Skip to main content

Posts

ANGKET MOTIVASI SISWA TERHADAP PELAJARAN

Petunjuk: 1.       Pada kuesioner ini terdapat 36 pernyataan. Pertimbangkan baik-baik setiap pernyataan dalam kaitannya dengan materi pembelajaran yang baru selesai kamu pelajri, dan tentuka kebenarannya. Berilah jawaban yang benar-benar cocok dengan pilihanmu. 2.       Pertimbangkan setiap pernyataan secara terpisah dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain 3.       Beri tanda check pada lembar jawaban yang berbeda dan ikuti pentunjuk-petunjuk lain yang mungkin diberikan berkaitan dengan lembar jawaban. Terima Kasih Keterangan pilihan jawaban STS     = Sangat Tidak Setuju TS        = Tidak Setuju S          = Setuju SS        = Sangat Setuju No Pernyataan STS TS ...

komunikasi matematika

Komunikasi Matematik Pengertian komunikasi secara implisit menurut Effendy (1993) adalah proses penyampaian suautu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu atau mengubah sikap, pendapat, atau prilaku baik langsung maupun secara lisan, maupun tidak langsung melalui melalui media. Di dalam berkomunikasi tersebut harus dipikirkan bagaimana agar pesan yang disampaikan seseorang itu menimbulkan dampak atau efek sesuatu pada orang lain. Untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi, orang yang menyampaikan dengan berbagai bahasa termasuk matematik. Lebih lanjut Effendy (1993) mengemukakan bahwa dampak yang ditimbulkan komunikasi dapat diklarifikasi menurut kadarnya yaitu dampak kognitif, afektif, dan psikomotor. Kemampuan komunikasi matematis dapat diartikan sebagai suatu kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahui melalui peristiwa dialog atau saling hubungan yang terjadi dilingkuangan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan. Pesan yang dialihkan berisi tenta...

Teori Vygotsky

PENDAHULUAN A.       Teori Vygotsky Perkembangan kognitif remaja tidak berlangsung terlepas dari lingkungan sosial. Lev Vygotsky menyadari akan pentingnya hal tersebut lebih dari setengah abad yang lalu. Ilmuwan yang memiliki nama lengkap Lev semionovich Vygotsky ini adalah seorang psikolog Rusia yang walaupun hidup sezaman dengan Piaget, meninggal pada tahun 1934. Namun, karyanya tidak dibaca secara luas di Inggris hingga tahun 1970-an, dan barulah setelah itu teori-teorinya akhirnya berpengaruh di Amerika Utara. Teori Vygotsky sekarang menjadi kekuatan luar biasa dalam psikologi perkembangan, dan banyak diantara kritik yang dia tujukan terhadap sudut pandang Piaget lebih dari 60 tahun yang lalu telah tampil kedepan dewasa ini. Karya Vygotsky didasarkan pada dua gagasan utama. Pertama, dia berpendapat bahwa perkembangan intelektual dapat dipahami hanya dari sudut konteks historis dan budaya yang dialami anak-anak. Kedua, dia percaya bahwa perkembangan ...