Skip to main content

Silabus aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

Silabus


Jenjang                       :   SMP  dan MTs
Mata Pelajaran          :   Matematika
Kelas                           :   VIII
Semester                      :   1
Standar Kompetensi   :   ALJABAR
1.        Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan /
Alat

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen

1.1.      Melakukan operasi aljabar.



Faktorisasi Suku Aljabar.
·      Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, dan konstanta.
·      Menyelesaikan operasi bentuk aljabar.










·      Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, konstanta, pangkat atau eksponen, derajat, suku satu, suku dua, suku tiga, dan suku-suku sejenis.
·      Mendiskusikan cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan dan pembagian suku sejenis dan suku tidak sejenis pada bentuk aljabar.
·      Mendiskusikan cara menyelesaikan operasi perkalian  (perkalian suku satu dengan suku dua serta perkalian suku dua dengan suku dua) dan perpangkatan pada bentuk aljabar.


·      Menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,  dan perpangkatan  pada bentuk aljabar.














·  Tugas individu.

·   Uraian singkat.

1.    Tentukan koefisien, variabel, dan konstanta dari bentuk aljabar!Adakah suku sejenisnya?

2.    Tentukan hasil dari:
a.   
b.  
c.  
d.  
e.  

4 ´ 40
   menit.

Sumber:
·    Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Jilid 2 ESIS Untuk Kelas VIII, disusun oleh Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih) hal. 1-3, 4-15.
·     Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    OHP



·      Menyelesaikan operasi pecahan dalam bentuk aljabar.



















·      Mendiskusikan cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar.









·      Mendiskusikan cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.





·      Menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,  dan perpangkatan  pecahan bentuk aljabar.






·      Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.




·  Tugas individu.

·   Uraian singkat.

1.    Selesaikanlah.
       a.  
       b.  
       c.  
       d.  
       e.  

2.     Sederhanakanlah.
        a.  
        b.  


        2 ´ 40
 menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 26-37.
·      Buku referensi    lain

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP

1.2.      Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.


·      Menentukan faktor-faktor suku aljabar.



·      Memfaktorkan bentuk aljabar yang mempunyai FPB.
·      Memfaktorkan bentuk aljabar selisih kuadrat.
·      Memfaktorkan bentuk  dan
·      Memfaktorkan bentuk , jika  atau .


·      Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya (memfaktorkan bentuk aljabar).


·  Tugas individu.

·   Uraian singkat.

Faktorkan bentuk aljabar berikut!.
a.    
b.    
c.    
d.   
e.  

2 ´ 40 
  menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 15-25, 38, 39-40.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP



Faktorisasi Suku Aljabar.
·      Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, dan konstanta.
·      Menyelesaikan operasi bentuk aljabar.
·      Menyelesaikan operasi pecahan dalam bentuk aljabar.
·      Menentukan faktor-faktor suku aljabar.


·      Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan faktorisasi suku aljabar, yaitu mengenai pengertian koefisien, variabel, dan konstanta, cara menyelesaikan operasi bentuk aljabar, operasi pecahan dalam bentuk aljabar., serta cara menentukan faktor-faktor suku aljabar.




·      Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi faktorisasi suku aljabar, yaitu pengertian koefisien, variabel, dan konstanta, cara menyelesaikan operasi bentuk aljabar, operasi pecahan dalam bentuk aljabar., serta cara menentukan  faktor-faktor suku aljabar.


·   Ulangan harian.

·  Uraian singkat.




·  Pilihan ganda.







.

1.    Tentukan bentuk penjabaran dari !


2.    Bentuk  mempunyai ...
a.   4 faktor        c.   4 suku
b.   3 faktor        d.  3 suku

 2 ´ 40
  menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 1-40.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP



1.3.      Memahami relasi dan fungsi.


Fungsi.
·      Menjelaskan pengertian  relasi.
·      Menyatakan relasi.
·      Menjelaskan pengertian fungsi (pemetaan).



·      Menjelaskan pengertian relasi dan menyebutkan contoh relasi dalam kehidupan sehari-hari.




·      Menyatakan relasi dengan menggunakan diagram panah, himpunan pasangan berurutan, dan diagram Cartesius.
·      Menjelaskan pengertian fungsi (pemetaan) dan membuat sebuah fungsi yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
·      Menjelaskan pengertian prapeta dan peta (bayangan).
·      Mengidentifikasi relasi yang merupakan fungsi.

·      Menentukan domain (daerah asal), kodomain (daerah kawan), dan range (daerah hasil) dari suatu fungsi.
·      Menggambar diagram panah dari himpunan pasangan berurutan yang merupakan relasi antara dua himpunan dan merupakan fungsi.



·      Membuat contoh relasi dan fungsi yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.


·      Menyatakan relasi.












·      Menentukan domain, kodomain, dan range suatu fungsi.




·  Tugas  individu.

·   Uraian singkat.

1.    Buatlah relasi antara anggota dua himpunan dalam kehidupan di sekitarmu!




2.    Diketahui dan . Buatlah diagram panah yang menunjukkan relasi             “faktor dari“ dari himpunan A ke himpunan B!






3.    Perhatikan digram panah berikut!
A                       B
                         · r
           p ·                     · s
 · t
           q ·                      · u


Tentukan domain, kodomain, dan rangenya!

 4 ´ 40
   menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 41-42,   42-47, 48-50.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP



1.4.      Menentukan nilai fungsi.


·      Menghitung nilai fungsi.


·      Mengenal notasi fungsi, aturan fungsi atau rumus fungsi, serta persamaan fungsi.
·      Menentukan nilai suatu fungsi dalam tabel fungsi.
·      Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui.




·      Menghitung nilai fungsi.
·      Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui.


·  Tugas  individu.

·   Uraian singkat.

Diketahui fungsi f : .
a.     Tentukan bayangan dari -2, -1, 0, 1, 2, 3!
b.    Tentukan p jika  !

 2 ´ 40
   menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 52-56.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP


1.5.      Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius.


·      Menggambar grafik fungsi.


·      Menentukan semua pasangan terurut dari suatu fungsi.
·      Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius.



·      Menentukan pasangan terurut fungsi kemudian menggambar diagram Cartesiusnya.


·  Tugas  individu.

·   Uraian singkat.

Diketahui himpunan                      P = dan  Q = . Relasi dari P ke Q adalah l  “lebih dari“.
a.     Gambarlah diagram panah relasi itu! Apakah relasi itu merupakan fungsi?
b.    Buatlah himpunan pasangan berurutannya!
c.     Gambarlah diagram Cartesiusnya!


 2 ´ 40
   menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 50-52.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP




Fungsi.
·      Menjelaskan pengertian  relasi.
·      Menyatakan relasi.
·      Menjelaskan pengertian fungsi (pemetaan).
·      Menghitung nilai fungsi.
·      Menggambar grafik fungsi.


·      Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan fungsi, yaitu mengenai pengertian  relasi, cara menyatakan relasi, pengertian fungsi (pemetaan), cara menghitung nilai fungsi, dan menggambar grafik fungsi.




·      Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai  fungsi, yaitu mengenai pengertian  relasi, cara menyatakan relasi, pengertian fungsi (pemetaan), cara menghitung nilai fungsi, dan menggambar grafik fungsi.

·   Ulangan harian.

·  Uraian singkat.



·  Pilihan ganda.








1.    Diketahui, dengan domain {-2, -1, 0, 1, 2, 3}. Tentukan range fungsi tersebut!

2.    Diketahui dengan. Jika , maka = …
a.   1                  c.   5
       b.   3                 d.  7

 2 ´ 40
  menit.

Sumber:
·      paket hal.     41-56, 56,    57-59.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP



1.6.      Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.


Persamaan Garis Lurus.
·      Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
·      Menentukan persamaan garis y = mx atau                y = mx + c, c0, jika gambar garis diketahui.


·      Mengenal dan menggambar garis dengan persamaan            y = mx,  m = gradien.
·      Mengenal dan menggambar garis dengan persamaan            y = mx + c, c = konstanta, c0.

·      Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik.




·      Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.



·      Menentukan persamaan garis lurus jika gambar garis diketahui.


·  Tugas  individu.

·   Uraian singkat.

1.    Gambarlah garis dengan persamaan berikut!
y = -4x + 2





2.    Gambarlah garis yang melalui titik berikut, kemudian tentukan persamaan garisnya!
a.  A(0, 6) dan B(6, 0)
b.  P(-3, 2) dan Q(0, 4)
     


 4 ´ 40
   menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 61-69,  70-72.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP




·      Mengenal dan menentukan gradien.



·      Mengenal pengertian gradien.
·      Menentukan gradien garis yang melalui titik pusat dan satu titik.
·      Menentukan gradien garis yang melalui dua titik.
·      Menentukan gradien garis yang sejajar sumbu X.
·      Menentukan gradien garis yang sejajar sumbu Y.
·      Menentukan gradien garis-garis yang sejajar.
·      Menentukan gradien garis-garis yang saling tegak lurus.
·      Menentukan gradien garis yang berbentuk ax + by + c = 0.


·      Mengenal pengertian gradien dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.


·  Tugas  individu.

·   Uraian singkat.

Jika sudut kemiringan suatu jalan 45o, berapakah gradien jalan itu?

 2 ´ 40
   menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 72-82.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP



·      Menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.

·      Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dengan gradien tertentu.
·      Menentukan persamaan garis yang melalui dua titik.
·      Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar dengan garis lain.
·      Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan tegak lurus garis lain.
·      Menentukan kedudukan dua garis.
·      Menentukan koordinat titik potong.


·      Menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.

·  Tugas  individu.

·   Uraian singkat.

1.    Tentukan persamaan garis dengan gradien 2 dan melalui titik (-3, 5)!
2.    Tentukan koordinat titik potong antara garis dengan persamaan 3x + 2y = 4 dan 2x + y = 6.

 4 ´ 40
   menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 82-88,   89-91.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP




Persamaan Garis Lurus.
·      Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
·      Menentukan persamaan garis y = mx atau                 y = mx + c jika gambar garis diketahui.
·      Mengenal dan menentukan gradien.
·      Menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.


·      Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, yaitu mengenai persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel, cara menentukan persamaan garis y = mx atau     y = mx + c jika gambar garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien, serta cara menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.




·      Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai persamaan garis lurus, yaitu mengenai persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel, cara menentukan persamaan garis      y = mx atau                 y = mx + c jika gambar garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien, serta cara menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.


  Ulangan    
    harian.

·  Uraian singkat.



·  Pilihan ganda.








1.    Tentukan persamaan garis dengan gradien  dan melalui titik (-2, 3)!

2.    Koordinat titik potong garis     -2x + y + 2 = 0 dengan sumbu X dan sumbu Y berturut-turut adalah ….
a.  (2, 0) dan (0, -1)   
b.  (-2, 0) dan (0, -1)
c.  (1, 0) dan (0, -2)
d.  (-2 ,0) dan (0, 1)                                                     

 2 ´ 40
  menit.

Sumber:
·      Buku paket hal. 61, 92,  93-95.
·      Buku referensi    lain.

Alat:
·      Laptop
·      LCD
·      OHP






























Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...