RPP MIN Kurikulum
Merdeka
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas / Fase : IV (Fase B)
Topik : Rukun Islam
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan lima rukun Islam secara
urut.
- Siswa memahami makna dari masing-masing rukun Islam.
- Siswa dapat menunjukkan sikap cinta menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan
sehari-hari.
Profil Pelajar Pancasila
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
- Mandiri
- Berkebinekaan global
Langkah-Langkah Pembelajaran
**Pendahuluan (10 menit)**
- Guru memberi salam dan mengajak siswa membaca doa bersama.
- Guru memberikan apersepsi dengan bertanya: “Apa yang kamu tahu tentang Rukun
Islam?”
- Menyampaikan tujuan pembelajaran.
**Inti (50 menit)**
- Guru menjelaskan lima Rukun Islam menggunakan media visual atau cerita.
- Siswa membaca dan mendiskusikan makna tiap Rukun Islam.
- Aktivitas: siswa membuat poster tentang Rukun Islam secara berkelompok.
- Presentasi hasil kerja kelompok.
**Penutup (10 menit)**
- Siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
- Refleksi: Apa rukun yang paling sering kamu lakukan? Apa tantangannya?
- Guru memberi penguatan dan tugas rumah sederhana: mengamati salah satu rukun
Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Asesmen Pembelajaran
- Formatif: Observasi saat diskusi, presentasi, dan
partisipasi siswa.
- Sumatif: Poster kelompok dan tugas rumah.
- Reflektif: Jawaban siswa dalam refleksi individu.
Diferensiasi
- Konten: Siswa dapat melihat video pendek jika
kesulitan memahami teks.
- Proses: Siswa bekerja individu atau dalam kelompok sesuai kenyamanan.
- Produk: Karya bisa berupa poster, cerita pendek, atau lisan.
Comments
Post a Comment