Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan
Portofolio
Untuk
menilai proses dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan portofolio
diperlukan kemauan dan kerja keras guru, motivasi siswa, dan dukungan sekolah.
Portofolio yang dilaksanakan dengan baik akan memberikan penilaian belajar
siswa secara menyeluruh terhadap kemajuan-kemajuan pengetahuan, keterampilan,
dan sikap siswa selama dalam proses pembelajaran. Pada dasarnya penggunaan
portofolio sebagai penilaian dalam sistem pembelajaran di sekolah memiliki
kelebihan-kelebihan, namun demikian juga memiliki kekurangan-kekurangan sebagai
hambatan yang mungkin ditemui dalam penerapannya.
<!— more Ã
Dengan
portofolio, semua isinya akan dinilai. Siswa diharapkan akan memberikan
perhatian yang tinggi pula kepada bagian-bagian yang tidak diujikan atau tidak
masuk dalam tes. Jika guru ingin agar siswanya suka melakukan penyelidikan atau
melakukan eksplorasi, tidak sekedar menghafal, dan siswanya tidak mudah
melupakan materi tertentu, maka penggunaan portofolio penilaian merupakan jalan
yang cocok untuk maksud itu.
Belajar
merupakan proses yang panjang. Untuk memperoleh pengetahuan yang mendalam
tentang sesuatu, siswa memerlukan banyak pengalaman (banyak membaca, banyak
merenungkan, banyak komunikasi, memecahkan banyak masalah, dan sebagainya.).
Pembentukan gambar tentang kompetensi siswa juga memerlukan berbagai instrumen
penilaian. Portofolio yang berisi koleksi produk siswa, dan laporan proses yang
dilalui oleh siswa, yang meliputi rentang waktu yang panjang, dapat memberikan
gambaran yang relatif lengkap tentang perkembangan dan kompetensi siswa yang
bersangkutan.
Kelebihan Penggunaan Portofolio
Penggunaan
portofolio untuk penilaian juga bermanfaat, karena hal-hal berikut.
a. Portofolio
menyajikan atau memberikan: “bukti” yang lebih jelas atau lebih lengkap tentang
kinerja siswa daripada hasil tes di kelas
b. Portofolio
dapat merupakan catatan penilaian yang sesuai dengan program pembelajaran yang
baik
c. Portofolio
merupakan catatan jangka panjang tentang kemajuan siswa
d. Portofolio
memberikan gambaran tentang kemampuan siswa
e. Penggunaan
portofolio penilaian memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan
keunggulan dirinya, bukan kekurangan atau kesalahannya dalam mengerjakan soal
atau tugas.
f. Penggunaan
portofolio penilaian mencerminkan pengakuan atas bervariasi nya gaya belajar
siswa.
g. Portofolio
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam penilaian hasil
belajar
h. Portofolio
membantu guru dalam menilai kemajuan siswa
i.
Portofolio membantu guru dalam mengambil
keputusan tentang pembelajaran atau perbaikan pembelajaran
j.
Portofolio merupakan bahan yang relatif
lengkap untuk berdiskusi dengan orang tua siswa, tentang perkembangan siswa
yang bersangkutan.
k. Portofolio
membantu pihak luar untuk menilai program pembelajaran yang bersangkutan
Kekurangan/Kelemahan Penggunaan
Portofolio
Penggunaan
portofolio juga memiliki kelemahan atau kesulitan antara lain:
a. Penggunaan
portofolio tergantung pada kemampuan siswa dalam menyampaikan uraian secara
tertulis. Selama siswa belum lancar berbahasa tulis Indonesia,
b. penggunaan
portofolio akan merupakan beban tambahan yang memberatkan sebagian besar siswa.
c. Penggunaan
portofolio untuk penilaian memerlukan banyak waktu dari guru untuk melakukan penskorannya;
apalagi kalau kelasnya besar.
Oleh
karena itu, portofolio yang ditugaskan untuk dibuat perlu disesuaikan dengan
kemampuan siswa berbahasa tulis Indonesia dan waktu yang tersedia bagi guru
untuk membacanya.
Comments
Post a Comment