Skip to main content

RPP FUNGSI KUADRAT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan  : SMA
Kelas/Semester       :X/1
Mata Pelajaran        : Matematika-Wajib
Topik                       : Fungsi Kuadrat
Waktu                     : 2 × 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran kooperatif (type jigsaw) diharapkan siswa dapat:
1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran.
2.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.      Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.      Menggambar grafik fungsi kuadrat dengan menggambar  titik-titik yang terletak pada kurva.
5.      Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dengan menentukan titik potong dengan sumbu-sumbu koordinat dan menentukan nilai optimum fungsi.

B.     Kompetensi Dasar
2.1   Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
4.11  Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yang ditentukan dan menafsirkan karakteristiknya.
.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran.
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Menggambar grafik fungsi kuadrat dengan menggambar  titik-titik yang terletak pada kurva.
5.    Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dengan menentukan titik potong dengan sumbu-sumbu koordinat dan menentukan titik puncak.

D.    Materi Matematika 
1.    Materi prasyarat: Menyelesaian persamaan kuadrat
2.    Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat.

E.     Metode Pembelajaran
·      Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik (scientific), dengan model pembelajaran koperatif (cooperative learning) tipe Jigsaw.
·      Metode yang dipakai adalah ceramah, tanya jawab, diskusi.

F.     Media Pembelajaran
1.      Laptop
2.      LCD proyektor
3.      Penggaris

G.    Sumber Belajar
1.      Lembar kerja siswa
2.      Buku siswa

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami grafik fungsi kuadrat dihubungkan dengan permasalahan nyata, untuk mendorong rasa ingin tahu, dan keaktifan siswa.
2.      Sebagai apersepsi, siswa diajak untuk mengingat kembali cara menyelesaika persamaan kuadrat dengan mengerjakan soal-soal persamaan kuadrat.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
10 menit
Inti
1.      Guru mengarahkan siswa untuk untuk membentuk kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 3 siswa yang heterogen.
2.      Guru memberi permasalahan (materi diskusi), berupa 3 masalah yang berkaitan dengan cara menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat untuk masing-masing kelompok, dimana  setiap siswa dalam kelompok diberi tugas untuk menyelesaikan permasalahan yang berbeda (tahap kooperatif).
3.      Siswa dari masing-masing kelompok yang menyelesaikan permasalahan yang sama berkumpul menjadi satu untuk membentuk kelompok baru yang selanjutnya dan mendiskusikan penyelesaian atas permasalahan yang menjadi tugas mereka (tahap ahli).
4.      Setelah diskusi selesai, maka mereka kembali ke kelompok asal dan semua telah menjadi ahli di bidangnya masing-masing. Masing-masing anggota kelompok menjelaskan tentang permasalahan yang telah diselesaikan pada tahap ahli untuk “diajarkan” kepada teman-teman dalam kelompoknya, sehingga setiap anggota kelompok memahami penyelesaian dari semua permasalahan yang diberikan oleh guru (tahap lima serangkai).
5.      Dengan metode tanya jawab, guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan atas penyelesaian dari seluruh permasalahan.
6.      Selanjutnya, guru memberikan 3 soal untuk dikerjakan tiap siswa dan dikumpulkan untuk mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi.
70 menit
Penutup
1.      Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari materi pembelajaran.
2.      Guru memberikan tugas (PR) beberapa soal mengenai sketsa grafik fungsi kuadrat.
3.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk lebih giat belajar.
10 menit

I.       Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran trigonometri.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran terutama saat diskusi
2.
Pengetahuan


3.

Keterampilan
a.       Menggambar grafik fungsi kuadrat dengan menggambar  titik-titik yang terletak pada kurva.
b.      Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dengan menentukan titik potong dengan sumbu-sumbu koordinat dan menentukan nilai optimum fungsi.

Tes tertulis,
pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi



                                                                                               Demak, ....................2013
Mengetahui:                                                                           Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah


................................                                                               ...................................


Instrumen Penilaian Hasil belajar
1.        Instrumen Tes tertulis
·         Soal
Gambarlah sketsa grafik fungsi kuadrat berikut:
1.      y = x2 + 4x – 5
2.      y = –x2 + 6x + 9
3.      y = 3x2 –2x – 5

·         Kunci Jawaban




·         Pedoman Penskoran





2.      Instrumen Tes nontulis (pengamatan)

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan   :    SMA
Kelas/Semester         :    X/1
Mata Pelajaran         :    Matematika-Wajib
Topik                        :    Fungsi Kuadrat
Waktu                      :    2 × 45 menit

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1
Dhianika Rahma Nur Fadillah









2
Galuh Lalita Mahaghora









3
Muhammad Rasyid Alfaruqi









4
Nur Endah Filaili









5
Zerarita Amalia Ramadhani









6
Febrian Anggoro Widiyanto









7
Rizky Rachmadewi









8
Elvan Saffria Charta









9
R. Aj. Shikarini Amirul P









10
Arinta Destri Larasati









11
Khanza Adzkia Vujira









12
Joean Akbar Saputra









13
Khansa Sitostra Arsy A.









14
Bagaskara Adi Pamungkas









15
Bram Yudhistira









16
Hasna Amalia Faza









17
Daniawan Dwi Nurrohman









18
Devi Ristiyanti









19
Nitya Sekar Tresnaningtyas









20
Rafi Ibnu Ramadhan









21
Ivan Akhir Julian









22
Gasik Prawestri









23
Intan Aringtyas Junaidi









24
Muhammad Rafi Nurdiansyah









25
Elvana Novita Candra









26
Danuja Widigdaya









27
Isnaeni Putri Nur Afifah









28
Intan Putri Ristyaningrum









29
Lisa Dewi Afrilita









30
Gea Hanin Nisacita









31
Rizki Kartika Angkasa Yudha









32
Putri Adipertiwi A-Bach










Keterangan:
KB      : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan   :    SMA
Kelas/Semester         :    X/1
Mata Pelajaran         :    Matematika-Wajib
Topik                        :    Fungsi Kuadrat
Waktu                      :    2 × 45 menit

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1.      Kurangterampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
2.      Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadrantetapi belum tepat.
3.      Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1
Dhianika Rahma Nur Fadillah



2
Galuh Lalita Mahaghora



3
Muhammad Rasyid Alfaruqi



4
Nur Endah Filaili



5
Zerarita Amalia Ramadhani



6
Febrian Anggoro Widiyanto



7
Rizky Rachmadewi



8
Elvan Saffria Charta



9
R. Aj. Shikarini Amirul P



10
Arinta Destri Larasati



11
Khanza Adzkia Vujira



12
Joean Akbar Saputra



13
Khansa Sitostra Arsy A.



14
Bagaskara Adi Pamungkas



15
Bram Yudhistira



16
Hasna Amalia Faza



17
Daniawan Dwi Nurrohman



18
Devi Ristiyanti



19
Nitya Sekar Tresnaningtyas



20
Rafi Ibnu Ramadhan



21
Ivan Akhir Julian



22
Gasik Prawestri



23
Intan Aringtyas Junaidi



24
Muhammad Rafi Nurdiansyah



25
Elvana Novita Candra



26
Danuja Widigdaya



27
Isnaeni Putri Nur Afifah



28
Intan Putri Ristyaningrum



29
Lisa Dewi Afrilita



30
Gea Hanin Nisacita



31
Rizki Kartika Angkasa Yudha



32
Putri Adipertiwi A-Bach




Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil


LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Satuan Pendidikan   :    SMA
Kelas/Semester         :    X/1
Mata Pelajaran         :    Matematika Wajib
Topik                        :    Grafik Fungsi Kuadrat
Waktu                      :    2 × 45 menit

Diskusikan dengan teman-teman di kelompokmu, untuk kemudian mengisikan hasil diskusi itu pada titik-tik yang tersedia pada uraian berikut:
A.  Menentukan Jenis kurva dari Grafik Fungsi Kuadrat
Untuk menemukan bentuk grafik y = ax2 + bx + c, perhatikan ilustrasi berikut ini:
Ilustrasi 1:
Isikan nilai y yang memenuhi persamaan y = x2 - 4x + 3 untuk nilai x yang diberikan pada tabel berikut:
x
-2
-1
0
1
2
3
4
5
6
7
y
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........

Tabel di atas menunjukkan bahwa fungsi kuadrat y = x2 - 4x + 3 melalui titik-titik :           (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ).
Bila titik-titik itu kita gambar dalam sistem koordinat kartesius lalu ditarik kurva yang melalui titik-titik tersebut, maka  akan diperoleh sketsa grafik fungsi y = x2 - 4x + 3 sebagai berikut:
 





O
 






Gambar 1

Ilustrasi 2:
Isikan nilai y yang memenuhi persamaan y = -x2 +5x + 6 untuk nilai x yang diberikan pada tabel berikut:

x
-2
-1
0
1
2
3
4
5
6
7
y
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........

Tabel di atas menunjukkan bahwa fungsi kuadrat y = x2 - 4x + 3 melalui titik-titik :           (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ).
Bila titik-titik itu kita gambar dalam sistem koordinat kartesius lalu ditarik kurva yang melalui titik-titik tersebut, maka akan diperoleh sketsa grafik fungsi y = -x2 +5x + 6 sebagai berikut:
 





O
 





Gambar 2

Dengan memperhatikan gambar 1 dan 2, maka dapat disimpulkan:
1.      Grafik fungsi kuadrat y = ax2 + bx + c  berbentuk ........................................................
2.      Jika a > 0 maka ..............................................................................................................
3.      Jika a < 0 maka ..............................................................................................................

B.     Menentukan Titik Potong Grafik Fungsi Kuadrat dengan Sumbu Koordinat
Tentukan titik potong grafik fungsi berikut dengan sumbu x dan sumbu y!
1.      y = x2 - 4x + 3
2.      y = -x2 +5x + 6
Jawab:
1.  y = x2 - 4x + 3
·      Menentukan titik potong grafik dengan sumbu x
Agar suatu kurva grafik dari sebuah fungsi memotong sumbu x maka y = 0, dan nilai x dapat dicari dengan cara berikut:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 Jadi grafik fungsi y = x2 - 4x + 3 memotong sumbu x di titik ( ...   ,   ... )
·      Menentukan titik potong grafik dengan sumbu y
Agar suatu kurva grafik dari sebuah fungsi memotong sumbu y maka x = 0, dan nilai y dapat dicari dengan cara berikut:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jadi grafik fungsi y = x2 - 4x + 3 memotong sumbu y di titik ( ...   ,   ... )

2.  y = - x2 +5x + 6
·      Menentukan titik potong grafik dengan sumbu x
Agar suatu kurva grafik dari sebuah fungsi memotong sumbu x maka y = 0, dan nilai x dapat dicari dengan cara berikut:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 Jadi grafik fungsi y = -x2 +5x + 6 memotong sumbu x di titik ( ...   ,   ... )
·      Menentukan titik potong grafik dengan sumbu y
Agar suatu kurva grafik dari sebuah fungsi memotong sumbu y maka x = 0, dan nilai y dapat dicari dengan cara berikut:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jadi grafik fungsi y = y = -x2 +5x + 6 memotong sumbu y di titik ( ...   ,   ... )

C.  Menentukan Titik Optimum (Maksimum / Minimum) dari Grafik Fungsi Kuadrat
Bentuk umum dari fungsi kuadrat adalah y = ax2 + bx + c, dengan a, b, c R dan a ≠ 0.
Nilai optimum fungsi akan dicapai jika x + ....... = 0, sehingga:
x  = ............., dan
y  = ..............
jadi titik puncak (titik optimum) dari grafik fungsi kuadrat y = ax2 + bx + c adalah (.............., .............)
Contoh:
Tentukan titik puncak dari grafik fungsi kuadrat berikut:
1.      y = x2 - 4x + 3
2.      y = -x2 +5x + 6
Penyelesaian:
1.      y = x2 - 4x + 3
Absis dan ordinat untuk titik puncak adalah:
  Titik puncak dari grafik fungsi y = x2 - 4x + 3 adalah (.... , .... )
2.      .............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
D.  Menggambar Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat
Grafik fungsi kuadrat y = ax2 + bx + c berbentuk parabola, dimana:
·      Jika a > 0 maka parabola membuka ke ..............................................
·      Jika a < 0 maka parabola membuka ke ..............................................
Langkah-langkah menggambar:
1.      Menentukan titik potong dengan sumbu x
2.      Menentukan titik potong dengan sumbu y
3.      Menentukan titik puncak ( ........ , ............)
4.      Menghubungkan ketiga titik itu sehingga membentuk parabola



Comments

Popular posts from this blog

Makalah KPK dan FPB

MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)  DENGAN METODE EBIK A. PENDAHULUAN Pendidikan hendaknya mampu membentuk cara berpikir dan berprilaku anak yang positif. Tatanan berpikir yang ingin di bentuk adalah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, sehingga dari kemampuan berpikir ini akan mengarahkan setiap orang khususnya siswa untuk berprilaku positif, terarah dan efektif. Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berpikir setiap orang, oleh karena itu kesadaran untuk mampu mengetahui dan memahami matematika bagi siswa sangat diharapkan sudah bertumbuh sejak usia dini. Membentuk pemahaman yang utuh pada anak dalam pelajaran matematika diperlukan kecintaan terlebih dahulu terhadap matematika, oleh karena itu seorang pendidik hendaknya mampu menciptakan “Fun Learning” di dalam kelas. Fun learning pada matematika dapat tercipta apabila seorang guru mampu mengaj...

Matematika Menurut NCTM

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika di sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga kelas XII  memerlukan standar pembelajaran yang berfungsi untuk menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, kemampuan penalaran matematis dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan dasar yang bermanfaat. Menurut NCTM 2000, disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan  dasar  matematika  yang  merupakan  standar  proses yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning and proof), komunikasi (communication), koneksi (connections) dan representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM, maka dalam tujuan pembelajaran   matematika   menurut   Badan   Standar   Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI - Kurikulum Merdeka ganjil

RPP I Bahasa Indonesia - Kelas 3 SD/MI Kurikulum: Merdeka Satuan Pendidikan: SD/MI Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Kelas/Semester: 3 / Genap Alokasi Waktu: 2 x 35 menit Topik/Modul Ajar: Membaca dan Menanggapi Cerita Anak Tujuan Pembelajaran Siswa dapat membaca cerita anak dengan lancar. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur dalam cerita. Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang isi cerita secara lisan dan tertulis. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru menyapa siswa dan membuka pembelajaran dengan salam dan doa. Apersepsi: Guru menanyakan buku cerita atau dongeng yang pernah dibaca siswa. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Kegiatan Inti (50 menit) Eksplorasi: Guru membacakan satu cerita anak pendek (misalnya: “Kancil dan Buaya”) dengan intonasi yang tepat. Elaborasi: Siswa diminta membaca kembali secara bergiliran. Diskusi bersama: siapa tokoh utama, di mana latar cerita...