PENDAHULUAN A. Teori Vygotsky Perkembangan kognitif remaja tidak berlangsung terlepas dari lingkungan sosial. Lev Vygotsky menyadari akan pentingnya hal tersebut lebih dari setengah abad yang lalu. Ilmuwan yang memiliki nama lengkap Lev semionovich Vygotsky ini adalah seorang psikolog Rusia yang walaupun hidup sezaman dengan Piaget, meninggal pada tahun 1934. Namun, karyanya tidak dibaca secara luas di Inggris hingga tahun 1970-an, dan barulah setelah itu teori-teorinya akhirnya berpengaruh di Amerika Utara. Teori Vygotsky sekarang menjadi kekuatan luar biasa dalam psikologi perkembangan, dan banyak diantara kritik yang dia tujukan terhadap sudut pandang Piaget lebih dari 60 tahun yang lalu telah tampil kedepan dewasa ini. Karya Vygotsky didasarkan pada dua gagasan utama. Pertama, dia berpendapat bahwa perkembangan intelektual dapat dipahami hanya dari sudut konteks historis dan budaya yang dialami anak-anak. Kedua, dia percaya bahwa perkemb...