· Menggambar grafik
fungsi.
|
· Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan fungsi, yaitu mengenai pengertian relasi, cara menyatakan relasi, pengertian
fungsi (pemetaan), cara menghitung nilai fungsi, dan menggambar grafik
fungsi.
|
· Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai fungsi, yaitu mengenai pengertian relasi, cara menyatakan relasi, pengertian
fungsi (pemetaan), cara menghitung nilai fungsi, dan menggambar grafik fungsi.
|
· Ulangan harian.
|
· Uraian singkat.
· Pilihan ganda.
|
1. Diketahui
![]()
2. Diketahui
![]() ![]() ![]() ![]()
a. 1 c. 5
b. 3
d. 7
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· paket hal. 41-56, 56, 57-59.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.6. Menentukan gradien,
persamaan dan grafik garis lurus.
|
Persamaan Garis Lurus.
· Mengenal persamaan garis
lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
· Menentukan persamaan
garis y = mx atau y = mx + c, c
![]() |
· Mengenal dan menggambar
garis dengan persamaan y = mx, m =
gradien.
· Mengenal dan menggambar
garis dengan persamaan y = mx + c, c = konstanta, c
![]()
· Menemukan cara
menentukan persamaan garis yang melalui dua titik.
|
· Mengenal persamaan garis
lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
· Menentukan persamaan
garis lurus jika gambar garis diketahui.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Gambarlah garis dengan
persamaan berikut!
y = -4x + 2
2. Gambarlah garis yang
melalui titik berikut, kemudian tentukan persamaan garisnya!
a. A(0, 6) dan B(6,
0)
b. P(-3, 2) dan Q(0,
4)
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 61-69, 70-72.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Mengenal dan menentukan
gradien.
|
· Mengenal pengertian
gradien.
· Menentukan gradien garis
yang melalui titik pusat dan satu titik.
· Menentukan gradien garis
yang melalui dua titik.
· Menentukan gradien garis
yang sejajar sumbu X.
· Menentukan gradien garis
yang sejajar sumbu Y.
· Menentukan gradien
garis-garis yang sejajar.
· Menentukan gradien
garis-garis yang saling tegak lurus.
· Menentukan gradien garis
yang berbentuk ax + by + c = 0.
|
· Mengenal pengertian
gradien dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
Jika sudut kemiringan suatu jalan 45o,
berapakah gradien jalan itu?
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 72-82.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menentukan persamaan
garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
· Menentukan persamaan
garis yang melalui satu titik dengan gradien tertentu.
· Menentukan persamaan
garis yang melalui dua titik.
· Menentukan persamaan
garis yang melalui satu titik dan sejajar dengan garis lain.
· Menentukan persamaan
garis yang melalui satu titik dan tegak lurus garis lain.
· Menentukan kedudukan dua
garis.
· Menentukan koordinat
titik potong.
|
· Menentukan persamaan
garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Tentukan persamaan garis
dengan gradien 2 dan melalui titik (-3, 5)!
2. Tentukan koordinat titik
potong antara garis dengan persamaan 3x
+ 2y = 4 dan 2x + y = 6.
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 82-88, 89-91.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Persamaan Garis Lurus.
· Mengenal persamaan garis
lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
· Menentukan persamaan
garis y = mx atau y = mx + c jika gambar
garis diketahui.
· Mengenal dan menentukan
gradien.
· Menentukan persamaan
garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
· Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, yaitu mengenai persamaan
garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel, cara menentukan persamaan
garis y = mx atau y = mx + c jika gambar garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien,
serta cara menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
· Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai persamaan garis lurus, yaitu mengenai
persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel, cara menentukan
persamaan garis y = mx atau y = mx + c jika gambar
garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien, serta cara menentukan
persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
● Ulangan
harian.
|
· Uraian singkat.
· Pilihan ganda.
|
1. Tentukan persamaan garis
dengan gradien
![]()
2. Koordinat titik potong garis -2x
+ y + 2 = 0 dengan sumbu X dan sumbu Y berturut-turut adalah ….
a. (2, 0) dan (0, -1)
b. (-2, 0) dan (0, -1)
c. (1, 0) dan (0, -2)
d. (-2 ,0) dan (0, 1)
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 61, 92, 93-95.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Comments
Post a Comment